LANGIT KALTIM INDONESIA

Blog Foto Udara di Langit Kalimantan dan Mini Drone Race

Senin, 22 Januari 2018

Mengatasi Low Ambient Light Ketika Menerbangkan Drone Dji di Malam Hari

Mengatasi Low Ambient Light Ketika Menerbangkan Drone Dji di Malam Hari - Sensor Obstacle pada unit drone Dji Terbaru di buat untuk menghindari kondisi benda yang menghalangi drone ketika terbang. Namun, hal ini tidak sepenuhnya aman karena bisa jadi terdapat masalah yang timbul dan cukup beresiko terjadi crash.

Mengatasi Low Ambient Light Ketika Menerbangkan Drone Dji di Malam Hari


Salah satu masalah yang terkadang muncul di sensor obstacle Drone Dji adalah adanya kegagalan sensor penghindar atau obstacle tersebut melihat kondisi sekitar akibat gelap dan kurang cahaya atau kondisi ini bisa disebut Low Ambient Light.

Hal ini bisa terjadi apabila memang kondisi tempat anda terbang sangat gelap, seperti di hutan, atau kondisi listrik yang sedang padam. Tentu sensor obstacle pada drone Dji kesulitan melihat keadaan sekitar, karena memang sensor tersebut bekerja berdasarkan kamera yang dilihat serta sensor ultrasonic. Untuk itu kami rangkum beberapa cara agar dapat mengatasi Low Ambient Light pada unit drone Dji Phantom 4, Dji Mavic Pro dan Dji Spark sebagai berikut.

1# Update Firmware Terbaru

Mengatasi Low Ambient Light Ketika Menerbangkan Drone Dji di Malam Hari


Salah satu solusi terbaik untuk mengatasi Low ambient Light adalah melakukan update firmware dari softwere Dji, melalui Dji Go pada smartphone anda. Yang dimana terdapat salah satu update terbaru dalam memperbaiki bug pada sensor ultrasonic pada unit drone keluaran Dji yang terbaru. 

2# Pastikan Lokasi Sebelum Terbang

Kondisi Low Ambient sendiri merupakan masalah yang disebabkan kondisi lingkungan, untuk itu agar menghindari terjadinya Low Ambient maka anda harus bisa melihat lokasi tempat anda terbang seperti apa. Karena, dengan anda mengetahui kondisi lingkungan tempat anda akan terbang, anda bisa memutuskan apakah akan tetap terbang dilokasi tersebut atau tidak.


Mengatasi Low Ambient Light Ketika Menerbangkan Drone Dji di Malam Hari


Yang menjadi pertimbangan anda adalah, apabila lokasi tersebut sangat gelap dan banyak pohon besar. Anda harus  lebih berhati-hati dalam menerbangkan drone anda, terutama bila anda berada di gunung.

3# Gunakan Aksesoris Tambahan Berupa Lampu ketika Terbang di Daerah Gelap

Mengatasi Low Ambient Light Ketika Menerbangkan Drone Dji di Malam Hari


Masalah dari Low Ambient salah satunya adalah tidak adanya cahaya yang membantu sensor obstacle atau sensor ultrasonic dalam mendeteksi object didepannya. Untuk itu, adanya aksesoris tambahan berupa lampu yang bisa anda gunakan dalam membantu drone memetakan lokasi terbang dengan baik.

4# Biasakan Dapat Mengendalikan Drone Dengan Manual Mode

Apabila terjadi masalah pada drone dimana mengalami Low Ambient Light, maka yang terjadi adalah drone akan masuk dalam mode Manual. Untuk itu anda harus bisa mengatasi hal tersebut, terutama bisa mengendalikan drone yang tiba-tiba menjadi liar akibat berada di mode manual.

Yang paling penting adalah, anda harus tidak panik dan tetap tenang. Segera daratkan drone di tempat yang aman apabila memang kondisi lingkungan tidak memungkinkan untuk terbang. Seperti angin yang kencang, atau drone sulit dikendalikan.

5# Apabila Masih Muncul Pesan Low Ambient Light Kalibrasi ulang Drone Anda

Setelah anda mengalami masalah pada Low Ambient, anda mungkin bisa melakukan kalibrasi ulang apabila memang anda harus menerbangkan drone di tempat tersebut. Pastikan agar anda melakukan kalibrasi di lapangan berumput atau terdapat tanah, jangan lakukan kalibrasi di lokasi ground berupa semen atau terdapat baja.
Author Profile

About Langit Kaltim

Langit Kaltim, Merupakan Media Online Memberikan Informasi Terbaru Tentang Drone, Drone Race, dan Foto Udara di langit Kalimantan Timur

0 Komentar Mengatasi Low Ambient Light Ketika Menerbangkan Drone Dji di Malam Hari

Posting Komentar

Back To Top