Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli

5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli - Salah satu kegunaan drone selain mengambil foto udara maupun video areal adalah membantu petani dalam melakukan pengawasan serta penyiraman pestisida di areal pertanian yang sangat luas.

5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli

Para petani yang sudah maju, dimana sudah menggunakan unit drone untuk membantu pekerjaan mereka sehari-hari. Dan biasanya unit drone yang digunakan sedikit berbeda dengan drone yang biasa anda gunakan.

Unit drone tersebut sangat membantu petani yang kesulitan dalam mengawasi tingkat serangan hama, serta pengawasan tanaman yang rusak. Sehingga dengan ada drone, petani menghemat anggaran untuk transport maupun tenaga manusia.

Daftar Unit Drone Pertanian Terbaik Saat Ini


Rata-rata unit drone untuk pertanian harganya cukup mahal ukurannya juga sangat besar, dimana fungsi dari drone sangat bermacam-macam. Dari mampu memberikan pestisida secara otomatis sampai dengan mendeteksi tingkat kerusakan akibat hama tanaman. Dan drone tersebut bisa anda beli di situs-situs online yang tersedia di Internet.

1# GAIA 160-AG Hexacopter ARF Combo


5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli


Salah satu drone pertanian yang baru saja diluncurkan, yaitu drone GAIA 160-AG berjenis Hexacopter. Merupakan drone dengan performa terbang sangat tinggi mampu membawa pestisida sebanyak 22,5 Liter. Untuk maksimal berat agar drone ini bisa take off yaitu 45 Kg, dengan panjang base drone 160 Cm.

Drone GAIA 160-AG ini memiliki baterai lipo sebesar 16000 mAh dengan waktu terbang sekitar 13 menit. Dengan waktu tersebut drone ini mampu memberikan pestisida dengan luas areal 10 ha, dalam tempo waktu 10 menit.

Untuk drone GAIA 160-AG menggunakan Flight Control DJI N3 atau DJI A3 tergantung paket pembelian yang anda pesan. Dan apabila anda berminat membeli drone ini anda bisa membeli di foxtechfpv.com dengan harga $ 3939 atau sekitar Rp 52.388.700 belum termasuk ongkos kirim ke Indonesia.

2# Dji MG-1S - Agicultural 


5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli


Drone Dji MG-1s - Agicultural menjadi drone andalan dari banyak petani professional, dimana drone hexacopter ini sangat memberikan efisiensi kerja untuk membantu petani dalam memberikan pestisida secara meyeluruh dan akurat kepada tanamannya.


Untuk spesifikasi dari drone besutan Dji ini, dimana menggunakan Flight Control Dji A3, namun sudah mendukung beberapa sensor cerdas. Seperti adanya sensor mengetahui posisi tanaman dengan akurat. Sehingga tanaman akan di semprot dengan akurat oleh drone ini walaupun bentuk medan tanah tidak datar atau berlokasi di bukit.

Kemudian drone Dji MG-1s memiliki desain lipat sehingga sangat parktis untuk dibawa menggunakan kendaraan. Untuk kapasitas baterai 22000 mAh yang mampu terbang selama 20 menit. Pestisida yang bisa diangkut sebanyak 10 Liter yang bisa melakukan penyemprotan pada ahan seluas 4 sampai 6 hektar dalam waktu 10 menit.

Apabila anda ingin membeli drone Dji MG-1S - Agicultural, dimana anda harus memesannya di situs resmi Dji dengan harga cukup mahal $ 12.000,- atau sekitar Rp 159.600.000,- belum dengan biaya training dan biaya kirim ke Indonesia

3# FOXTECH A4 Quadcopter



5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli


Drone besutan Foxtech A4 ini merupakan salah satu drone untuk pertanian dengan menggunakan 4 rotor. Dimana drone ini memiliki ketahanan terhadap cuaca serta diklaim merupakan drone industri yang sangat ringan.

Menggunakan flight control DJI A4, drone Foxteach A4 mampu membawa pestisida maupun air sebanyak 40 liter. Kemudian drone ini juga memiliki kapasitas baterai 10000 mAh berjenis 6S mampu membawa terbang drone Foxtech A4 selama 25 menit.

Dalam waktu cukup lama sekitar 25 menit, maka akan bisa menyiram pestisida maupun air dengan luas lahan sebesar 10 Ha dalam waktu 15 menit. Bahkan drone ini bukan hanya bisa untuk menyiram, namun juga bisa digunakan untuk kegiatan pekerjaan lainnya. Seperti memasang kabel, mengangkat barang, dan memantau areal lahan pertanian.

Apabila anda ingin membeli drone Foxtech A4 Quadcopter ini untuk keperluan pekerjaan anda, dimana anda bisa mendapatkannya di situs resmi foxtechfpv dan dibendrol dengan harga $ 2539 atau sekitar Rp 33.768.700,-.


4# Dream Eagle X4-10


5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli


Salah satu drone pertanian dengan harga murah, dimana drone dari produsen Dream Eagle membuat drone pertanian yang mampu membawa 10 liter petisida serta tahan dengan kondisi cuaca hujan. Selain itu, desain lipat yang terdapat pada drone ini sangat memudahkan anda apabila ingin membawa drone ketempat lain.

Sayangnya drone ini hanya mampu terbang sejauh 300 meter sehingga areal jangkauan dari drone ini kurang bisa begitu jauh dalam menyirami tanaman dengan pestisida yang dibawa. Untuk kapasitas baterai drone X4-10 ini berkapasitas 10000 mAh yang mampu terbang selama 12 menit saja.

Apabila anda ingin membeli drone ini dimana bisa membeli di Aliexpress dengan harga $ 1099 dengan biaya kirim $ 119 jadi total biaya yang harus anda keluarkan sekitar Rp 17.000.000,- sangat murah untuk seukuran drone industri.

5# TYX AG405



5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli


Drone berukuran besar kali merupakan drone yang berasal dari cina yaitu drone TYX AG405,  dimana drone ini bisa anda atur penerbangannya sesuai dengan areal yang akan di semprot dengan pestisida.

Fitur-fiturnya juga kurang lebih sama dengan Drone pertanian lainnya, yaitu mampu membawa 10 Liter pestisida dengan waktu penyemprotan sekitar 6 menit setiap 1 ha lahan pertanian. Dimana drone TYX AG405 sudah memiliki baterai dengan kapasitas 22000 mAh yang mampu terbang selama 20 menit.

Apabila anda ingin membeli drone TYX AG405, anda bisa memesan drone ini melalui website Alibaba dengan harga $ 9300 atau sekitar Rp 123.000.000,-. Namun belum termasuk dengan biaya pengiriman ke Indonesia.

Apakah Lebih Efisien Menggunakan Drone Pertanian Daripada Dengan Tenaga Manusia 


Inilah kenyataan yang harus kita hadapi, dimana jaman sudah berubah dan teknologi sudah  sangat berkembang lebih jauh. Dimana menciptakan sesuatu yang bertujuan untuk mempercepat suatu pekerjaan yag dulunya sangat lama untuk dikerjakan oleh manusia.

5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli


Salah satunya adalah adanya teknologi drone pertanian yang baru populer di gunakan pada tahun 2015, dimana pengembang pertama kali drone pertanian ini adalah produsen Dji. Dengan membuat flight control untuk drone rakitan yang bisa di modifikasi dan menggunakan kerangka unit drone yang besar agar bisa membawa pestisida maupun air untuk melakukan penyiraman tanaman.

Manfaat yang memang dirasakan ketika menggunakan drone pertanian ini adalah, dimana anda bisa menghemat waktu dan uang yang bisa anda investasikan ke bagian lain. Selain itu, dengan adanya drone pertanian ini anda bisa menekan harga penjualan dengan harga pokok yang sangat murah, dan mampu menjual dengan harga yang tinggi.

5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli


Walaupun investasi yang anda lakukan untuk membeli drone pertanian ini dengan harga yang sangat mahal, paling tidak anda akan merasakan manfaatnya yaitu tidak lagi membayar gaji tenaga manusia untuk melakukan penyemprotan secara manual dan membutuhkan waktu lama untuk selesai dalam waktu sehari.

8 komentar untuk "5 Drone Pertanian Terbaik Yang Bisa Anda Beli"

  1. Saya sngt tertarik dng drone,bisa memperingan kegiatan Petani. Apalagi di mesuji hamparan sngt Luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak,, namun diperlukan anggaran yang besar juga agar bisa menggunakan drone semoga pemerintah bisa mensubsidi petani untuk pemanfaatan teknologi drone ini

      Hapus
  2. bagys sy tertarik utk membeli....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk drone pertanian biasanya ada perusahaan yang menjual dalam bentuk drone rakitan..dan akan juga diberikan pelatihan cara menggunakannya.. terima kasih sudah membaca artikel kami..

      Hapus
  3. Indonesia gak iso gawe dewe no. ??? Kok import wae.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo mas.. tapi saiki sudah iso buat di Indonesia, tapi mahal biayanya..

      Hapus
    2. tergantung dengan dronenya pak.. semakin canggih dan banyak muatannya maka bisa berkisar 40-50 juta

      Hapus