LANGIT KALTIM INDONESIA

Blog Foto Udara di Langit Kalimantan dan Mini Drone Race

Kamis, 11 Mei 2017

10 Cara Terbaik Merawat Baterai Lipo Untuk Drone

10 Cara Terbaik Merawat Batrai Lipo Untuk Drone

Merawat baterai Lipo atau ( lithium polimer) merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh pecinta hobi drone maupun mainan RC lainnya. Dimana memang baterai lipo ini memiliki peran utama agar sumber tenaga mainan RC seperti drone dapat terbang sebagaimana mestinya. Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara merawat baterai lipo dengan baik, terkadang banyak orang mengabaikan hal tersebut karena tidak sabaran atau memang tidak mengetahui caranya merawat baterai lipo.

Bayangkan apabila anda tidak merawat baterai lipo anda, ketika anda gunakan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti mati mendadak, tidak mau hidup, baterai lipo kembung, dan bahkan yang terparah adalah meledak mengeluarkan asap hitam. Tentu hal-hal tersebut dapat membahayakan kita sebagai seorang penghobi drone.

Banyak cara agar hal-hal tersebut tidak terjadi dimana banyak para ahli yang memberikan cara agar baterai lipo aman digunakan asal kita bisa merawat dengan baik tentunya. Dan untuk itu langit kaltim merangkum untuk anda bagaimana cara merawat baterai lipo dengan benar sebagai berikut.

1# Jangan Membeli Baterai Lipo Second

Hati-hati dalam membeli baterai lipo, pastikan anda membeli dengan penjual terpercaya yang menjual baterai lipo dengan kualitas baru. Dan hindari pembelian baterai lipo second dengan teman anda atau kerabat anda, karena kita tidak tahu dengan kondisi baterai lipo tersebut. Walaupun harga yang ditawarkan murah, lebih baik anda membeli baterai lipo yang baru agar drone anda terjaga dan tidak beresiko mati mendadak ketika anda menerbangkan drone. 

2# Gunakan Charger Digital

Walaupun harga dari cahrger digital yang cukup mahal, namun investasikan uang untuk membeli cahrger digital ini agar menjaga keawetan dari baterai lipo yang anda miliki. Karena cahrger yang tidak digital belum memiliki tegangan yang seimbang dari listrik ke baterai lipo serta tidak memiliki daya yang stabil dalam pengisian baterai lipo.

Baca Lagi : 5 Daftar Charger Lipo Terbaik Untuk Drone

3# Pasang Alarm Mundur di Handphone anda Ketika Charge Baterai

Penting sekali agar membuat alarm mundur dengan handphone ketika anda charge baterai lipo, dimana alarm tersebut menyesuaikan jam pengisian sesuai yang dianjurkan oleh pabrikan baterai tersebut. Karena terkadang banyak orang yang lupa waktu jam berapa melakukan cahrge sehingga waktu cahrge bisa kekurangan bahkan kelebihan yang dapat membuat baterai kembung. Dengan menggunakan alarm pada ponsel, akan mempermudah anda mengatur waktu yang tepat untuk charge baterai lipo anda.

4# Gunakan Lipo Guard Ketika Sedang Charge

Kembali investasikan uang anda untuk membeli lipo guard yang merupakan tempat penyimpanan lipo paling aman karena tempat tersebut tahan api tentunya. Jangan sepelekan hal ini karena baterai lipo bukan baterai biasa, dimana baterai ini memiliki tekanan daya yang cukup besar.

5# Jangan Menyimpan Dalam Plastik Gunakan Selalu Lipo Guard

Walaupun keliatan aman, menyimpan baterai lipo anda dalam satu tempat plastik dapat beresiko kembung bahkan bisa bocor karena plastik bersuhu cukup panas membuat baterai menjadi cepat kembung karena suhu yang dihasilkan. 

6# Siapkan Apar Untuk Berjaga-Jaga

Investasikan uang anda kembali untuk membeli apar dengan berukuran kecil dekat dengan tempat anda melakukan charger baterai lipo. Kita tidak tahu dengan apa yang terjadi, walaupun anda melakukan prosedur charge lipo yang benar namun tidak ada salahnya menyiapkan apar untuk menjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

7# Mengsongkan Muatan Baterai Apabila Tidak di Gunakan Dalam Waktu Lama

Mengosongkan baterai merupakan hal yang sering sekali diabaikan oleh banyak orang, dimana proses pengosongan baterai ini atau mode penyimpanan harus dilakukan dengan cahrger digital. Untuk mejaga keawetan baterai lipo penting sekali untuk mengosongkan baterai, apalagi bila anda menerbangkan drone seminggu sekali saja. Dan jangan menyimpan baterai lipo dalam kondisi bermuatan penuh.

8# Jangan Charge Baterai Lipo Dalam Kondisi Panas Maupun Hangat

Kebiasaan charge baterai lipo yang baru digunakan biasanya sering sekali dilakukan, padahal hal ini sangat berbahaya selain dapat menyebabkan kembung juga berpotensi meledak. Untuk itu idealnya adalah menunggu sekitar 20 menit setelah digunakan kemudian lakukan cahrge lagi.

9# Ganti Baterai Lipo Apabila Sudah Kembung Atau Pemakaian Lebih Dari 200 Kali

Baterai lipo merupakan barang yang replaceable atau mempunyai masa waktu pemakaian, untuk itu apabila sudah digunakan sebanyak 200 sampai 300 pemakaian anda bisa membeli baterai yang baru agar drone anda terjaga keamanannya ketika terbang.

10# Simpan di Tempat Suhu Yang Sejuk

Musuh utama dari baterai lipo adalah suhu panas, pastikan jangan disimpan pada kamar atau laci yang menurut anda memiliki suhu panas. Usahakan disimpan di tempat sejuk tapi juga tidak terlalu dingin seperti ruangan ber AC. Usahakan selalu menyimpan dengan menggunakan tempat yang terbuka dilapisi dengan lipo guard.
Author Profile

About Langit Kaltim

Langit Kaltim, Merupakan Media Online Memberikan Informasi Terbaru Tentang Drone, Drone Race, dan Foto Udara di langit Kalimantan Timur

0 Komentar 10 Cara Terbaik Merawat Baterai Lipo Untuk Drone

Posting Komentar

Back To Top