Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang  - Drone merupakan pesawat tanpa awak yang dikendalikan melalui sinyal wifi, dimana merupakan unit terbang yang sangat rentan rusak akibat crash dan kesalahan dari user itu sendiri. Sehingga dalam menerbangkan drone diperlukan kehati-hatian disebabkan unit drone sendiri merupakan alat terbang yang sangat sensitif terhadap benturan keras.

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang


Kerusakan drone pada umumnya rata-rata disebabkan crash, atau terhempas secara kasar, mendarat  hard landing seperti langsung jatuh ke darat, serta tertabrak dinding maupun pohon. Bahkan ada beberapa kasus drone masuk ke kolam atau parit depan rumah. hal tersebut wajar apabila anda merupakan pemula yang baru menerbangkan drone.

Baca Juga : 10 Langkah Cara Membuat Drone Dengan Mudah Dan Biaya Paling Murah

Beberapa Tips Untuk Memperbaiki Drone Yang Rusak


Semua kasus tersebut sebenarnya bisa anda atasi sendiri dengan beberapa tips yang kami rangkum untuk anda. Namun cara yang kami sampaikan merupakan cara dasar saja, agar anda bisa memperbaiki drone yang tidak bisa terbang. berikut tips dari kami khusus untuk anda.

1# Drone Tidak Mau Nyala Akibat Crash Atau Terhempas


Ketika anda menerbangkan drone dengan tidak hati-hari atau diluar kendali anda, seperti terkena angin membuat drone crash atau terhempas. Lalu ketika anda ingin menghidupkan kembali drone tersebut dan kondisi drone akhirnya tidak mau menyala sama sekali.


10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang
Periksa Kembali PDB apakah Ada kabe Yang Terlepas


Hal tersebut biasanya adalah putusnya kabel power yang menyambungkan antara baterai lipo menuju power board pada PCB drone yang anda miliki. Cukup anda bongkar dengan hati-hati bodi pada drone, perhatikan kabel power yang menghubungkan baterai lipo apakah ada yang putus atau tidak.

Hampir semua drone kelas mainan sampai menengah memiliki power distribution yang kurang lebih sama, biasanya kabel yang terputus akibat benturan keras bisa diperbaiki dengan menyolder ulang dengan timah serta cairan solder agar menempel kembali.

2# Drone Terbang Miring Setelah Nabrak  Dinding Atau Pohon


Hal yang wajar apabila anda baru belajar menerbangkan drone, kemudian drone yang anda terbangkan menabrak dinding. Tentu dipastikan drone anda bisa mengalami kerusakan, mulai dari patah pada baling sampai dengan tidak beraturan terbangnya seperti miring ke kanan atau kekiri.

Biasanya miringnya drone disebabkan kondisi gyroscope tidak sesuai, namun bisa anda perbaiki dengan mengkalibrasi ulang drone. Tapi apabila drone masih terbang miring atau terbang tidak beraturan, anda bisa membongkar bodi drone lalu memeriksa kondisi board PCB apakah ada kabel yang lepas atau baut yang lepas membuat papan board PCB menjadi longgar.

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang
Pastikan Tidak Ada Baut Yang Lepas Dan Posisi Rata Pada Bodi


Setelah memeriksa kondisi papan board PCB terutama chip gyroscope, pastikan agar chip gyroscope berada ditempat yang datar dan tidak miring. Apabila memang miring bisa anda coba ganjal dengan kertas atau benda apapun agar posisi board PCB rata, sehingga membuat drone tidak miring lagi.

Tapi apabila drone masih juga terbang miring, satu-satu nya jalan adalah melakukan triming pada unit drone ketika terbang. Dan triming sendiri bisa anda seting pada remot control drone yang anda miliki, apabila drone miring ke kanan maka seting triming kekiri begitu juga sebaliknya. Lakukan sampai unit drone benar-benar stabil dengan menekan tombol trim dengan pelan-pelan.

3# Drone Tidak Mau Terbang Padahal Propeller Sudah Berputar


Apabila anda menerbangkan drone di daerah berpasir, kami sarankan agar menggunakan landing pad agar pasir pada permukaan tanah tempat anda menerbangkan drone tidak masuk kedalam motor drone. Dan hal inilah yang membuat baling propeller pada drone tidak mau terbang padahal sudah berputar, ibaratnya seperti kehilangan power.


10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang
Membersihkan Dengan Sikat Serta Semprotkan WD

Satu-satunya cara agar memperbaiki drone yang tidak mau terbang padahal propeller sudah berputar adalah membersihkan motor dari pasir dengan cara membongkar dan menyemprotkan cairan pembersih dinamo dari pasir seperti WD maupun Cairan pembersih dinamo yang aman digunakan pada motor drone.

Kemudian jangan lupa untuk membersihkan gir-gir pada pemutar dinamo, apabila drone anda terdapat gir dan bisa diberikan sedikit pelumas Tamiya 4WD. Dan pastikan agar pemasangan propeller sesuai dengan posisi motornya agar ketika diterbangkan tidak terbalik atau miring.


4# Drone Terbang Terbalik Dan Tidak Mau Terbang


Kondisi seperti ini biasanya adalah setelah melepas propeller pada unit drone, lalu pemasangan propeller tidak sesuai dan salah. Hal ini membuat drone anda terbalik ketika awal diterbangkan. Pastikan agar anda memasang propeller dengan posisi yang benar.

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang
Periksa Posisi Board Apakah Ada Yang Tidak Sesuai


Namun apabila posisi propeller sudah benar tapi drone masih tetap terbang miring, kemungkinan adalah gyroscope yang perlu di kalibarasi ulang kembali. Atau terdapat salah satu motor yang sudah lemah dan beputar tidak sama kuat dengan motor yang lain.

Apabila ketika anda cek ternyata masalahnya adalah di kondisi salah satu motor yang lemah, maka satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah mengganti unit motor tersebut dengan spare part yang baru. Atau mencoba memperbaiki dengan membersihkan motor tersebut dengan cairan WD.

5# Drone Sulit di Kendalikan Ketika Terbang


Yang paling menakutkan bagi setiap pilot drone adalah, ketika menerbangkan drone yang sangat tidak responsif. Dimana sangat sulit untuk dikendalikan, ketika anda gerakan throttle ke kiri maka drone tidak merespon, bahkan lambat merespon untuk bergerak ke kiri.

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang
Periksa Kembali Apakah Terdapat Kabel Yang Lepas


Hal ini rata-rata disebabkan oleh terjadi masalah pada bagian pemancar TX maupun RX pada unit drone atau pada remot control drone itu sendiri. Coba untuk menganti remot control yang serupa dengan meminjam pada teman yang memiliki drone yang sama apakah masalahnya pada remot drone.

Atau bisa memeriksa kondisi papan PCB drone terutama pada bagian transmtter TX, apakah ada kabel pemancar lepas atau Aus. Apabila memang lepas atau Aus anda bisa menyolder ulang dengan hati-hati.

6# Ketika Drone Terbang Baterai Cepat Habis


Sangat menjengkelkan ketika baterai lipo drone sudah di charge ternyata ketika di terbangkan sebentar unit drone sudah kehabisan power. Bahkan bahayanya, apabila sudah menerbangkan drone cukup tinggi dan tiba-tiba unit drone mati akibat kehabisan daya pada lipo baterai.

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang
Charge Dengan Charge Digital Agar Listrik Seimbang


Hal ini sudah pasti disebabkan oleh kondisi baterai lipo yang sudah rusak dan tidak layak lagi digunakan. Karena perlu anda ketahui bahwa terdapat usia pemakaian dari unit baterai lipo itu sendiri, dan solusinya hanya tinggal mengganti unit baterai lipo yang rusak dengan membeli yang baru.

Jangan pernah mencoba untuk memperbaiki baterai lipo yang sudah rusak, karena selain berbahaya bisa berpotensi meledak dan terbakar. Lebih baik membeli baterai lipo yang baru, daripada anda membahayakan diri anda sendiri serta dapat merusak drone anda.

7# Drone Tidak Mau Hidup Setelah Masuk Air Atau Kolam


Salah satu lokasi terbang yang paling menakutkan bagi sebagian pilot drone adalah terbang di daerah sungai, laut dan danau yang dimana terdapat air yang cukup dalam dan luas. Karena anggapannya adalah, apabila drone jatuh di air maka akan menyebabkan kerusakan.

Namun jangan takut, karena apabila drone anda memang benar-benar masuk ke air tapi masih dalam kondisi mengapung artinya masih ada harapan untuk bisa terbang kembali. Untuk perbaikan pertama yang harus dilakukan apabila drone masuk air adalah mengeringkan drone tersebut dengan hair dryer.

Lalu bongkar bodi pada drone dan masukan kedalam karung beras, namun pastika agar beras masuk kedalam bodi drone agar dapat mengeringkan drone seutuhnya. Dan diamkan sampai 2 hari, lalu anda bisa mencoba menyalakan drone seperti biasa.

Apabila memang tidak mau menyala, coba mengganti baterai lipo yang diguanakan, karena biasanya baterai lipo mengalami kerusakan ketika masuk air dan periksa kembali pada bagian PCB power distribution apakah ada bagian yang konselt atau terbakar. Apabila ada kabel yang terbakar, maka anda bisa mengganti kabel tersebut dengan menyolder ulang.

8# Drone Berbunyi Kasar Ketika di Terbangkan


Ada suatu kondisi ketika anda mau menerbangkan drone terdapat suara yang aneh dan semakin menjadi ketika anda mencoba mengangkat power drone agar dapat terbang. Kemungkinan besar adalah adanya kotoran  pada motor atau gir yang memutar propeller drone tersebut.

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang
Mengganti Bagian Motor Yang Rusak


Apabila sudah dibersihkan, dan masih juga terdapat suara. Maka dipastikan terdapat gir motor yang patah pada salah satu motor di unit drone tersebut. Sehingga membuat suara yang cukup keras ketika mau diterbangkan. Satu-satunya jalan adalah menganti gir tersebut dengan yang baru.

9#  Remot Control Pada Drone Tidak Mau Hidup


Salah satu penyebab dari remot control tidak mau hidup, padahal baterai yang digunakan masih baru. Kemungkinan besar adalah adanya konslet pada board PCB di bagian power. Coba anda bawa ke tempat servis elektronik untuk memeriksakan dengan alat tester listrik.

10# Memperbaiki Komponen Drone Yang Patah


Kerusakan pada unit drone memang wajar terjadi seperti patah pada bagian bodi, landing skid, bahkan bagian lainnya. Tentu anda sangat membutuhkan lem plastik yang kuat agar dapat memperbaiki unit drone di bagian yang patah.

Namun apabila yang patah adalah propeller, maka anda harus mengganti unit propeller tersebut, dan jangan coba-coba untuk merekatkan dengan lem plastik. Karena hanya akan membuat unit drone terbang tidak stabil bahkan bisa crash.

Baca Juga : 10 Penyebab Drone Rusak Atau Jatuh

Dimana Tempat Terbaik Untuk Memperbaiki Drone


Mungkin bagi anda yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang Dan Yogyakarta. Sangatlah mudah menemukan tempat servis drone, bahkan anda bisa mencari penyedia jasa perbaikan drone melalui social media facebook.

10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang


Tapi, bagiamana bila anda yang tinggal di kota-kota terpencil dan peminat drone juga masih sedikit. Maka tempat terbaik untuk bisa memperbaiki unit drone anda yang rusak adalah di tempat servis ponsel, servis mainan atau servis elektronik di kota anda.

Namun, anda tidak bisa semerta-merta untuk memberikan langsung unit drone anda untuk diperbaiki. Tapi alangkah baiknya, sebelum ketempat servis pastikan agar anda mengetahui dulu apa yang rusak pada unit drone tersebut. Analisa dengan baik, mengapa terjadi kerusakan pada drone yang anda miliki.

Apakah kabel power yang putus, atau ada komponen yang lepas sehingga diperlukan penggantian, atau mengganti bagian part pada drone yang dimana anda tidak bisa memasangnya. Jadi, ketika anda mengetahui apa kerusakan drone anda. Barulah anda meminta orang yang ahli untuk memperbaiki drone anda.

Jelaskan kepada mereka apa yang harus diganti, dan apa yang harus di solder. Dan beli lah langsung sparepart yang mau dipasang. Karena dengan begitu pekerjaan mereka dalam memperbaiki unit drone anda menjadi cepat selesai dan mudah dikerjakan. Karena akar permasalahan sudah diketahui.

Demikian informasi yang kami buat tentang bagiaman cara dasar dalam memperbaiki unit drone. Apabila terdapat pertanyaan, bisa anda langsung menanyakan di kolom komentar dibawah. Dan terima kasih untuk anda yang setia terus membaca artikel langit kaltim.

165 komentar untuk "10 Cara Dasar Memperbaiki Drone Yang Tidak Bisa Terbang "

  1. infonya sangat bermanfaat, maainan drone anak sy baru tercebur air kolam dan terbangnya miring, semoga bs diperbaiki, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau nanya van, drone saya sdh lama sy parkir nganggur gak di pakai, trs pas sy coba kok gak bs hdp, lampu pada drone dan remote nyala bagus tapi gak mau hidup apa lagi terbang gimana mengatasinya tlg kl ada yg bisa bantu, thanks.

      Hapus
    2. kalo lama diparkir itu biasanya baterainya voltasenya udah ga ngangkat lagi coba tes pake baterai baru.. kalo tetap tidak mau nyala artinya ada kesalahn di FC

      Hapus
  2. Gimana kalo quadcopter, setelah ganti kaki malah kaki depan kanan kiri motor nya ga mau nyala gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon bantuannya bg saya punya drone SG 900s,di tekan tombol power lampu di modulkamera hidup dan konek WiFi tapi di lepas tombol mati bg,kira kira apa nya ya,

      Hapus
  3. Saya mau tanya,ini drone saya habis tercebur di selokan,udah tak keringkan tapi setelah dihiduphan drone nya tidak mau tersambung ke remote nya,lampunya tidak berkedip/tidak kalibrasi,itu gimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di bongkar aja gan lalu siapkan sikat gigi tisu sama bensin atau cairan yg lain lah buat bersikan bodi ataupun pcb hingga semua bersih dan keringkan hairdryer kalau gk ada bisa juga pake terik matahari itu pengalaman saya gan dan akhirnya drone saya bisa di gunakan kembali

      Hapus
    2. Brrti sama nih kejadian nya sama punya aku bang,kaga konek juga ke remot nya lampu nya cuman nyala 1 yg merah haha cuman kaga berkedip lagi

      Hapus
    3. takutnya konslet itu mas... bisa cek dengan tester listrik apakah ada short

      Hapus
  4. Saya mau tanya,ini drone saya habis tercebur di selokan,udah tak keringkan tapi setelah dihiduphan drone nya tidak mau tersambung ke remote nya,lampunya tidak berkedip/tidak kalibrasi,itu gimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada kabel yang putus di drone akibat crash.. atau konslet PCB nya kena air dalam kondisi menyala

      Hapus
    2. Om...mau tanya nih...klo drone baling drone berputar semua, tapi hanya 7 detik, tapi kko di tekan remotnya baling berputar lagi 6 detik, kondisi drone masih on. apa penyebabnya ya? bisa minta wanya om?

      Hapus
    3. bisa jadi itu masalah di mainboardnya.. kalau memang drone ketika dinyalakan tiba2 mati balingnya kan?? apa pernah jatuh sebelumnya..?
      dronenya apa?

      Hapus
  5. Knp yah mas drone saya GK mau terbang .padahal baru beli dan baru main main bentar doang eh pas nature nya habis .GK mau terbang mas.knp yah TPI baling2 hidup semua nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. drone nya apa mas? putarannya kurang kuat atau mas nya yang ragu2 nerbanginnya?

      Hapus
  6. saya selalu membeli mainan sepasang, problemnya ketika salah satu remote di pakai maka drone satunya akan ikut terbang karena frequensi remote dan drone sama, apakah ada cara mengatur ulang frequensi remote dan drone agar 2 drone yg sama tidak saling komunikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apabila merek dari drone yang mas gan beli sama,, jelas pasti sinyalnya tabrakan.. karena dari bawaan pabrik menggunakan Frequensi yang sama 2,4 Ghz dan channel yang sama.. bila ga mau tabrakan, mungkin bisa menggunakan remot jumper atau flysky yang sudah di modifikasi dan ada modul drone yang mas beli.. tinggal ubah channelnya saja biar ga tabrakan..

      Hapus
  7. Mas mau tanya nih saya kemarin baru beli drone sg600 , kog baling baling yang depan dua*nya gak bisa sama ya mutarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ketika diterbangkan normal aja? apa pernah terhempas? kemungkinan kedua motornya tidak memiliki power yang sama... tapi bila torsi motor sudah sama2 cepat baru bisa berputar dengan sama..memang kalo dilihat tidak bersamaan, tapi kalau udah di udara bila drone SG600 normal aja tidak ada masalah

      Hapus
  8. Mas mo nanya .. drone merk UDIRC 819a .. dipasang battrenya lampu nyala tp ga bs muter balingnya .. klo batrenya dibalik kabel + ke min .. baling2 nya muter to ga bs terbang .. knp tuh boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika baterai normal dipasang.. apakah drone UDIRC sudah di binding,, atau dikalibrasi Gyro.. kalo dipasang tebalik plus ke min dan dinamo mutar artinya normal aja.. cuma kalo tebalik gt putaran motor juga ikut kebalik makanya ga bisa terbang.. Coba ganti baterai lain bila ada..

      Hapus
  9. Kaltim mana bro? Ini propeler saya bengkok abis crash.. bisa terbang.. tapi propeller ndak bisa dilepas lagi? Ada solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kaltim samarinda mas gan... propeller bengkon bisa mas beli lagi sparepartnya di tokopedia..

      Hapus
  10. mas mau tanya,, mohon dibantu ya,, drone saya visuo xs809s,, pas dibawah baling2 muter semua,, tapi pas diterbangkan yang muter cuma yg depan aja,, yang belakang gk muter,, jadi gak bisa keangkat,, itu problemnya karna apa ya,, apa hrus ganti motornya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek dulu apakah ada serat rambut atau kotoran pada motor drone dibagian belakang..
      atau ada kabel motor menuju Flight Control yang terlepas..
      mas gan bisa cek kembali dengan membongkar dengan hati2..

      Hapus
  11. Alamat service terdekat di area kota lumajang di mana ya?.... drone saya tidak bisa conek terbang hanya lampu menyala di karenakan nyebur ke air sawah

    BalasHapus
  12. Dro e bugs 2w wifi gps habis nyebur ke air sawah ,hanya menyala lampu saja service terdekat di mana ya? Domisili lumajang jawa timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak.. untuk servis coba mbak ke jasa servis elektronik..
      atau jasa lainnya..seperti jasa servis HP.. karena pada dasarnya rangkaian elektronika drone cukup sederhana..
      minta sama tukang servisnya untuk memeriksa bagian kabel yang putus,, terutama kabel power..
      kemungkinan ada bagian part yang kemungkinan jalurnya putus..
      kalau cuma kabel yang putus.. drone nya bisa di solder ulang..

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Mau nanya gan, ini syma x22w saya gk mau terbang padahal propeller berfungsi. Susah ngangkat nya, naik dikit, turun lagi gak mau terbang tinggi. Itu masalahnya dmn ya? Dinamo loyo atau gimana? Mohon pencerahan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak mau terbang tinggi seberapa meter?
      Apabila drone syma x22w terbang setinggi 2 hingga 3 meter itu normal..
      bila mas gan mau terbangkan tinggi lagi lebih dari 3 meter artinya adanya gangguan dari sinyal remot yang buruk.. mungkin ada wifi disekitar lingkungan tempat mas gan terbangkan yang mengganggu..
      coba terbang di tempat2 yang tidak ada wifi tapi tidak ada angin..
      Bila kasusnya drone x22w tidak mau terbang sama sekali, artinya ada masalah di motornya bisa jadi juga kondisi baterai LIPO yang tidak memberikan listrik yang bagus..

      Hapus
  15. Bang ane mau tanya, kan adik ane nerbangin drone nah pas udah batre abis dicas sampe penuh nah udah penuh di sambungin dron ga mau nyala terus ane udah bongkar drone kabel apda nyambung semua. Kenapa tuh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah mas gan yakin baterai dalam kondisi bagus? apakah baterai kembung atau mengalami kerusakan..? sebagai opsi bisa gunakan baterai lain.. bila memamg masih tidak mau nyala.. artinya ada konsleting pada sirkuit board atau IC power pada drone..

      Hapus
  16. Drone sy overheated krn kipasnya gak nyala,,,tapi sy belikan kipasnya tapi masih jg kipasnya gak nyala,,masalahnya dimana ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dimaksud kipas itu motornya ya? apakah jenis motornya sudah sama? terus kabelnya sudah terpasang dengan benar? usahakan agar kabel power juga diprhatikan

      Hapus
  17. Bagaimana jika drone sudah 3kali ganti dinamo namun tetap terbang miring dan jatuh stelah itu dinamo bau gosong.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah di kabelnya mas..
      apakah sudah memasang dengan benar.. kabel power nya?
      dimana kabel positif yang warna merah atau putih berada di board + dan kabel hitam berada di -
      karena indikasi bau gosong pada dinamo yang dimana adanya konsleting pada dinamo..

      Hapus
  18. Mas mau tanya . sya baru beli drone syma x5c-1 . smua nyala . batre remote pun baru . tapi setelah dua nya nyala . kya tidak ada fungsi atau tidak berguna sama sekali . apa nya yah . soal nya saya gak ngerti maen drone . mohon bantuan nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah yang dimaksud sama mas tidak bisa binding atau drone tidak terhubung dengan remot?
      coba dibaca dulu panduannya mas gan..
      untuk syma agar terkonek dengan remot cukup menaikan tuas throtolle.. pada joy stik kiri keatas dan kebawah saja..

      Hapus
  19. Mantap mas ulasannya. Saya mau tanya mas. Drone saya habis crash. Trus salah satu dinamo mati. Sudah sy belikan cadangan. Setelah disambungkan kabelnya, eh putaran baling2nya terbali jadi drone terbang miring. Kabelnya sy balik, trus baling2 normal arah putarannya, eh tapi baling2 lain yg satu arah diagonalnya jadi ikutan kebalik arah putarannya. Akhirnya kabelnya sy potong dan balik. Sampai disini, semua baling2 sudah berputar semua dan satu arah, muncul satu masalah lagi, drone ga bisa terbang malah saat baling2 berputar semua badan drone nya ikut berputar dan tetap seimbang, ga miring maupun kebalik. Ini salah apanya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah di pada gryo dronenya..
      kemungkinan ketika mas memasang dinamo.. tidak sengaja mengenai komponen gyro yang mempengaruhi keseimbangan drone..
      btw dronenya apa mas gan?

      Hapus
  20. Bang nanya drone x52hd dihidupkan cuman lampunya yg hidup tapi tidak berkedip

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya tidak bisa konek ke remot atau gimana?apa pernah carsh sebelumnya..?

      Hapus
  21. Ada yang tau ngga permasalahan drone saya . Propeller sudah muter . Tapi ketika di landing . Salah satu propaller ngga mau terbang . Padahal muter . Kalau yang 3 nya normal . Yang satu nya ini ngg mau terbang . Coba info yang tau . Thanks

    BalasHapus
  22. mungkin motor pada bagian yang tidak mau terbang kotor atau kemasukan pasir coba diputar manual..
    dibandingkan dengan putaran motor drone yang bagus..
    bila ada perbedaan coba mas gan bersihkan terlebih dahulu

    BalasHapus
  23. Bro, mau tya drone X5c sy knp baru speed nya mau di tambah lgsg mati jd tdk bisa terbang... Dan hrus dimatiin dlu remote nya bru bisa di ulang lg, tp tetap aja bgitu.. Slalu mati lg.. Knp yah bro. .ini drone nya ato remote nya. ?? Minta pencerahan nya bro... Txs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan baterai dronenya mas yg udah ga kuat ngangkat Kenaikan Sepeed.. Ingat bahwa kenaikan speed artinya menambah RPM motor, sehingga menguras tenaga baterai. Coba mas nya ganti baterai yg baru. Bila masih sama suka mati, artinya motornya yg bermasalah..

      Hapus
  24. untuk @langitkaltim kemungkinan drone x5c mas gan mengalami masalah di Flight Control terutama pada bagian ECS nya ( atau kabel motor yang terhubung dengan FC )..
    karena drone tidak bisa menstabilkan kecepatan motor.. jadi bukan masalah remotnya namun drone nya

    BalasHapus
  25. Kenapa ya salah satu dinamo berputar sendiri tanpa di on.. Setelah cras..

    BalasHapus
  26. Mohon pencerahan nya,aku baru beli dron magic speed X53 ,pas di coba ga mau konek dngn remot ,tutorial yg terdapat di buku panduan semua dah aku ikuti,tapi ttp tak nyambung ,adakah cara lain untuk hal yg aku alami,tetima kasih masukan nya

    BalasHapus
  27. Buat yg dah mahir dron
    Aku pemula yg baru miliki dron namun dapat kendala dron sama remot ga bisa konek,sama sekali ga konek ,merk fly X5 explorers,dus styrofom putih bukan dus yg bermerk,apa itu termasuk dron abal2 buat yg pagam akupribadi mogon pencerahan ,terima kasih

    BalasHapus
  28. Mau tanya dong ka.. drone sy baru beli tapi ko baling baling ga gerak satu.. trus klo udah di terbangin ga bisa tinggi.. solusinya gimana ka?

    BalasHapus
  29. permisi agan agan...mau tanya...xh2hd saya tidak mau terbang lebih dari kira2 5 meter, biasa nya kalo di up dia mau keatas terus,...ada kalanya sedang terbang tiba tiba turun drastis...batre sdh diganti dengan yang baru...bunyi motor bagus prop tdk ada yg cacat...., terkadang juga soket batre ke drone mati..tapi saat diperiksa kabel kuat nempel di board....mungkin ada yang bisa bantu

    BalasHapus
  30. bang, mau nanya, jika drone bisa terbang bentar trus langsung mati baling - balingnya, itu kenapa ya?

    BalasHapus
  31. Mas saya ada drone Sg900s,biasanya kalo main sih normal normal aja, tpi kemarin pas mau dimainin dronenya gak mau terbang,propelernya doang yg berputar, padahal ga ada crash, itu gimana mas? Apa gara gara saya salah kalibrasi?

    BalasHapus
  32. Mas mau tanya.saya beli drone sh5w,terbang sendri gk beraturan,terus remot kayak telat responnya gitu.permasalahannya dimana ya

    BalasHapus
  33. Kalau drone nya hidup tapi baling" gak mau muter pdhal sudh terkoneksi

    BalasHapus
  34. Wah, perawatan dron ternyata sangat rumit. Benar-benar memerlukan pengetahuan yang memadai. Tetapi, sebagai alat permainan, tentu menjalankan drun sangat asyik dan menyenangkan. Hanya masalahnya, kok mudah ngadat. Bahkan, terpaksa harus dibawa ke tempat servis khusus.

    BalasHapus
  35. Mas mohon sousinya drone saya sg 700 tidak bisa konek dengan remote setelah jatuh terbalik saat terbang, bagaimaanakh cara memperbaikinya? Terimakasih ats pencerhannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan kabel penghubung remot ke drone terputus mas akibat benturan.. coba cek lagi di buka drone nya bila ada beberapa kabel yang ptus maka bisa mas sambungkan dengan solder ulang.. Bila tidak bisa solder minta solderkan ke tukang servis HP

      Hapus
  36. Mau tanya... Ketika diterbngkan drone berputar kekiri terus, itu problemnya apa ya? Mohon solusinya, Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalibrasi sudah apa belum?

      bila masih miring juga ada kemungkinan power pada motor sudah tidak kuat atau Gyrocsope pada drone juga tidak dalam posisi yang benar

      Hapus
  37. Mas,drone saya sg900s,setelah jatuh,drone di nyalakan gagal start,hanya lampu gps yh kuning menyala saat tombol on/off di tekan,saat tombol on/off di lepaskan,lampu hps yg kuning pun mati,dan semua lampu indikstor termasuk lampu kamera tidak menyala saat tombol on/off di tekan,kira-kira apanya ya,terimkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kendala bila drone Crash memang seperti itu mas. Dimana dipastikan sensor pada drone mengalmi kerusakan. Seperti 1. Terlepasnya Kabel pada drone tersebut contohnya terlepasnya kabel GPS yg menghubungkan modul GPS dengan Mainboard nya. 2. Adanya kerusakan pada Indikator powernya. Satu2 nya jalan, masnya harus bisa melihat dan membongkar drone tersebut. Bila masnya tidak berani, mungkin bisa di bawa ke servis elektronik.. Karena komponen drone itu tidak begitu rumit. Bila terjadi masalah setelah crash paling ada kabel maupun isolator dan konduktor drone yg terlepas yg perlu di solder ulang

      Hapus
  38. mohon bantuannya ya gan ,, saya ada drone cygnus.. kendalanya setelah saya binding dan kalibrasi dgn benar,, dan saya start engine kok nggk mau muter ya motornya ?? pdhl motor normal semua ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli pas baru atau gimana mas atau pernah crash lalu tidak mau binding? bila tidak mau binding artinya TX maupun RX ada maslah.. entah masalahnya di drone,, atau di remotnya.. yg jelas, untuk mengetahuinya adalah bisa menggunakan remot drone yg lainnya. Atau bisa jadi kabel TX maupun RX yg menghubungkan perangkat remot maupun drone terlepas dan bisa di solder ulang

      Hapus
  39. Mau tanya donk.... please... drone sy mjx bugs 3 pro... abis crash gara2 batre gk bener pasang nya jd lepas di atas... skrng drone nya kedap kedip lampu merah... drone tersambung ke remote tp di layar batre nya tidak ter deteksi... mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di coba diterbangkan dulu mas? kemungkinan sensor yg ada di dalam baterai itu mengalami kerusakan. Atau indikator sinyalnya lepas, bila mas berani bongkar bisa di cek.. ( Tapi saya tidak rekomondasikan ) lebih baik ke tukang servis elektronik untuk membongkarnya..

      Hapus
  40. hubsan h216a baru ganti module, ada yg perlu direset ulang gk, tq

    BalasHapus
  41. Mhn bantuanny...ank sy br bl drone Sg900s...ktny kesalahan kalibrasi drone g bs terbang...gmn cara memperbaikiny...nanya k toko tmpt bl g ada solusi cm blng kslhn kalibrasi...untuk daerah Serang dmn tmpt servisny mhn bantuanny gan..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah mas gan sudah betul tata cara kalibrasinya ? cobba cek dulu di youtube dengan kata kunci :sg900s wrong calibration"

      Hapus
  42. Maaf gan mo tanya,, kalo drone udah di cas penuh trus terbangnya gak sampai 10 menit itu normal gak yah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dronenya apa? misal 500 mAh kapasitasnya normal hanya 5-8 menit saja...
      kalo 1000 mAh bisa lebih dari 10 menit

      Hapus
  43. Tolong dong gan, Drone saya MJX 103W.. abis crash lalu saya matiin dan ganti sama baling" baru. Tapi abis itu gak bisa terbang, nyala semua padahal dinamo baling"nya.. hanya saja jadi kayak gak bisa ngangkat sebelah kiri bagian belakang.. sisanya normal jadi waktu nyoba diterbangin ngangkat sebelah, yg sebelah lagi gak mau ngangkat. Tolong solusinya, saya gak mau asal bongkar takut rusak total.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Pastikan dulu dinamo berputar sama kuat di semua sisi..
      2. Bila memang sudah beputar sama kuatnya dan masih juga ga mau ngangkat artinya mas gan salah masang propellernya coba cek dulu cara masangnya di buku panduan..
      3. Nah kalo dinamonya tidak sama kuat berputarnya artinya ada masalah di dinamo entah habis crash merusak bagian motornya..

      Hapus
  44. makasih Gan.. dengan modal petunjuk dari Agan dan sedikit kenekadan akhirnya saya ongkar dan cek semuanya sendiri.. bisa nmral kembali.. sukses terus!! mantuL!

    BalasHapus
  45. Mas mau nanya dong..kn saya punya bugs 5w baru.. Terbang pertama crash karena saya tekan tombol gembok pas terbang..abis itu gamau hdup lg kira" knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu fitur Lock dan Unlock.. di buka aja buku panduannya di tekan ulang saja tombol gemboknya.. fitur itu digunakan untuk mengunci motor agar tidak berputar

      Hapus
  46. Bru terjadi..drone sudah terbang sekitar 10m kurang lbih tiba" drone sya turun dan crash,
    Sblum crush sya coba gas tpi tdk mau
    Mau tanya apa ada yg lemah dri dinamo nya atau apa ya
    Mohon pencerahan nya trimksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di test dulu di terbangkan namun anda pegang kaki dronenya..
      rasakan kekuatannya apakah seimbang... atau bisa dilihat secara visual putaran motornya apakah ada yang lemah salah satunya.. bila tidak ada masalah di motor maka jelas yg masalah adalah baterai LIPOnya yang udah drop

      Hapus
  47. Gan mohon pencerahannya..drone pemula saya hx750 ga bisa di kendalikan ,saat terbang naik dia malah melaju kedepan ga stabil naik dengan tenang..gmn setting nya ya gan?

    BalasHapus
  48. Drone sebelah gk muter knp yach

    BalasHapus
    Balasan
    1. motornya gak muter artinya kondisi motor mati atau kabelnya lepas dan perlu di solder ulang lagi

      Hapus
  49. Mas mau tanya.. Saya punya sg106.. Motor mati satu.. Pesen motor sekitaran seminggu trus saya pasang.. Setelah di pasang semua dengan batre koq gak mau nyaka iya.. Kloq power saya tekan terus baru nyala lampu kamera saja.. Jika di lepas mati lagi.. Dan lampu propeler juga gak nyala.. Masalah dimana iya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. berati ada masalah di FC nya mas .. coba perhatikan lagi rangkaiannya ketika mas memasang motor nya apakah sudah sama?

      Hapus
    2. Sama bg saya di sg900s begitu juga gimana solusi nya

      Hapus
  50. Pcb drone saya terbakar,,
    Saya gk tw komponen apanya tu,,
    Bisa bantu gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. dronenya apa gan?? bisa cari di tokopedia dengan kata kunci "Flight Contorl Drone XXXX"

      Hapus
  51. Slamat malam gan, aku baru baeli dron MJX X104G benerapa hari yg lalu, tadi sore nabrak pohon terus propeler mati satu. Stelah ku bongkar emang motornya sdh ga normal lgi. Kmudian aku coba cari sparenya tapi sepertinya susah sekali mencari spare model ini. Apakah bisa memakai motor dri type drone lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak bisa mas gan harus pake yg aslinya soalnya kalo pakai motor yg lain dari segi power juga beda ukuran juga beda mas gan.. usahakan cari sparepart yg asli

      Hapus
  52. Halo gan aku punya drone mjx x104 ccw motor rusak, ausah sekali cari sparenyA, apakah bisa pake motor type srone lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus yg asli mas.. soalnya nanti ukurannya beda powernya beda dan instalasi ke ECS nya juga pasti beda

      Hapus
  53. Mo tanya bos, sh5 abis jatuh terus propeler kanan depan nyala terus wataupun sudah di switch off, nyembuhinnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat ya? apakah baterai sudah kena copot mas? dipastikan kabel menuju motor yg nyala terus itu bermasalah coba di cek apakah kabelnya sama seperti motor sebelahnya yg normal..

      Hapus
  54. mau nanya bang,saya punya dron syma X8pro,terbanya tetap stabil,tapi bila di gas,atau di majuin,dia langsung turun,kalau sudah terhantam tanah di naik lagi, kenapa kendalanya tu bang,apanya yang kena tu bang,atau yang rusak, terima kasih bang....di tunggu jawabannya...

    BalasHapus
  55. Mau nanya gan,
    Saya baru beli drone f69
    Setelah saya pasang baterainya baling² langsung mutar sendiri belum saya tekan apa²
    Bagaimana solusinya gan tetimakasih
    Ditunggu balasanya gan.

    BalasHapus
  56. Bang saya mau nanya..

    Drone milik saya kalau mau di terbangin dia langsung mati/jatuh... Itu kenapa yah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. apakah kondisi baterai kembung..?
      2. apakah konektor baterai mengalami ke ausan.. atau tidak menghantarkan listrik..
      3. apakah ada masalah di motor seperti cut off motor

      Hapus
  57. Bang Fuad, anda gak pelit ilmu. Saya cuma punya 3 heli R/C, 2 Amphibious R/C dan 1 SG900 non GPS.
    Semula semuanya kondisi rusak karena anak saya maennya barbar.
    Alhamdulillah sekarang udah normal terkendali, lancar jaya mulus rahayu... Setelah baca artikel anda ini.
    Jazakalloh.
    Salam dari Cimahi

    BalasHapus
  58. Gan drone gue pas terbang langsung terbalik, gimana cara perbaikinnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. apakah pemasangan propeller udah bener..?
      2. apakah ada motor yang mati salah satunya ..?
      3. apakah salah satu motor ada yang tidak beputar sekuat yang lain??

      Hapus
  59. Apa ada yg bisa ngebenerin drone saya PC

    BalasHapus
  60. Terima kasih blognya mas,
    Maun tanya soal kode lampu drone mjx mew4-1, lampu warna merah berkedip 6x jeda dan nyala lg (lampu ini nyala setelah kalibrasi), harusnya lamou nyala normal warna kuning.
    Cari tau masalah vision position, cara normalin gimana ya mas dan teman2?
    Salam satu langit

    BalasHapus
  61. Terima kasih blognya mas,
    Maun tanya soal kode lampu drone mjx mew4-1, lampu warna merah berkedip 6x jeda dan nyala lg (lampu ini nyala setelah kalibrasi), harusnya lamou nyala normal warna kuning.
    Cari tau masalah vision position, cara normalin gimana ya mas dan teman2?
    Salam satu langit

    BalasHapus
  62. mao tnya donk, drone zen k1, ga bs take off dr remot macam ga da speed ntuk take off,.. propeller fungsi smua cuma ga da kekuatan speed take off

    BalasHapus
  63. mao tnya donk, drone zen k1, ga bs take off dr remot macam ga da speed ntuk take off,.. propeller fungsi smua cuma ga da kekuatan speed take off

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada down trust.. artinya kekuatan KV motor berkurang mas.. solusi nya coba dipaksa full speed throtle nya.. bila tetap ga mau ngangkat coba dulu liat dalemannya.. apakah adanya masalah di mainboard..

      Hapus
  64. Bang Drone Saya Jatuh Dengan Ketinggian 40cm Lalu saat aku mau terbangkan drone ku lagi ke 4 baling baling cuma jalan 1detik lalu mati lagi ,boleh kasih tahu jawabannya?😊

    BalasHapus
  65. Bang Boleh Tanya?,Drone Jjrc h36 ku jatuh dari ketingian 40cm lalu saat aku mau nerbangin lagi baling2 nya cuma berputar 2 detik lalu mati lagi Lalu lampunya kembali berkedip,apa obatnya ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh ada masalah di motornya.. coba cek dibongkar dulu apakah kabel Motor ke drone mengalai kerusakan hingga loss power gt.. solusinya bisa mengganti motor bila memang motornya yg rusak

      Hapus
  66. Drone gak konek gan tpi dikalibrasi bisa lampu dronr berkedip cepat solusinya gimana gan

    BalasHapus
  67. Gan.... x8pro saya nggak bisa terbang lebih dari 2 meter.... terus remot juga ndak respon sama drone... dan juga lampu deone yg menandakan telah mendapat lokasi gps tiba2 berubah merah lagi.... kira2 apanya ya gan.... mohon infonya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada masalah di GPS nya mas.. udah coba kalibrasi..? bila sudah di kalibrasi masih juga sama.. coba terbang di daerah lain.. kemungkinan GPS nya mengalami kerusakan.

      Hapus
  68. Maaf..mau tanya dong om? Saya ada Eachine tyro79, arming normal, namun pada saat take off, jika throttle di punch maka motor 3 (kiri belakang/ccw) selalu seperti kekurangan power & akibatnya drone jatuh dikarenakan putaran propeller +motor 3 tidak kuat, setelah itu pasti crash? Dan biadanya otor 3 lebih panas dari motor yg lain, mohon pencerahannya omhu?, Salam kenal & Terima kasih 🙏😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah solusinya harus cari yang jual motornya mas.. atau mas bisa upgarde motornya dengan merek drone lain yang ukurannya kurang lebih sama

      Hapus
  69. Saya punya drone yg tidak mau konek dengan remote kontrolnya, saya coba bongkar dan coba gerakin antena didrone baru mau konek, tp kdang2 lose konek lagi begitu berulang2 kali. Kira2 solusinya bagaimana?
    Trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo longgar solder ulang bagian antennya mas.. biar kuat mungkin longgar saja

      Hapus
  70. ka saya punya drone xinlin x198 apa bila dipasang battery lampunya ga nyala cuma bunyi bib bib bib apa kerusakannya ya ka dan dibagian mainboardnya ada yg panas kalo gasalah ic eegulatornya yg arusnya 5v apakh bisa di perbaiki ka..mohon penjelasannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ic nya mungkin terbakar.. maaf kayaknya harus ganti mainboard.. apakah pernah kena air?

      Hapus
  71. Drone saya fimi a3, crash terus baling-baling nya satu mati krna ketahan waktu jatuh dan gak mau hidup.. Kira2 apa nya yang kena ya gan?

    BalasHapus
  72. Gan mau nanya nih kalau remote nya hilang apakah drone nya masih bisa di terbang kan atau ada alat lain selain remot misalnya pake android gitu. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja gan.. seperti konek ke remot multiprotocol.. atau konek ke remot dari pabrikan yang sama..

      Hapus
  73. Drone h36 untuk anak saya awalnya terbang...
    Setelah itu hanya lampu aja yg nyala..
    Kira kira apa solusinya mas..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila lampu yang nyala.. bisa jadi motornya konslet bila tidak mau hidup..
      atau apakah sudah mas cass baterainya? untuk baterai drone mini wajib mas cas dengan USB laptop atau TV.. jangan menggunakan kepala cass HP karena voltasenya terlalu tinggi bisa membuat baterai rusak..kalau baterai rusak ya bisa jadi lampunya aja yg nyala.. karena daya tidak kuat angkat dronenya..

      Hapus
  74. Mau tanya drone jjrc h36 tidak mau terbang..tadinya baling2 lepas abs dipasang malah yg bagian belakang ngangkat depan enggk..abs itu aq lepas semua balin2nya pasang lagi malah gak mau naik tapi baling2 berputar semua..mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya curiga mas tidak memasang baling sesuai dengan tempatnya..ada baling yang mengarah jarum jam.. ada baling yang berlawanan arah jarum jam.. mas bisa liat tutorial, cara memasang baling drone sesuai dengan tempatnya.. karena bila masang balingnya ngasal.. maka drone akan terbalik ketika diterbangkan..

      Hapus
  75. Salam bahagia
    Drone Saya xyma x8 pro
    Saat di pasangkan baterai (belum tekan power) ada lampu indikator yg menyala, lampu terletak di bawah tombol Power
    Yg ingin Saya tanyakan
    1. Apakah kondisi di atas normal
    2. Kalau tidak normal apa yg harus Saya lakukan.

    Saat ini drone masih dapat terbang tanpa kamera dan gps
    Apabila kamera dan gps nya tersambung indicator baterai berkedip dan drone tidak dapat diterbangkan (baterai low)
    Dan apabila menyalakan drone harus mencabut dan memasukan baterai terlebih dahulu.

    Mohon pencerahannya
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah drone sudah dikalibrasi..? mungkin mas bisa kalibrasi kompas terlebih dahulu caranya ada banyak di YT atau membaca buku panduannya..

      Untuk lampu indikator biasanya menandakan bahwa drone membutuhkan kalibrasi atau kondisi GPS yang belum lock..

      Jadi setelah mas kalibrasi, maka tunggu terlebih dahulu lampu indikator berubah warna..

      Saya kurang tau persis seperti apa, tapi biasanya drone seperti itu..

      Hapus
  76. Maaf saya boleh bertanya
    Drone dji tello saya setiap mau take off langsung miring dang mati (jungkir balik)
    Jika pasang baling² yg salah
    Dia mau terbang tapi hanya muter² seprlerti gangsing
    Tidak bisa di kendalikan
    Mohon pencerahannya suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kasus seperti itu biasanya mas balingnya salah pasang.. atau ada salah satu dinamo drone yang berputar tidak serentak..

      Hapus
  77. Maaf mau tanya saya beli mainan drone anak saya merk e99 pro tapi setelah di bukak dan dijajal remote gak bisa coneck, apakah kalo beli remote baru merk sama langsung bisa coneck ke dronenya gak usah di apa2in...mohon pencerahanya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hp nya apa dulu mas... saya curiga itu HP nya yang tidak mau konek karena frekuensi wifi dengan remot tidak sama.. coba tes pakai HP xiaomi..

      Hapus
  78. Mas mau tanya drone b2w saya saat di masukkan baterai cuma bunyi tenonet 1x mainboard kedip2 merah tapi saat di nyalakan remotenya bisa konek ke remote, tetapi lampu indikator di bawah dinamo ke 4²nya tidak mau menyala itu apanya ya bang?
    Yg seharusnya kalo di masukkan baterai bunyinya tenonet,, tenonet bib bib, tapi hanya bunyi tenonet 1x aja alhasil lampu dan dinamo tidak mau nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ada masalah di mainboardnya atau bisa GPSnya tidak terkoneksi atau aktif.. ketika sebuah drone bila ada masalah di sistemnya pasti begitu.. kalau tidak GPS ya bagian ecs powernya itu baru asumsi saya saja.. coba bisa kalibrasi dulu pastikan dulu GPS nya bisa bekerja bila normal berati ada masalah di Flight Contorlnya.. apakah pernah ada riwayat crash?

      Hapus
  79. pak mohon bantu saya punya APEX GD50 biasa terbang ok tapi setelah ganti propeller nya koq malah jadi gak mau terbang dan kadang kadang bagian belakang terangkat tetapi yg depan tidak mau....baling baling putar semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga cocok berati balingnya mas gan.. coba pake originalnya masih mau terbang gak? karena drone itu sudah dirancang dari pabriknya kapasitas kekuatan motornya.. jadi kalo mas ganti baling yang tidak sesuai atau beda ukurannya maka bisa jadi masalah

      Hapus
  80. Kipas drone berpusing ke arah yg salah macam mana tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah benar kah paci masang balingnya.. kalo salah maka drone berpusing ke arah yang salah

      Hapus
  81. Mohon info nya Bos
    Anak saya Punya Drone sjrc Z5 kok gak mau konek ke Hp ya Bos hp saya Xiaomi redmi note 8 dan mau Record ataupun take foto dan terbang sebentar tiba" turun sndri

    BalasHapus
  82. Mohon info nya Bos
    Anak saya Punya Drone sjrc Z5 kok gak mau konek ke Hp ya Bos hp saya Xiaomi redmi note 8 dan mau Record ataupun take foto dan terbang sebentar tiba" turun sndri
    Mohon Bantuannya Suhu
    Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu kena gangguan sinyal wifi indihome mas gan,, memang seperti itu mas,, coba tes terbangkan di tempat yang minim sinyal wifi

      Hapus
  83. Mau tanya gan... drone visuo shark. Nyala setelah d tekan take off terbang tetapi lgsng jatuh lagi dan berhenti berputar. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tes terbang manual dulu.. terus liat perputaran dinamonya gimana apa ada salah satu dinamo motornya yang lemah

      Hapus
  84. Mas mau tanya drone dji tello saya gak mau terbang setelah gagal update frimeware, dronenya gak mau membaca batrai, kamranya off tapi sinyal wifinya hiup. Bagaimana ya mas solusinya

    BalasHapus
  85. Gan, kenapa ane pake batrei lain yang ukuranya lebih bsar saat mau terbang drone langsung mati.
    Apakah ada jenis2 dri batrei drone sndri?

    BalasHapus
  86. Drone saya model txd 8s, mati total gara-gara pake 2s, kira-kira apa yang tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. voltase nya tidak cocok dengan mainboardnya... ibaratnya kapasitas cuma 1S dihajar 2s ya udah konslet

      Hapus
  87. saya punya drone syma x8 pro GPS, kalau pas terbang tiba2 terbang semaunya sendiri dan akhirnya jatuh, padahal remote didiamkan saja pas. kira2 apa yg rusak ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu karena wifi nya digunakan masih 2,4 ghz itu dah wajar.. apalagi wifi hp mas gan tidak kuat memancarkan sinyal ke drone pasti terbangnya semaunya..usahakan untuk terbang di tempat yang jarang ada wifi indihome atau bisa coba pakai hp yang lain

      Hapus
  88. SG900s saya ketika sudah take off, tiba2 langsung gerak mundur padahal belum saya gerakan remotnya.. Apakah remotnya bermasalah di joystick kiri? Mohon bantuannya.. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi gyro nya belum di kalibrasi.. kalo bisa kalibrasi dulu gyroscopenya.. kalau masih mereng juga terbangnya coba cek ploppernya lemah atau tidak..
      untuk masalah remot bisa jadi kalau misal udah di Gyro dan proppler n dinamo aman..

      Hapus
  89. Kak maap tanya klw syma x8 pro sy ga connect wifi nya/wifi nya ga ada,knp yaa?krn jatuh apakah ada yg bisa bantu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. syma X8 masih menggunakan freq 2,4 ghz kalau di sekitar tempat masgan bnyk wifi tetangga bisa jadi kena interfensi jadi eror sinyalnya coba di terbangkan di tempat sepi tidak ada wifi misal di lapangan bola

      Hapus
  90. Saya punya mjx bugs 16 pro propellernya audah muter tapi ga mau terbang bahkan sudah dibersihkan motornya kemungkinan kehilangan daya angkat kalau nggak salah pasang propeller itu gimana ya cara supaya terbang lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. pastikan plopper nya udah bener masangnya kalo ga bener ya bisa kebalik dronenya..
      2. coba cek motornya ada yang lemah ga putarannya ga sama.. bisa coba lepas dulu ploppernya terus di kasih kertas selotip liat putarannya..sama tidak dengan yg lain..
      3. bisa jadi permasalahannya di baterainya sudah ga ngangkat lagi dayanya

      Hapus