LANGIT KALTIM INDONESIA

Blog Foto Udara di Langit Kalimantan dan Mini Drone Race

Senin, 20 Februari 2017

Sekilas Tentang Drone Harga Miring Chresson CX-20

Kali ini saya ingin sekali mengulas tentang drone yang kelasnya sebenarnya bukan pemula lagi atau lebih tepatnya mungkin drone kelas  menengah.Kenapa saya sebut kelas menengah? Ya karena menurut saya menerbangkan drone Cheerson CX-20 tidak semudah menerbangkan drone merek lain seperti Dji Phantom bahkan drone bermerek Syma.

Sekilas Tentang Drone Harga Miring Chresson CX-20
Chresson CX-20 Ready Flight

Drone ini special menurut saya karena tidak untuk pemula dan bahkan bisa digunakan untuk kelas profesional atau untuk pengambilan gambar dari udara apabila kita memodifikasi drone tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa liat tabel spesifikasi Cheerson CX-20 sebagai berikut : 

  • Menggunakan Motor Brushless sehingga Drone ini cukup powerfull untuk sebuah Drone Profesional dengan harga dibawah Rp 3.000.000,-
  • Terdapat Gps System yang berfungsi untuk menjalankan fasilitas Retun To Home atau Kembali ke titik awal dari tempat dimana pertama kali di terbangkan. dan adanya Altitude Hold adanya fasilitas untuk mempertahankan ketinggian, dimana menggunakan fungsi Gps system untuk mengunci ketinggian.
  • Terdapat System Auto Pathfinder dimana drone dapat terbang sesuai dengan jalur yang sudah kita rencanakan dengan softwere Mision Planner, fasilitas ini bisa digunakan untuk para profesional untuk pemetaan wilayah atau peninjauan lokasi.
  • Waktu aman terbang sekitar 12 Menit dengan menggunakan batrai Lipo 11,1 Volt 3S berkapasitas 2700 mAh. apabila menggunakan kamera Action Cam beserta gimbal maka waktu terbang aman sekitar 8 menit.
  • Untuk Jangkauan Remot Control rekomondasi saya adalah 100-200 Meter , dan ketinggian aman rekomondasi saya 50-70 Meter.
  • Adanya Led Light System dimana Led pada Drone tersebut akan berkedip apabila Batrai yang digunakan akan habis atau sekitar 30%.
Untuk mode penerbangan terdapat 2 mode yaitu Stable Mode dan Alt  Hold, untuk Stable mode dimana kata pabrikan drone dapat terbang dengan stabil akan tetapi kenyataannya apabila terdapat angin maka kita akan kesulitan untuk menstabilkan Drone Tersebut.


Sekilas Tentang Drone Harga Miring Chresson CX-20Sedangkan saya lebih cenderung menggunakan mode terbang Alt Hold agar drone terbang dengan stabil walaupun ada angin akan tetapi disesuaikan dulu ketinggian yang kita inginkan dengan mode terbang Stable Mode, pengalaman saya untuk ketinggian sekitar 70 sampai 80 meter dimana Drone tersebut masih dapat dilihat dengan mata.

Untuk jarak aman terbang sekitar 100 Meter selama Drone masih bisa kita liat dengan mata, hal ini penting mengingat agar tetap Save to fly dan tidak terjadi Fly Away mengingat terbatasnya kemampuan Drone Cheerson CX-20 ini terutam GPS nya yang kurang begitu baik. 

Bagi pemula dalam menerbangkan Drone atau belum sama sekali bisa menerbangkan drone ini saran saya urungkan niat anda untuk membeli Drone ini disebabkan sulitnya untuk menerbangkan dalam mode Stable Mode apalagi kondisi angin yang cukup kencang membuat Drone ini kehilangan arah, dan dibawah ini ada tips dari saya untuk yang berminat membeli drone Chresson CX-20.

Sekilas Tentang Drone Harga Miring Chresson CX-20
Test Flight Chresson CX-20
  • Gantilah Propeller bawaan Cheerson CX-20 ini dengan Propeller milik DJI Phantom 3 agar terbang lebih stabil terutama untuk mode Alt Hold.
  • Setiap akan menerbangkan pastikan kondisi baterai Lipo dalam keadaan Full dan selalu di Cek tegangannya dengan menggunakan Lipo Checker pastikan setiap cell terdapat 4,20 A
  • Gantilah segera Charger bawaan dari Cheerson CX-20 ini dengan Charger Digital Balance yang dijual dipasaran agar baterai Lipo menjadi lebih awet dan tahan lama.
  • Apabila akan menerbangkan Drone ini pastikan lampu GPS yang berwarna hijau telah menyala dan tidak berkedip, itu menandakan bahwa GPS sudah mengunci lokasi, dan jangan pernah menerbangkan drone tersebut apabila GPS belum mengunci lokasi.
  • Ketika Drone GPS sudah mengunci, pastikan panaskan dulu motor  drone tersebut dengan menaikan Thorottle sedikit sambil melihat putaran Propeller apakah masih normal atau tidak.
  • Bila sudah yakin aman maka terbangkan perlahan Drone tersebut pastikan jangan ragu-ragu untuk menaikan Thorottle, konsentrasi sangat diperlukan untuk menstabilkan drone ini.
  • Untuk mendaratkan Drone ini usahakan terbang rendah mendekati tempat landing, dengan perlahan dan ketika drone sudah terlihat stabil maka langsung turunkan Thotottle. hal ini dilakukan agar tidak terjadi Hard Landing menyebabkan patahnya Skid Landing yang banyak terjadi oleh user drone ini.
  • Usahakan Drone ini telah terkoneksi dengan Mision Planer di Laptop ataupun PC yang dimana turorialnya akan saya posting, tujuannya agar dapat kita kalibrasi gyro maupun GPS agar selalu fly save.
Demikian review singkat saya untuk teman-teman yang ingin membeli Drone ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi yang ingin memiliki Drone Profesional namun terbatas anggarannya Chresson ini bisa menjadi pilihan tepat.

Author Profile

About Langit Kaltim

Langit Kaltim, Merupakan Media Online Memberikan Informasi Terbaru Tentang Drone, Drone Race, dan Foto Udara di langit Kalimantan Timur

0 Komentar Sekilas Tentang Drone Harga Miring Chresson CX-20

Posting Komentar

Back To Top