Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah - Bagaikan itik yang berubah menjadi putri cantik, itulah gambaran dari drone terbaru produsen Bayangtoys. Karena berhasil mengeluarkan seri terbarunya yaitu Bayangtoys X21 merupakan drone upgrade dari Bayangtoys X16.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah


Banyak sekali perubahan Bayangtoys X21 dari seri sebelumnya, walaupun kelihatannya tidak ada perubahan dari sisi desain. Dimana bentuk dari desain drone ini masih nampak terlihat sama dengan X16 yang membedakan hanyalah warna drone Bayangtoys X21 yang menggunakan warna hitam pekat.

Salah satu kelemahan dari drone warna hitam adalah, dimana sisi panas dari matahari akan membuat suhu dari dalam drone akan panas. Tapi dari sisi visual, dengan menggunakan drone warna hitam, akan jelas kelihatan walau dalam kondisi jauh.

Mengulas Drone Bayangtoys X21 Dengan Fitur Lebih Lengkap


Kami akan mengulas drone bayangtoys X21 berdasarkan pengalaman pilot dari sumber youtube dan refrensi lainnya, dimana akan kami ulas kelebihan dan kelemahan drone ini. Apakah memang drone Bayangtoys X21 merupakan drone yang jajarannya termasuk drone professional atau kelasnya masih toys.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah



Karena memang untuk drone brushless murah dan berkualitas masih jarang muncul, dan cenderung yang hadir adalah drone dengan harga yang rata-rata diatas 7 Juta. Seperti Dji Spark, Xiaomi Mi Drone, dan Xiro Xplorer 4K. Dan berikut review drone Bayangtous X21, drone brushless murah dengan fitur lebih lengkap dari seri sebelumnya.

Baca Lagi : 10 Drone Professional Lama Terbaik Dengan Harga Murah

1# Desain Drone Bayangtoys X21


Dengan menggunakan warna hitam, desain drone Bayangtoys terlihat garang dan elegan. Untuk ukurannya sendiri berkisar 29 Cm x 29 Cm dengan tinggi 22 Cm, sudah termasuk drone dengan ukuran besar. Drone ini sudah dilengkapi motor brushless, serta dual GPS yang membuat drone banyangtoys X21 tangguh di udara.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Bayangtoys X21 Dengan Material ABS PIC : AndyRC Channel Youtube


Tidak main-main, produsen bayangtoys juga menambahkan kamera full HD lengkap yang bisa terkoneksi melalui ponsel android maupun IOS anda. Memang upgrade besar-besaran yang dilakukan menjawab keraguan konsumen terhadap drone sebelumnya yang memang belum bisa terpuaskan.


Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Dengan Motor Brushless Sangat Stabil di Udara

Pada iklan Bayangtoys X21 menyebutkan terdapat gimbal yang menopang kamera Full HD drone ini, tapi nyatanya gimbal yang dimaksud hanya merupakan mounting kamera biasa dan tidak terdapat gimbal brushless seperti drone professional lainnya.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Adanya Layar LCD Informasi Kondisi Drone Bayangtoys X21


Paling menarik adalah, Desain dari remot control drone bayangtoys X16 yang sudah dilengkapi monitor telematry, sehingga anda bisa melihat kondisi drone sepenuhnya. Seperti melihat berapa ketinggian dan drone dalam kecepatan berapa. Hal ini merupakan inovasi bagus, untuk drone dengan harga terjangkau.

2# Ketahanan Baterai Bayangtoys X21


Kapasitas baterai dari drone Bayangtoys X21 sebesar 2200 mAh dengan jenis 3S 11.1 Volt, dimana mampu bertahan selama 18 Menit. Namun kenyataannya bisa sampai 12 menit saja tergantung dari kondisi cuaca, apakah banyak angin yang membuat motor brushless bekerja keras atau tidak ada angin yang membuat baterai drone lebih tahan lama.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah


Sayangnya koneksi baterai dari drone ini berjenis banana plug, hampir sama dengan drone syma seri X8. Sehingga diperlukannya upgrade pada jenis konektor tersebut ke jenis T60 agar bisa menggunakan baterai merek lain yang berkapasitas lebih besar.

Kelemahan dari baterai drone dari Bayangtoys X21 dimana memerlukan waktu yang cukup lama bila di charge sekitar 210 menit atau sekitar 3.5 Jam. Tapi hal tersebut dilakukan apabila menggunakan charger bawaan, kami sarankan untuk menggunakan charger digital agar lebih cepat dan lebih aman.

Baca lagi : 5 Daftar Charger Baterai Lipo Terbaik Untuk Drone

3# Performa Terbang Drone Bayangtoys X21


Ketika pertama kali diterbangkan, drone Bayangtoys X21 sangat stabil di udara. Namun entah mengapa drone ini sedikit lambat dan tidak responsif dalam merespon perintah dari remot control yang digunakan. Ketika menaikan throtlle, maka drone akan delay sekitar 1 detik untuk merespon perintah tersebut.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Bayangtoys X21 di Terbangkan Pic : RC Grup


Tapi walaupun terdapat delay ketika merespon perintah remot control, drone ini sangat persisi dengan GPS yang tertanam. Lagi-lagi, produsen bayangtoys mengatakan bahwa terdapat dual GPS namun kenyataannya GPS yang terpasang hanya 1 buah saja.

Menariknya, GPS dari drone Bayangtoys X21 bekerja dengan baik serta bisa menjalankan berbagai fitur seperti Altitude Hold, Return to home, follow me, dan orbit. Untuk Fitur Follow me, dimana drone akan mengikuti arah dari remot control yang anda gunakan kemanapun anda pergi.Untuk fitur orbit, dimana drone Bayangtoys X21 bisa berputar sempurna mengitari object layaknya drone professional.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Follow Me Berjalan Sempurna PIC : Drone Cintron Via Youtube

 
Kemudian untuk jarak terbang, drone Bayangtoys X21 mampu terbang sejauh 300 meter. ketika mencoba terbang sejauh 300 meter maka drone akan melakukan RTH dengan sendirinya yang artinya drone sudah kehilangan kontak dari remot control. Jadi, untuk jarak maksimal drone hanya sampai 200 meter saja, dengan ketinggian aman sekitar 40 sampai 50 meter.


4# Hasil Kamera Drone Bayangtoys X21


Pada sektor kamera dimana paling mengecewakan bagi kami, karena hasil video FPV tertutup dengan landing skid drone Bayangtoys X21. Apakah memang dari desainnya seperti itu atau bisa diset agar bisa terlihat jelas video FPV tanpa adanya landing skid yang terekam.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah


Untuk bisa mengatasi kondisi kamera yang tertutup landing skid, anda bisa memodifikasi kamera dengan menambah aksesoris engsel mounting pada bagian bawah drone sehinga kamera drone Bayangtoys X21 bisa di set maju kedepan dan tidak lagi terhalang oleh landing skid pada drone. Atau anda bisa mengganti landing skid dengan landing milik DJI F450.

Untuk kemampuan FPV, dimana video live FPV kamera drone Bayangtoys X21 hanya bisa mencapai 50 sampai dengan 100 meter. Padahal, sistem FPV katanya sudah menggunakan frekuensi 5.8 Ghz. Menurut forum RC Grup mengatakan bahwa, kemungkinan jalur sumber power yang menyatu dan tidak terpisah dari sinyal frekuensi 2,4 Ghz, membuat gambar FPV pada drone menjadi terganggu dan tidak bisa jauh.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Hasil Kamera Drone Bayangtoys X21 Pic: AndyRC Via Youtube


Hasil kamera menurut kami sudah cukup baik apabila di set 720P dengan 60 Fps, walaupun tidak begitu bagus seperti action cam Xiaomi Yi. Tapi sangat disayangakan adalah, hasil video masih nampak goyang akibat getaran dari drone Bayangtooys X21. Berikut contoh hasil video dari Chaneel youtube Akbar Wibi.S





5# Kesimpulan Drone Bayangtoys X21


Drone Bayangtoys X21 hadir sebagai penyempurna dari seri sebelumnya, namun ada banyak kekurangan dari drone ini. Seperti kamera FPV yang tidak bisa jauh dalam memonitor video secara langsung, dan drone tidak responsif dengan cepat perintah yang dilakukan, dan landing skid yang menghalangi kamera bawaan dalam merekam video.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Drone Murah Dengan GPS Tebraik Namun Kamera FPV Belum Maksimal


Sehingga, Kesimpulan kami adalah, drone Bayangtoys X21 tidak bisa dianggap setara dengan drone professional. Karena, drone ini masih masuk dalam kategori drone mainan dengan ukuran besar. Tapi, kekurangan-kekurangan yang ada di Bayangtoys X21 masih bisa diatasi dengan melakukan upgrade pada beberapa bagian.

Tapi kelebihan yang ditunjukan dari drone ini adalah, kualitas GPS yang memang luar biasa untuk menjalankan berbagai fitur seperti follow me, orbit, dan Return to home tidak ada masalah sama sekali. Bahkan Altitude hold juga sangat stabil dan mengunci di udara dengan akurat.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Gps Yang di Gunakan Drone Bayangtoys X21

Dibendrol dengan harga $ 194 dari situs gearbest, atau sekitar Rp 2.700.000,- dan harga bisa menjadi Rp 3.100.000,- apabila sudah masuk Indonesia. Menurut kami harga yang pantas untuk bisa mendapatkan drone dengan motor brushless serta sudah dilengkapi fitur GPS membuat nyaman diterbangkan di udara tanpa takut fly away.


Cara Agar Drone Bayangtoys X21 Menjadi Drone Professional



Agar drone Bayangtoys X21 bisa menjadi salah satu drone professional adalah melakukan sejumlah upgrade pada sektor kamera, gimbal, landing skid, serta baterai. Dimana fitur tersebut merupakan kelemahan dari drone ini.

Pertama adalah melakukan upgrade pada landing skid, dimana anda wajib mengganti landing skid dengan landing Dji F450 yang lebih lebar. Sehingga hasil kamera akan lebih bagus dilihat serta menghasilkan sudut yang bagus.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Menambahkan Gimbal Serta Mengganti Kamera PIC : Drone Cintron


Kemudian adalah mengganti kabel power banana plug dengan XT60, sehingga anda bisa menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar seperti baterai lipo dari CX-20 yang berkapasitas 2700 mAh.

Anda bisa menambahkan baterai mini 2S atau 3S dengan kapasitas 1000 mAh yang diletakan pada bagian bawah body drone, sehingga bisa ditambahkan kabel FPV serta kabel power motor gimbal 2D. Serta mengganti kamera bawaan dengan action cam Xiomi Yi atau Sjcam yang bisa menggunakan perangkat FPV set.

Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah
Menambahkan Baterai Lipo Untuk Power Gimbal PIC : Drone Cintron


Untuk bisa melakukan upgrade, maka diperlukannya dana sekitar Rp 3.000.000,- untuk membeli kamera action cam, landing skid Dji F450, gimbal 2D, serta FPV set lengkap dengan baterai baru. Sehingga total keseluruhan biaya untuk dapat menjadikan drone Bayangtoys X21 menjadi drone professional berjumlah Rp 6.000.000,-.

Harga yang cukup mahal, dimana dengan harga segitu anda sudah bisa mendapatkan drone Dji Phantom 3 standar yang baru. Jadi, wajar saja apabila kami menyebutkan bahwa dorne Bayangtoys X21 masih belum layak menjadi drone professional, karena diperlukan upgrade dengan biaya yang cukup besar untuk menjadikan drone ini sempurna.

Demikian ulsan kami tentang drone Bayangtoys X21, semoga bermanfaat untuk anda sebagai informasi dan bahan pertimbangan dalam membeli drone ini. Apabila terdapat pertanyaan bisa langsung komentar pada kolom dibawah ini, terima kasih.

Baca Lagi : Review Drone Chresson CX-20 Drone Brushless Harga Miring

8 komentar untuk "Bayangtoys X21 Drone Brushless Terbaru Dengan Harga Murah"

  1. Gan drone bayangtoys x21 sama mjx b2w secara keseluruhan bagusan mana ya ? Dari aspek kestabilan dan lainnya ??

    BalasHapus
  2. Kalo sama mjx bugs 2 bagus mana?

    BalasHapus
  3. Cara ngecek secara fisik untuk membedakan versi single gps dengan dual gps gimana min? Secara tampilannya sama.

    BalasHapus
  4. Gan mohon info drone brushless dgn dual GPS yg mumpuni & harga terjangkau...
    Thanx sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk MJX rata-rata memiliki GPS.. tapi tidak dual GPS.. dan bisa menjadi pilihan mas gan karena harganya juga terjangkau untuk drone GPS terutama merek B2w

      Hapus
  5. Gan mohon info drone blushless dgn dual GPS yg mumpuni & harga terjangkau...
    Thanx sebelumnya...

    BalasHapus
  6. Gan...
    Ane punya B X21 tp dari awal beli kok ga mau konek ya kameranya ke HP ane
    Hp samsung galaxi 7 prime

    BalasHapus