Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Masalah Yang Sering Muncul Pada Drone Dji Phantom 3 Standar Dan Cara Mengatasinya

8 Masalah Yang Sering Muncul Pada Drone Dji Phantom 3 Standar Dan Cara Mengatasinya

Banyak Masalah yang sering muncul pada drone Dji phantom 3 Standar, dimana memang drone ini kerap memiliki masalah yang beragam. Namun tidak perlu khawatir dengan adanya masalah yang ada, karena langit kaltim merangkum khusus untuk anda dimana masalah-masalah yang muncul dapat diatasi sebagaimana mestinya.

Terdapat 8 masalah yang paling di tanyakan berulang-ulang pada forum Dji Phantom 3 Standar maupun Drone Dji Phantom 3 Advance/Profesional dimana memang kerap terjadi karena kondisi suatu lingkungan serta tingkat signal wifi yang tinggi serta adanya bahan bangunan berbahan baja tentu membuat drone Dji Pahntom 3 bermasalah. Berikut masalah-masalah yang sering timbul pada Dji Phantom 3.

1# Terdapat Pesan Strong Interference

Untuk pesan ini sangat sering muncul ketika anda menerbangkan drone Dji Phantom 3 pada lokasi padat penduduk atau ditengah kota. Dimana sinyal pada remot Dji Phantom 3 mengalami gangguan untuk terhubung dengan wifi dari drone Dji Phantom 3 Standar disebabkan banyaknya sinyal wifi atau gelombang radio disekitar lokasi tempat anda menerbangkan drone. Untuk mengatasi hal ini lakukan hal berikut :

  • Lakukan Kalibrasi Pada Remot Control Dji Pahntom 3 Standar
  • Gunakan Wifi Analyzer Pada Handphone Android Anda Untuk Melihat Kekuatan Sinyal Wifi
  • Cari Lokasi Lain Untuk Menerbangkan Drone Ke Lokasi Yang Minim Sinyal Wifi

2# Terjadi Lost Signal Ketika Drone Mau di Terbangkan

Pesan ini terjadi biasanya muncul setelah melakukan kalibrasi IMU atau mengupdate firmwere sehingga terputusnya koneksi antara drone Dji Phantom 3 Standar dengan remot control Dji Phantom 3 Standar. Untuk itu diperlukannya adalah melakukan linking pada aplikasi Dji Go untuk menghubungkan kembali remot control pada drone. Untuk caranya bisa anda bisa lihat videonya pada link berikut.
3# Terjadi Pesan Radio Channel Quality Poor

Ketika baru diterbangkan drone Dji Phantom 3 Standar dan baru terbang sekitar 30 meter maka biasanaya akan muncul pesan bahwa " Radio Quality Poor". Hal ini disebabkan oleh pengaturan sinyal pada drone Dji Phantom 3 Standar memang terbatas untuk mengatasi hal tersebut bisa anda lakukan hal berikut.

  • Gunakan Windsufer Agar Penerimaan Sinyal Pada Drone Lebih Baik
  • Gunakan Aplikasi Pihak ke Tiga Yaitu Magic Power
  • Update Frimwere Dengan Yang Terbaru

4# Terjadi Pesan  Gimbal Motor Overload

Biasanya pesan ini muncul ketika anda menerbangkan drone disekitar tanah atau pasir, sehingga kotoran dapat masuk kedalam gimbal dari drone Dji Phantom 3 Standar. Untuk mengatasi hal ini cukup anda melepas ke empat dumper karet anti getar dari gimbal drone, kemudain bersihkan lalu pasang kembali atau diganti dengan yang lebih bagus.Solusi lain adalah membeli aksesoris landing pad agar tidak ada kotoran yang masuk ketika drone diterbangkan atau didaratkan.

5# Tidak Bisa Menjalankan Fitur Follow Me

Hal ini disebabkan oleh kemampuan handphone yang terbatas, dan memang aplikasi dari Dji Go terbatas untuk beberapa handphone yang bisa menggunakan semua fitur. Untuk dapat menggunakan fitur follow me maka yang harus anda lakukan adalah memastikan sinyal GPS yang diterima pada handphone cukup banyak, dimana anda bisa mengecek dengan apliaksi android.

Selain tidak full suport menggunakan aplikasi Dji Go, penerimaan satelit pada drone juga berpengaruh dimana ketika dorone menangkap sinyal satelit dibawah 13 satelit maka tidak dapat juga menjalankan fitur follow me.

6# Terjadi Gimbal Bergetar

Gimbal bergetar biasanya disebabkan oleh tidak balance nya propeller pada drone akibat pemakaian yang sudah cukup lama. Serta sering melakukan hard landing sehingga membuat gimbal menjadi terhentak, dan perlu anda ketahui bahwa gimbal dari drone Dji Pahntom 3 Standar cukup sensitif. Untuk itu anda perlu berhati-hati dalam menerbangkan drone. Untuk solusi dari terjadinya masalah pada gimbal adalah sebagai berikut :

  • Lakukan Kalibrasi Pada Gimbal Lihat Link Video Disini
  • Jangan Terlalu Lama Membiarkan Drone Dji Phantom 3 Hidup Tanpa Terbang Karena Akan Membuat Gimbal Panas
  • Balance Propeller Atau Ganti Dengan Propeller Yang Baru
  • Jangan Melakukan Hard Landing

7# Terjadi Signal Week Dan Langsung Retun To Home

Sama hal nya dengan pesan " Radio Quality Poor" dimana untuk pesan error "Signal Week" disebabkan putusnya koneksi pada drone dengan remot control sehingga dilakukannya mode retun to home pada drone Dji Phantom 3 Standar. Yang perlu anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah:
  • Gunakan Softwere Magic Power
  • Ganti Mode Penerbangan Jangan Menggunakan Mode Belajar Atau Pemula

8# Terjadi Pesan Compass Error

Mengerikan sekali memang ketika terjadi pesan compass eror yang artinya bisa berpotensi menyebabkan drone Dji Phantom 3 Standar bisa crash. Hal ini terjadi disebabkan adanya medan magnet atau gelombang listrik yang mengakibatkan kompas pada drone menjadi error. Untuk mengatasi hal ini anda bisa lakukan hal berikut:

  • Lakukan Kalibarsi IMU Pada Video Berikut
  • Carilah Lokasi Yang Tidak Menggandung Magnet Seperti Baja, Tower, dan Benda Logam Pada Saku Anda Untuk Melakukan Kalibrasi IMU
  • Biarkan Drone Di Diamkan Di Atas Tanah Yang Bebas Dari Medan Magnetik Untuk Menormalkan Kembali Kompas Yang Error Selama 10 Menit
  • Hindari Terbang Mendekati Speaker Besar, Kabel Bawah Tanah Atau Bangunan Besar Yang Berkontruksi Baja Atau Tower Mengandung Muatan Listrik Serta Sinyal

48 komentar untuk "8 Masalah Yang Sering Muncul Pada Drone Dji Phantom 3 Standar Dan Cara Mengatasinya"

  1. Apabila eror kompas pada bugs 2w bagaimana mengatasi nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar ada masalah di GPS drone mas.. apakah drone pernah jatuh sebelumnya.. sebenarnya bisa di atasi dengan mengkalibrasi ulang kompas

      Hapus
  2. gan sy punya masala led pada remot merah trus padahal dah sy linking,riset password dilink cecara manual tetap led pd remot merah klo di aircrafnya hijau dan gerakin kamera jalan.mohon solusinya makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah unit drone sudah dikalibrasi.. atau kalibrasi remot control? agar tidak led merah lagi.. karena biasanya kalau led merah artinya ada masalah dikompas drone..

      Hapus
  3. Gimana kalo sinyal gps tdk mau terhubung dengan drone dab indikator kedip kuning tidak mau masuk warna hijaunya kemudian beberapa saat kemudian lampu indikator kembali warna merah dan terus nyalah apa masalhax ya.. harap secepatnya di bls ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus kalibrasi GPS mas gan..
      apabila GPS indikatornya warna merah.. jelas artinya drone tidak dapat terhubung dengan satelit..
      salah satu langkah terbaik adalah melakukan upgrade softwere drone maupun remot..
      atau kalibrasi kompas GPS

      Hapus
  4. Kalo stone sama remote gak konek gimana??

    BalasHapus
  5. apabila drone dengan remot tidak terhubung.. biasanya HP nya yang mas gunakan tidak suport..
    pastikan baca dulu buku manual drone Dji yang mas beli

    BalasHapus
  6. Gan kalau sbelum di terbangkan ada pesan drone dalam mode sikap dan harus di terbangkan secara hati2...itu apa masalahnya.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan mas nya belum melakukan update frimwere terbaru..
      Sehingga selalu muncul peringatan di aplikasi Dji Go nya
      Coba mas update dulu lalu kalibrasi kompas..dan IMU
      pastikan juga drone nya mendapatkan lebih dari 10 satelit ketika terbang agar lebih save fly

      Hapus
  7. apa yg menyebabkan P3S tidak stabil ditempat hover? padahal angin tidak ada, gps satelit 11-13 nyala hijau, apakah dronenya minta diganti yg type baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Altitude Holdnya berati bermasalah.. GPS hanya untuk mengatur posisi drone tersebut bila anda melakukan RTH

      Hapus
  8. Saya sulit masuk dji go,seblmnya bisa,drone tidak mau record video dan uninstal dji go,mau masuk lagi kok sulit trim kasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. faktor HP nya yang berat boleh tau HP apa..? karena aplikasi Dji Go memang terbatus untuk beberapa HP model lama serta RAM dan internal storage

      Hapus
  9. Saya sulit masuk dji go,seblmnya bisa,drone tidak mau record video dan uninstal dji go,mau masuk lagi kok sulit trim kasi.

    BalasHapus
  10. Klau gpsnya no sinyal udah kalibrasi IMU kompas tetep gk dapet gps caranya diapain ya om biar normal pada dji spark udah pindah2 tempat juga gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berati ada masalah di GPS nya mas, atau memang harus menunggu beberapa saat lagi dalam memproses kalibrasi IMUnya.. coba kalibrasi di lapangan bola

      Hapus
  11. Gan kalo hasil record atau foto tidak bisa tersimpan di android atau drone penyebabnya apa? Padahal saya yakin SDH ngericord atau jepret foto.
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ke simpan di Micro SD mas gan bukan di HP ya.. khusus DJI

      Hapus
  12. mau tanya suhu,,, ane pengguna phantom 3 pro, ahir2 ini gambar tidak bisa muncul di layar,, padahal semua sudah konek, dan buat terbang juga bisa. tapi tidak bisa memunculkan gambar,, hanya hitam dan ada tulisanya DJI d tengah 2 layar,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banyak kemungkinan layar black screen mulai dari Eror pada Softwere, eror pada android ( Bila pakai android biasanya bnyk masalah)..

      untuk eror di app Dji Nya.. mungkin bisa mencoba menggunakan softwere Dji yang lama.. atau app Dji nya belum agan update ke versi yang baru..


      Untuk cek eror di app softwere, coba bisa pinjam Iphone untuk di uji coba apakah layar FPV dji p3 mas gan bisa konek atau tidak..

      Bila mas nya sudah coba dan masih juga sama..


      artinya

      bisa jadi flexibel Gimbal di dji P3 bermasalah.. apakah pernah mendarat di daerah berpasir atau debu?..bisa jadi nih pada bagian gimbal kotor atau ada kabel flexibel gimbalnya bermasalah..

      Hapus
  13. Alo Suhu

    Saya mau tanya, kenapa compas yang sudah dicalibrate tapi belum juga normal..apakah karena waku melakukan kalibrasi nya ada sinyal wifi? terus kemaren drone saya crach, dan pada watu itu ada message notifikasi nya compas error,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ketika crash.. bagian compas mengalami kerusakan, sehingga mas gan harus cek lagi bagian kompasnya apakah ada kabel terlepas atau solderannya terlepas..

      Hapus
  14. gan dji p3s gimbalnta bergerak terus tidak beraturan .kabel pleksinya sdh diganti.untuk gbr vidio tdk masalah. tp ya gerak terus gimbalya. mohon pencerahan . thanks gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimbal tersebut gagal melakukan kalibrasi, sehingga gimbal berputar terus menerus.. yang ditakutkan adalah gimbalnya mengalami kerusakan sehingga perlu di ganti secara keseluruhan.. mungkin bisa mengirim unit ke agan mamat pendekar solder ( klinik drone surabaya ) yang tau betul permasalahnnya

      Hapus
  15. Halo suhu
    Saya mau tanya kenapa ps3 saya pas mau kalibrasi,di apk dji go nya ada pesan disconnected...
    Terus ada pesan abnormal / data error
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa coba kalibrasi imu cek di https://www.youtube.com/watch?v=_bdWgXJME74

      Hapus
  16. Hallo om.. Saya punya masalah pd gimbal.. Rol motornya ga bisa bergerak.. Setelah ganti flexi ribbon.. Bisa bergerak tp hanya kearah 1 sisi saja.. Dan sering kali jg tidak bergerak.. Di gimbal terdengar bunyi gemericik.. Kira2 knp ya..? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunyi gemericik artinya ada yang kurang persisi ketika pemasangannya.. kemungkinan seperti itu mas gan..atau bisa juga motor pada gimbal malah bermasalah...

      Hapus
  17. Gan minta masukan nya , phantom 3 standar ada notifikasi gyroscoope malfunction , apakah dari board nya atau dari kabel fleksibelnya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah gyroscope artinya di boardnya gan.. Kalo kabel Flexibel hubungannya dengan kamera dan FPV

      Hapus
  18. Gan drone saya tidak mau connect ke remote nya itu gimana ya...
    Saya harus gimana biar bisa connect lagi..... Mohon bantuannya...

    BalasHapus
  19. Gan drone saya tidak mau connect ke remote nya itu gimana ya...
    Saya harus gimana biar bisa connect lagi.... mohon bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di ikuti tuorial di youtube "how to reset drone dji phantom 3" agan coba riset wifinya agar bisa di binding ulang

      Hapus
  20. Tapi saya tidak ada gimbal camera nya nggak papa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah menemui kasus seperti itu.. tapi setau saya tidak jadi masalah mungkin cuma FPV nya yang tidak ada..

      Hapus
  21. Tapi saya udah coba nih tetap nggak bisa connect gimana ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oia drone mas gan P3 ya?? saya baru ingat kalo drone yang bisa terbang tanpa gimbal yaitu Phantom 2 sama 1.. harus ada gimbal kameranya mas gan..

      Hapus
  22. Lo biasanya bisa indikator merah jadi hijau tapi ini gak berubah2 terus lampunya kedip cepat apanya ya

    BalasHapus
  23. Maas .numpang tanya ni .drone saya merek mjx 3 pro .permasalahan nya dia tidak bisa terbang jauh terbang lebih dari 20 meter sinyal di transmiter hilang .dan otomatis RTH om. Apa permasalahan nya ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba HP lain? bisa jadi GPS nya eror coba kalibarsi ulang

      Hapus
  24. Bos , tolong sya , indikator remot dji p3s sya nyala merah trus ngak bisa ke hijao

    BalasHapus
    Balasan
    1. berati GPS tidak Lock.. artinya mas harus kalibrasi IMU atau kalibrasi kompas.. bila tetap hal tersebut terjadi.. coba terbangkan di lokasi lain.. apabila masih juga artinya mas harus ke tukang servis untuk servis masalah GPS nya..

      Hapus
  25. Hallo Gan,P3 standard habis jatuh ketinggian 1,2 m lampu2 pada nyala dan batre dioff langsung, besoknya dinyalakan kembali tapi lampu merah nyala terus tanpa kedip dan motor/dinamo ngga maun distarter (baling2 diam semua). Barangkali ada pencerahan, jika harus restart pesawatnya mohon arahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada masalah di motornya mas.. sensor Dji mendetekksi adanya kerusakan pada motor sehingga dia tidak mau di terbangkan.. coba di cek lagi apa masalahnya di aplikasi Dji Go nya ( konekan dengan hp dan drone).. biasanya masalah drone tertera di situ.

      Hapus
  26. gan mohon dibantu, saya punya masalah di drone Phantom 3 pro, drone nya sudah lama gak di pake, begitu mau di pake kok layarnya cuma hitam gak ada muncul gambarnya, kira2 kenapa ya gan?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan fleksibel gimball bermasalah..
      apa kotor atau ada yang telipat..
      Karena layar hitam itu cuma 2 kemungkinan..
      -Fleksibel nya kena..
      -Atau kameranya rusak..

      Atau bisa coba ganti HP yang lain lalu mas bisa adjast gimbalnya atau kalibrasi IMU siapa tau bisa

      Hapus