Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS - Drone mini dulunya identik dengan drone mainan yang apabila terkena angin maka akan goyang dan lalu akan crash. Namun hal tersebut sudah tidak berlaku lagi, dimana drone mini sekarang manjadi populer di kalangan penghobi drone.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS


Salah satu drone mini terbaru dari produsen Cheerson yaitu CX-23, memberikan kejutan baru dimana drone mini ini sudah dilengkapi GPS yang tersemat di mesin drone. Dan bukan cuma tulisan katalognya saja, namun memang benar-benar terdapat GPS pada drone ini.

Bayangkan saja drone yang sepintas seperti mainan ini sudah dilengkapi fitur GPS serta layar FPV yang menjadi satu dalam paket pembelian. Jadi kami akan mengulas drone dari produsen Cheerson CX-23 ini, berdasarkan pengalaman pilot drone yang sudah menerbangkan drone ini Dan apakah memang layak menjadi drone areal yang mereka janjikan ke konsumen.

Mengulas Drone Cantik Dari Cheerson CX-23 Dengan Fitur Lengkap


1# Desain Drone Cheerson CX-23

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Dengan Desain Baru CX-23 Sangat Kokoh di Lihat Pic : TheRcSaylors Youtube

Kenapa kami bilang drone Cheerson CX-23 cantik, ya karena drone ini memiliki desain yang unik dan baru. Terlihat sangat kokoh dengan bahan plastik yang kuat. Sayangnya lampu LED yang tersedia hanya 1 saja, sehingga apabila anda terbang malam akan kesulitan menerbangkan drone ini karena keterbatasan orentasi.

Untuk ukuran drone ini 24,5 Cm x 24,5 Cm dengan tinggi 9 Cm, hampir kurang lebih sama dengan drone-drone kelas mainan eachine maupun syma. Namun yang membedakan adalah, drone Cheerson CX-23 sudah menggunakan motor brushless 1306 KV 3300 yang membuat drone ini sangat powerfull di udara.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Dengan Motor Brushlees CX-23 Merupakan Drone Mini Terbaik Saat Ini


Selain itu, yang paling unik dari drone Cheerson CX-23 adalah desain penempatan motor yang tidak sama. Dimana bagian motor pada belakang menghadap di bawah, tujuan dibuat seperti ini mungkin agar lebih kuat menahan hembusan angin karena bobot dari drone ini sangat ringan sekitar 230 gram saja.

Dan yang paling mewah adalah desain remot control dari drone Cheerson CX-23 yang benar-benar terlihat sangat premium. Apalagi sudah dilengkapi monitor FVP, sehingga anda tidak perlu repot membeli perangkat FPV lagi. Untuk remot sendiri sudah terdapat indikator keadaan unit drone ketika diterbangkan, yang fungsinya hampir sama dengan telemetry pada drone professional.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Desain Mewah Remot Control CX-23


2# Baterai Drone Cheerson CX-23

Baterai dari drone Cheerson CX-23 berkapasitas hanya 1200 mAh 7,4 Volt dengan jenis 2 S. Sehingga ketahanan terbang drone ini bisa mncapai 13 Menit sampai 15 Menit. Dengan waktu charge normal sekitar 2.5 Jam.

Yang menarik adalah manajemen power dari drone ini sudah cukup baik, karena dengan baterai berkapasitas kecil mampu mengangkat dorne brushless dengan GPS serta perangkat-perangkat lainnya yang berhubungan dengan transmisi 2.4 Ghz dan 5.8 Ghz.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS


Yang menjadi masalah adalah, belum tersedianya baterai spare part yang dijual oleh produsen Cheerson, mungkin karena drone ini masih terbilang baru. Sehingga penting sekali agar anda menjaga baterai drone CX-23 agar selalu awet digunakan.

Baca Lagi : Cara Merawat Baterai Lipo Drone Dengan Benar

3# Performa Terbang Cheerson CX-23

Ketika pertamakali diterbangkan pada indor, drone ini sangat stabil dan GPS bekerja dengan sangat baik mengunci drone sehingga sangat persisi di udara. Dan ketika di terbangkan pada outdor maka drone sedikit  mengalami gangguan ketika terkena sedikit hembusan angin, sehingga anda masih perlu mengatur orentasi drone dengan satabil namun tidak begitu menyulitkan.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Performa Terbang CX-23 Paling Stabil Untuk Ukuran Drone Mini PIC : Drones Visual Via Youtube


Namun apabila tidak ada angin, maka drone ini akan sangat stabil di udara layaknya drone professional, dimana motor brushless pada drone sangat baik untuk mengangkat drone berukuran kecil ini. Untuk jarak terbang, drone ini mampu terbang sejauh 300 meter. Tapi ketika dicoba di daerah perkotaan hanya mampu sampai dengan 100 meter saja.

Untuk fitur drone Cheerson CX-23 seperti Alt Hold, Return To Home, dan Orbit sangat bekerja dengan baik. Hal ini membuktikan bahwa GPS yang ada di drone ini sangat baik dan responsif, tapi kelemahan dari drone ini adalah, ketika mau melakukan kalibrasi kompas dimana sedikit merepotkan untuk menekan tombol berkali-kali pada remot control.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Lampu Led Yang Kurang Terang


Tapi agar selalu terbang dengan aman, kami harapkan untuk anda sebelum menerbangkan drone harus melakukan kalibrasi pada drone agar kita terjadi hal yang darurat, seperti lost koneksi pada layar FPV anda bisa langsung menekan tombol return to home.
 
4# Hasil Kamera FPV Cheerson CX-23

Kamera yang digunakan pada drone Cheerson CX-23 dengan resolusi 12 MP dengan 720P HD, dimana menghasilkan gambar yang lumayan jernih dan bagus. Walaupun kualitas gambar dibawah rata-rata kamera action.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Kamera HD dari CX-23 Yang Belum Mampuni


Yang sangat disayangkan adalah, tidak adanya gimbal atau stabilizer pada kamera drone Cheerson CX-23 sehingga hasil video sangat bergetar dan tidak enak untuk di lihat. Namun untuk hasil foto bisa lebih baik.

Untuk pengambilan gambar foto maupun video bisa dilakukan dengan menekan satu tombol saja pada remot control sehingga memudahkan anda dalam merekam maupun mengambil moment yang tepat ketika drone diterbangkan.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Hasil Foto Udara Dari Kamera Bawaan CX-23 Pic : Graham Walkingshaw


Menariknya dari kamera FPV drone Cheerson CX-23 dimana sudah mendukung frekuensi 5,8 Ghz sehingga anda bisa menggunakan perangkat goggles FPV sehigga anda bisa merasakan sensasi menerbangkan drone race.

5# Kesimpulan Drone Cheerson CX-23

Drone Cheerson CX-23 memiliki desain yang sangat bagus dan cantik, karena drone berukuran mini ini bisa membuat anda tertarik apalagi sudah dilengkapi motor brushless dan GPS yang membuat drone Cheerson CX-23 sangat powerfull sebagai drone mini professional.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS


Tapi kelemahan pada drone ini, dimana pada sektor kamera masih belum bisa dianggap professional, karena belum memiliki gimbal atau stabilizer yang baik meredam getaran ketika merekam video. Walaupun jarak terbang bisa lebih dari 100 Meter, namun video yang dihasilkan tidak sesuai dengan kami harapan.

Ditambah lagi harga drone ini masih cukup mahal menurut kami atau bisa dibilang overprice sekitar $ 259 atau sekitar Rp 3.500.000,- dan apabila masuk di Indonesia bisa mencapai Rp 4.000.000,- harga tersebut masih tergolong mahal.

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Keterangan Control Drone CX-23


Walaupun sudah terdapat motor brushless, fitur GPS lengkap, waktu terbang lama dan ukuran drone kecil. Kamera pada drone ini sangat disayangkan kualitasnya tidak sebaik drone mini sejenisnya seperti Xiro Xplorer Mini atau Doby Zerotech yang memiliki kamera yang lebih baik dengan rentang harga kurang lebih.

Cheerson CX-23 Drone Mini Professional Yang Masih Mahal

 
Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS

Memang Cheerson CX-23 memberikan kejutan baru, dimana drone yang berukuran kecil ini sudah sangat lengkap dengan fitur-fitur yang wajib pada drone agar bisa menjadi drone areal untuk mengambil gambar dan video.

Tapi sangat disayangkan sekali biaya yang anda keluarkan cukup besar sekitar empat jutaan, hanya mendapatkan drone dengan kualitas kamera yang tidak sesuai dengan uang yang anda keluarkan. Memang drone sudah menggunakan motor brushless serta GPS dengan sangat baik. Tapi kembali lagi kita melihat drone bayangtoys X21 yang merupakan drone besar serta memiliki GPS dimana hanya memiliki harga diatas tiga juta saja.

Baca Lagi : Bayangtoys X21 Drone Brushless Murah Berkualitas

Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS
Paket Pembelian CX-23


Jadi tidak heran apabila kami menyebutkan bahwa drone Cheerson CX-23 merupakan drone mini professional yang masih mahal di pasaran, dan apabila anda ingin mendapatkan drone ini bisa membeli via online dari luar negeri atau dalam negeri.

Akhir kata demikian ulasan kami tentang drone Cheerson CX-23, semoga menjadi bahan pertimbangan anda dalam membeli sebuah drone. Dan apabila ada pertanyaan bisa langsung menanyakan di kolom komentar, terima kasih.

Baca Lagi : 10 Drone Professional Lama Terbaik Dengan Harga Murah

Posting Komentar untuk "Review Cheerson CX-23 Drone Mini Dengan Fitur GPS "