Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi - Produsen hubsan merupakan produsen veteran yang sudah malang melintang membuat drone berkualitas tinggi. Salah satunya adalah drone Hubsan H501S X4 yang merupakan salah satu drone brushless yang mampu terbang cukup tinggi serta memiliki kamera yang terbaik dikelasnya.

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi


Yang menarik dari Drone Hubsan H501S X4, adalah spesifikasi dan fiturnya yang sangat lengkap. Dimana anda, sudah mendapatkan semua yang anda butuhkan mulai dari adanya GPS, Kamera lumayan, Adanya FPV, serta motor menggunakan brushless. Dan semuanya dalam satu paket dengan harga memang masih mahal, namun sudah sebanding dengan uang yang anda keluarkan untuk membeli drone ini.

Drone Hubsan H501S X4, merupakan produk yang cukup lama dimana pertama rilis tahun 2016 dan baru kami bahas sekarang. Dimana kami akan mereview secara singkat kemampuan drone ini secara detail, dari pengalaman-pengalaman pilot yang sudah menerbangkan drone ini. Berikut ulsana yang kami buat tentang drone Hubsan H501S X4.

Mengulas Drone Hubsan H501S X4 Harga Empat Jutaan



1# Desain Drone Hubsan H501S X4

Drone Hubsan H501S X4, memiliki desain yang kecil tidak terlalu besar sekitar 22 Cm x 22 Cm dan tidak memiliki landing skid yang panjang. Hal ini membuat drone ini bisa kesulitan take off atau mendarat di rumput mapun pasir. Jadi, lebih baik anda menggunakan alas atau aksesoris landing dan take off ketika mau menerbangkan drone ini.

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Drone Hubsan H501S X4 Dengan Bodi Mini Pic : RCGRUP


Untuk bahan yang digunakan drone Hubsan H501S X4, dimana menggunakan material ABS yang lumayan keras. Dan motor yang digunakan sudah brushless dengan KV1650 PM1806 yang diklaim memiliki ketahanan yang tangguh di udara.

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Motor Brushless Berkualitas Dari Hubsan


Paling menarik adalah desain remot control yang sudah menyatu dengan layar FPV, dan menurut kami remot control drone Hubsan H501S X4 ini merupakan yang terbaik dari semua desain remot control drone sekelasnya. Untuk frekuensi yang digunakan untuk FPV sudah menggunakan frekuenasi 5.8 GHZ, sehingga tidak mengganggu frekuensi sinyal remot pada drone yang menggunakan sinyal 2,4 Ghz.

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Desain Remot Control Yang Dinamis Dan Menyatu Dengan Layar FPV


2# Ketahanan Baterai Drone Hubsan H501S X4

Ketahanan baterai Dorne Hubsan H501S X4, patut diacungi jempol. Karena hanya dengan kapasitas 2700 mAH berjenis 2S, waktu terbang yang bisa didapat sekitar 20 menit. Dimana kemampuan baterai lipo yang ukurannya kecil ini sangat powerfull membawa drone ini terbang dengan baik.

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi


Bahkan, untuk baterai Lipo Hubsan H501S X4 ini juga banyak dijual. Dimana menggunakan konektor EC2 memberikan daya yang cukup besar. Namun apabila anda ingin menerbangkan kembali drone ini, dengan menggunakan baterai lipo cadangan. Pastikan agar anda mengistirahatkan motor brushless terlebih dahulu sekitar 10 menit agar tidak terjadi konslet atau terbakar.

3# Performa Terbang Drone Hubsan H501S X4


Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Hubsan H501S X4 Memiliki Fitur Lengkap

Drone Hubsan H501S X4 merupakan drone mini yang kaya dengan fitur layaknya drone professional, padahal kelasnya masih merupakan drone mainan. Karena drone ini sudah memiliki fitur standar drone seperti follow me, Barometer Altitude Hold, dan Return to home. Serta adanya monitor yang menampilkan keadaan drone tersebut dari berapa ketinggian dan jarak serta berapa kondisi baterai secara real time.


Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Drone Hubsan H501S X4 Sangat Stabil di Udara


Ketika diterbangkan, GPS drone sangat mengunci dengan baik satelit pada unit drone. Dimana drone Hubsan H501S X4 dapat dengan mudah mendapatkan sinyal satelit sampai dengan 9 titik. Hal ini menunjukan kemampuan GPS drone ini sudah sangat baik. Tentu dengan mengunci banyak satelit ketika terbang, anda tidak perlu khawatir akan kehilangan drone karena fitur RTH yang ada pada drone ini sangat akurat.


Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Desain Monitor Yang Menampilkan Data Lengkap Kondisi Drone Hubsan H501S X4


Untuk kestabilan, fungsi Alt Hold pada drone Hubsan H501S X4 sudah sangat baik. Namun apabila kondisi berangin kencang, drone ini akan tidak stabil tapi masih bisa dikendalikan. Hal ini disebabkan ukuran drone yang kecil membuat mudah terkena angin.


Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Kualitas Transmisi Hubsan H501S X4 Bisa Mencapai 300 Mater Pic : Dustin Dunnill


Jarak terbang drone ketika diterbangkan bisa mencapai 300 meter, dan untuk penerimaan sinyal transmisi FPV pada monitor hanya bisa mencapai 200 meter saja dengan ketinggian 100 meter ketika berada di daerah perkotaan. Untuk jarak yang hanya mencapai 300 meter menurut kami sudah cukup memuaskan. 

4# Hasil Kamera Drone Hubsan H501S X4

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Penambahan Aksesoris Mounting Pada Arm Agar Bisa Mengangkat Action Cam PIC :  Drones visual


Drone Hubsan H501S X4, memiliki kamera yang menyatu dengan bodi drone. Sehingga anda tidak bisa mengganti kamera tersebut dengan kamera action cam. Hasil kameranya sudah cukup baik dan sangat standar. Disayangkan tidak adanya gimbal atau stabilizer kamera yang dimana membuat hasil video drone tidak smooth dilihat.

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Hasil Foto Udara Dari Hubsan H501S X4  Pic  : Papabalun


Dengan ukuran 1080 HD dan 30 FPS, video maupun gambar terlihat kurang begitu baik ketika kondisi kurang cahaya. Memang lebih baik menerbangkan drone ini dalam kondisi siang atau pagi dengan kondisi cahaya yang cukup banyak agar gambar dan video yang dihasilkan menjadi cukup baik dan terlihat detail.

5# Kesimpulan Dan Harga Drone Hubsan H501S X4

Drone Hubsan H501S X4 merupakan drone RTF atau ready to fly terbaik untuk pemula, dimana sudah memiliki fitur yang lengkap, sudah menggunakan motor brushless, kamera yang sudah sangat baik, ditambah lagi adanya layar FPV pada remot control. Bahkan, apabila anda membeli di market luar negeri harga drone ini hanya $ 185 atau sekitar Rp 2.500.000,-.

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Paket Pembelian Yang Bisa Anda Dapatkan Dari Drone Hubsan H501S


Sayangnya, di Indonesia drone ini dijual dengan harga yang terlampau masih mahal atau sekitar Rp 4.000.000,-. Dan harga segitu menurut kami masih cukup mahal dan tidak masuk akal, dan harapannya adalah anda bijak memilih penjual yang memang menjual drone ini dengan harga yang sesuai.

Kelemahan dari drone ini hanyalah kurang begtu tahan dengan kondisi angin yang cukup kencang, karena akan membuat drone menjadi tidak stabil serta akan membuat drone kehilangan daya angkat. Serta tidak adanya gimbal pada kamera yang membuat hasil video kurang begitu menarik untuk dilihat. Dan memang drone ini sangat cocok untuk mengambil foto udara, karena mampu terbang cukup tinggi sekitar 100 meter.

Lebih Baik Yang Mana Drone Hubsan H501S X4 Dengan MJX Bugs B2W


Mungkin banyak pertanyaan yang muncul, mengenai drone manakah yang terbaik apakah Drone Hubsan H501S X4 atau Drone MJX Bugs B2W yang memang kedua drone ini memiliki kesamaan dari segi fitur maupun kualitas. Dimana yang membedakan hanya harganya saja, namun tidak terlampau jauh juga.


Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi
Perbandingan Antara Hubsan H501S Dengan MJX Bugs B2w Pic : Frequent Flyer RC


Untuk drone Hubsan H501S X4 memang sangat cocok untuk anda yang menginginakn kemudahan dalam menerbangkan drone dimana sudah terdapat layar monitor HD di remot control membuat anda tidak perlu menggunakan smartphone lagi. Karena menggunakan smartphone sebagai monitor memang terkadang sedikit mengganggu, apalagi ketika adanya panggilan telpon maupun notifikasi sms.

Sedangkan drone MJX Bugs B2W memang sangat cocok untuk anda yang suka memodifikasi drone, atau memang anda seorang yang sudah sangat paham dengan drone. Karena drone MJX Bugs B2W mampu terbang cukup jauh sekitar 500 meter. Dan bisa ditambahkan kamera tambahan karena drone ini memiliki ukuran yang cukup besar.

Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi


Hasil kamera drone Hubsan H501S X4 dan drone MJX Bugs B2W hasilnya kurang lebih saja. Dan sama-sama kedua drone ini tidak memiliki gimbal. Dan sangat cocok untuk mengambil foto udara, atau video areal yang bisa anda edit agar hasilnya lebih baik.

Tapi dari segi harga, kami merekomondasikan MJX Bugs B2W karena harganya yang bersahabat serta sparepartnya cukup banyak dijual. Karena drone Hubsan H501S X4 masih terlampau mahal harganya di Indonesia dan sparepartnya cukup sulit dicari. Semua kembali ditangan anda yang mana drone yang cocok untuk anda.

1 komentar untuk "Review Hubsan H501S X4 Drone Mini Bisa Terbang Tinggi"

  1. Sy boleh tanya?, knp hubsan h501ss ku gak bisa diam ditempat?, kondisi outdoor, gak ada angin, no gps, dicoba atur trim, gagal, sy kasih trim kiri dia minta kanan dan sebaliknya, semuanya termasuk arah forward backward, yaw kiri kanan, apa yg salah?

    BalasHapus