Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire - Produsen walkera akhirnya baru bangun dari tidur panjangnya. Dimana belum ada gebrakan baru dari produsen yang sudah lama melintang di dunia drone. Dan akhirnya baru-baru ini, produsen walkera merilis drone terbarunya yaitu Walkera Vitus, yang digadang-gadang menjadi pesaing tunggal Dji Mavic.


Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire


Belum ada yang bisa menandingi kedigdayaan dari drone Dji mavic, yang menjadi drone terbaik di tahun 2017 ini. Hadirnya drone Walkera Vitus, menambah jumlah drone yang memiliki fitur terbaru seprti Dji Mavic, bahkan drone ini sudah dilengkapi dengan sensor pengindaraan untuk menghindar object yang menghalang.

Dengan adanya sistem penghindar object, jelas bahwa Drone Walkera Vitus tidak main-main menantang langsung produsen Dji untuk bersaing dalam penjualan drone kepada konsumen. Karena sistem penghindar object merupakan fitur yang sangat berguna bagi konsumen dalam menerbangkan drone tanpa khawatir drone mereka menabrak sesuatu.

Review Drone Walkera Vitus Drone Lipat Yang Mirip Dji Inspire


Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Drone Walkera Vitus Dengan Desain Lipat Ukuran Mini

Kami akan mengulas secara mendalam, drone terbaru dari produsen Walkera, yaitu Walkera Vitus. Dimana sumber refrensi berdasarkan dari website resmi walkera dan pengalaman-pengalaman pilot drone yang sudah membeli drone ini. Berikut ulasan yang kami buat, khusus untuk anda.

1# Desain Drone Walkera Vitus

Kenyataannya bahwa drone Walkera Vitus memiliki desain yang mirip dengan Dji Inspire 1, namun juga memiliki Desain lipat atau foldable seperti Dji Mavic. Sehingga drone Walkera Vitus bisa dibilang belum kreatif dalam membuat drone dengan identitas mereka sendiri. Tidak seperti produsen Xiro, dimana mereka memiliki ciri khasnya sendiri dalam mendesain sebuah drone.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Walkera Vitus Dengan DJi Mavic Pro PIC : Andy RC


Untuk drone Walkera Vitus dimana memiliki ukuran sebesar 22,9 Cm x 27,9 Dengan tinggi 11,3 Cm. Dan apabila dilipat maka ukurannya menjadi 13,78 Cm x 11,02 Cm. Ukurannya cukup mini hampir sama dengan ukuran Dji mavic, sehingga sangat mudah untuk dibawa pada tas ransel. Apalagi drone ini hanya memiliki bobot sekitar 0.89 Kg.

Yang istimewa adalah remot control drone Walkera Vitus yaitu Devo F8S yang juga bisa dilipat serta memiliki 2 buah antena membuat drone ini menjadi sangat sempurna. Dimana remot control dari produsen Walkera terkenal merupakan remot terbaik yang biasanya dipake juga dalam membuat drone rakitan.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Desain Remot Control Walkera Vitus Paling Nyaman di Tangan


Untuk motor brushless yang digunakan juga tidak main-main, dimana Walkera Vitus mengklaim bahwa motor yang digunakan memiliki tenaga yang kuat namun sangat efisien dalam menggunakan daya power. Sehingga memberikan pengalaman terbang terbaik bagi konsumen.

2# Ketahanan Baterai Walkera Vitus
 
Melihat dari desain baterai drone Walkera Vitus, dimana sangat mirip dengan desain baterai Dji Inspire. Untuk Baterai Lipo yang digunakan memiliki kapasitas 5200 mAh berjenis 3S dengan votase 11,4A. Dengan waktu chrage cukup lama, sekitar 2 jam agar baterai terisi penuh.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Baterai Lipo Walkera Vitus 5200 mAh Pic : Alishanmao


Dengan kapasitas yang besar maka, drone Walkera Vitus mampu terbang selama 25 menit. Dengan waktu terbang yang cukup lama, apalagi ada baterai cadangan maka dalam pengambilan gambar dan video juga bisa sangat maksimal tanpa ada yang terlewatkan. Tapi kenyataannya, drone ini hanya mampu terbang sekitar 20 menit saja.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Smart Baterai Lipo tersemat di Drone Walkera Vitus


Karena memang pengalaman dalam menerbangkan drone dengan durasi terbang cukup lama, akan menimbulkan rasa puas bagi pilot drone yang sudah professional. Dan hal tersebut sudah terdapat di drone Walkera Vitus dimana mampu memberikan waktu terbang yang cukup lama agar anda bisa mendapatkan video dan foto udara terbaik.


3# Performa Terbang Drone Walkera Vitus

Untuk performa terbang tidak usah anda tanya lagi, karena drone Walkera Vitus sangat-sangat mudah untuk di kendalikan. Apabila anda pemula, drone ini sangat cocok untuk anda karena sudah dilengkapi sensor obstacle sistem yang sangat baik.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Drone Walkera Vitus sangat mudah diterbangkan dalam kondisi apapun


Bahkan sensor obstacle pada drone ini benar-benar bisa menghindar dengan baik dari berbagai sisi, namun jarak sensor dengan object yang menghalang pada drone ini sangat pendek sekali sekitar 80 Cm sampai 100 Cm saja. Jadi ketika menerbangkan, pastikan juga jarak aman drone dengan object yang menghalang agar drone tidak crash.

Ketika menjalankan menu penerbangan di ponsel android untuk bisa menerbangkan drone ini, dimana sebagian tulisan masih disuguhi beberapa bahasa cina yang mengganggu. Agar tampilan menu walkera di ponsel anda full menggunakan bahasa inggris, anda bisa menggunakan ponsel model Iphone.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire


Ketika drone Walkera Vitus diterbangkan dalam jarak yang cukup jauh sekitar 300 meter di daerah kota, maka akan sering terjadi terputusnya remot control dengan unit drone. Tapi untuk di daerah terbuka, drone walkera vitus mampu terbang lebih jauh lagi.

Sehingga, kami berpendapat bahwa drone Walkera Vitus hanya mampu terbang dalam jangkauan 250 meter di daerah kota. Hal ini klasik terjadi di berbagai drone professional lainnya, karena adanya gangguan sinyal wifi yang mengganggu komunikasi drone dengan ponsel anda.


Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Sensor Obstacle Bekerja Dengan Baik


Namun ketika drone terbang dalam waktu lama, terkadang aplikasi pada ponsel di rasa sangat lambat dan terkadang mengalami lag. Sehingga sangat mengganggu apabila sedang menerbangkan drone, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan ponsel premium dengan spesifikasi tinggi dan direkomondasikan menggunakan Iphone 5S keatas

Drone Walkera Vitus memiliki beberapa fitur penerbangan, seperti Return To Home, Orbit fly, Active Track, mode sport,  dan waypoint. Dengan dual GPS yang dimiliki drone ini, maka drone walkera vitus sangat stabil di udara dengan penerimaan satelit GPS yang sangat baik.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Drone Walkera Vitus Memiliki Sensor Obstacle

Yang mengecewakan adalah, ketika menjalankan fitur-fitur dari drone Walkera Vitus seperti active track terkadang kurang responsif. Kemungkinan besar aplikasi walkera Vitus kurang berjalan dengan baik di ponsel android.


4# Hasil Kamera dan Video Drone Walkera Vitus

Secara umum hasil kamera dan video dari Walkera Vitus sudah sangat luar biasa. Untuk kualitas kamera Sony dengan 12 MP, serta beresolusi sudah 4K untuk hasil gambar yang mengagumkan. Dimana pewarnaan dan kecerahan dari gambar dan video yang dihasilkan kamera drone Walkera vitus sangat natural dengan tingkat pencahayaan yang bisa anda atur sendiri layaknya kamera DSLR.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Salah satu hasil foto udara Kamera Sony Drone Walkera Vitus PIC : Andy RC


Namun ketika di coba dalam mode sport, hasil video yang diambil sedikit buram dan tidak fokus. Untuk itu agar hasi video mode sport dapat berjalan dengan baik, anda bisa mengatur ukuran video ke resolusi 720P dengan 60 FPS.


Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Pengaturan Manual Drone Walkera Vitus Pada Menu Kamera Pada Ponsel


Kemudian terdapat sedikit masalah pada gimbal 3 axis drone Walkera Vitus, dimana adanya getaran yang mengganggu ketika drone sudah digunakan cukup lama sekitar 18 menit. Kemungkinan besar gimbal pada drone Walkera Vitus mengalami overhead yang menyebabkan getaran. Harapannya adanya perbaikan firmware pada drone agar bisa mengatasi hal ini.

5# Fitur Game Drone Walkera Vitus


Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Adanya Perangkat FVP goggles Dari Walkera Dimana Dijual Terpisah


Yang menarik dan berbeda dari drone pada umumnya, dimana drone Walkera Vitus memberikan sebuah game AR yang memberikan pengalaman baru dalam menerbangkan sebuah drone. Tapi anda harus membeli perangkat FPV goggles tersebut dimana dijual terpisah oleh produsen walkera.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Salah satu game yang ada di Drone Walkera Vitus


Untuk game yang tersedia juga sangat beragam. Seperti adanya game balapan, dan mengumpulkan koin atau sesuatau, serta game perang antar pesawat. Walaupun game sangat sederhana, namun sangat menyenangkan apabila anda sudah bosan menerbangkan drone untuk hanya mengambil video atau gambar saja.

6# Kesimpulan Drone Walkera Vitus

Kesimpulan dari drone Walkera Vitus adalah, dimana dibendrol dengan harga sekitar $ 799 atau sekitar Rp 10.866.000,- via banggood. Dan apabila masuk di Indonesia maka harga dari drone ini sekitar Rp 12.000.000,- dimana anda sudah mendapatkan drone dengan paket lengkap serta bisa digunakan untuk mengambil video areal dengan sangat baik.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Drone Walkera Vitus Terbaik Dalam Urusan Fotografi Pic : Alishanmao


Kelebihan dari drone Walkera vitus yaitu memiliki dual GPS dan sensor positioning dengan baik, sehingga anda tidak akan kesulitan dalam menerbangkan drone pada indor maupun outdor. Serta adanya juga sensor obstacle yang dapat menghindari object penghalang drone, membuat anda semakin nyaman untuk terbang dengan rendah.

Apalagi terdapat juga mode game yang membuat anda mendapatkan pengalaman baru dalam menerbangkan drone yang membuat anda tidak bosan untuk terus menerbangkan drone ini. Sayangnya unit FPV goggles walkera dijual terpisah dengan harga $ 149 atau sekitar Rp 2.000.000,-.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire
Paket Pembelian Drone Walkera Vitus


Kelemahan dari drone Walkera Vitus adalah, aplikasi yang tidak sepenuhnya suport dengan android serta kondisi gimbal yang terkadang bergetar tidak menentu membuat kemampuan drone ini menurun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa drone Walkera Vitus belum mampu menandingi kemampuan dari drone Dji Mavic Pro.

Drone Walkera Vitus Drone Professional Terbaik Untuk Fotografi

Salah satu fitur yang paling diandalkan dari drone Walkera Vitus adalah kemampuan kamera sony yang digunakan pada drone ini. Dimana kamera yang sudah menggunakan resolusi terbaik saat ini yaitu 4K dapat menghasilkan gambar yang luar biasa.

Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire


Dalam kondisi pencahayaan gelap juga kamera ini mampu memberikan warna yang bagus dan natural membuat drone Walkera Vitus sangat cocok untuk kegiatan Fotografi. Untuk pengambilan video juga sudah sangat mampuni.

Untuk pengaturan gambar juga sangat mudah, anda tinggal menyesuaikan dengan kondisi tempat anda menerbangkan drone ini. Apabila pencahayaan kurang, anda bisa menaikan ISO atau menurunkan ISO secara manual.

Agar hasil foto atau video anda mudah di unduh, kami sarankan untuk menggunakan micro SD kelas 10 yang terbaik agar dalam melakukan proses pengambilan gambar dan video dapat berjalan cepat serta tidak terjadi lag.


Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire


Walaupun tidak sebagus drone keluaran Dji, dimana Walkera sudah membuktikan bahwa drone buatannya paling tidak mampu memberikan gambar terbaik untuk kebutuhan konsumen. Dan sekarang pilihan ada ditangan anda. Karena drone walkera vitus memang sangat cocok untuk anda yang bekerja sebagai fotografer maupun event organizer.

Berikut video areal hasil dari kamera sony yang dimiliki oleh drone Walkera Vitus, terlihat gambar cukup tajam serta pewarnaan yang natural hampir mirip dengan kualitas kamera Dji Phantom 4. Untuk sumber video kami dapat ari Channel WalkeraBenelux



Demikian ulasan yang sudah kami rangkum untuk anda, semoga bermanfaat sebagai bahan refrensi sebelum membeli drone Walkera Vitus. Apabila ada pertanyaan bisa langsung klik di kolom komentar, Terima kasih.

Baca Lagi : 5 Drone Race Terbaik Versi Helipal

4 komentar untuk "Review Drone Walkera Vitus Pesaing Dji Mavic Yang Mirip Inspire"

  1. hai, apakah walkera vitus mempunyai limitasi NFZ seperti mavic? NFZ dari DJI terlalu diktator bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas mas gan Walkera Vitus sistemnya sudah berbeda dengan Dji.. sehingga belum ada batasan tentang No fly zone.. namum harapannya tetap kita harus melihat dimana posisi kita dalam menerbangkan drone agar tetap aman..

      Hapus
  2. gan apa masalahnya kalau walkera vitus tdk bisa terbang tinggi biar stick kiri didorong keatas dronenya tdk mau lagi naik mohon petunjuk gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah pegang drone ini, mungkin ada setingan pemula atau setingan aman terbang sehingga drone terbatas ketinggiannya

      Hapus