Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traveler

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traveler - Pada masa sekarang kegiatan traivel menjadi salah satu agenda wajib yang bisanya orang-orang lakukan setiap tahunnya. Jadi, dalam mengabadikan setiap moment ke social media dibutuhkan kamera yang canggih serta drone dengan fitur yang mampuni.  Terdapat 2 drone yang biasanya digunakan para traveler, yaitu Dji Mavic Pro dan Dji Spark. Dan pertanyaannya, yang manakah yang terbaik dari kedua drone ini.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Kedua drone ini sama-sama memiliki ukuran yang kecil, walaupun Dji Spark tentu lebih kecil. Namun keduanya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Dan kami akan ulas secara lengkap disini. Karena kedua drone ini, menjadi primadona dan membuat binggung banyak orang yang ingin membeli drone untuk keperluan traivel.

Baca Lagi : Persaingan Drone Premium Dji Phantom 4 Vs Mavic Vs Gopro Karma

Perbedaan Dari Dji Mavic Pro Dengan Dji Spark


1# Desain Drone


Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler
Perbandingan Desain Dji Mavic Pro Dengan Dji Spark PIC : MyFirstDrone


Dji Mavic Pro, memiliki desain lipat atau foldable Dji Mavic Pro memang di rancang untuk traveler. Dimana berukuran 14 Cm X 5 Cm apabila dilipat, dan ketika di buka armnya maka berukuran 30 Cm x 27 Cm. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, drone ini sangat praktis apabila anda bawa sehari-hari dan bobotnya juga ringan hanya 734 Gram.

Dji Spark, memiliki desain yang sangat mini drone Dji Spark merupakan drone paling kecil yang diproduksi oleh produsen Dji. Dengan ukuran 8 Cm x 8 Cm, drone sekecil ini memiliki kemampuan yang hampir sama dengan Dji Mavic Pro. Bahkan Desain dari drone Dji Spark sangat colorfull dan menarik.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Untuk Desain, yang terbaik adalah Dji Spark. Dimana drone ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan sangat mudah untuk dibawa. Memang Dji Mavic Pro juga memiliki ukuran yang kecil, namun dari segi desain Dji Spark sangat menarik dan colorfull ketimbang Dji Mavic Pro yang terlihat kaku namun elegan.


2# Desain Remot Control Dan Jarak Terbang


Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler
Perbedaan Controller Dji Mavic Pro Dan Dji Spark 

Dji Mavic Pro, memiliki desan remot yang sangat kecil kadang menyulitkan anda yang memiliki tangan besar. Ditambah lagi baterai remot yang boros, dimana ketahanannya hanya bisa digunakan sebanyak 4 kali saja. Untuk jarak remot control Dji Mavic Pro mampu menangkap sinyal drone sampai dengan 7 Km. Tapi, Remot Control dari Dji Mavic Pro memiliki layar kecil yang menampilkan kondisi real time dari drone Dji Mavic Ketika Terbang.

Dji Spark, untuk drone ini dimana menggunakan 2 pilihan yaitu menggunakan smartphone atau menggunakan remot control yang desainnya mirip dengan Dji Mavic Pro. Tentu, apabila anda tidak mau repot membawa remot anda bisa menggunakan smartphone. Namun apabila anda ingin menerbangkan Dji Spark dengan jarak jauh bisa menggunakan remot control yang jaraknya bisa mencapai 2 Km saja.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Untuk Desain Remot Control, yang terbaik adalah milik Dji Mavic Pro karena remot tersebut sangat baik dalam penerimaan sinyal dimana mampu menangkap sinyal drone Dji Mavic sejauh 7 Km. Serta adanya layar monitor kecil menampilkan data dari drone. Ditambah lagi banyaknya aksesoris yang dijual untuk remot Dji Mavic Pro agar nyaman digunakan. 


3# Ketahanan Baterai


Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Dji Mavic Pro, memiliki baterai dengan kapasitas mampuni yaitu 3830 mAh dimana mampu bertahan selama 27 menit. Namun aktual biasanya 25 menit, termasuk salah satu drone dengan waktu terbang terlama. Apalagi bila memiliki beberapa baterai cadangan maka waktu terbang didapat bisa sampai 1 jam lamanya.

Dji Spark, memiliki baterai dengan kapasitas 1480 mAh dimana mampu bertahan selama 16 menit. Namun aktual biasanya mencapai 14 menit saja. Hal ini disebabkan ukuran drone yang kecil, sehingga kapasitas baterai tidak bisa besar. Namun kelebihan dari baterai Dji Spark bisa di Charge dengan powerbank smartphone.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Untuk Ketahanan Baterai, Yang terbaik adalah milik Dji Mavic Pro. Sangat jelas kenapa baterai ini menjadi yang terbaik. Karena ketahanan baterai yang kuat memberikan waktu terbang yang sangat panjang sekitar 25 menit. Tentu anda akan sangat puas dengan memiliki drone dengan waktu terbang yang lama. Dimana memudahkan anda mengambil gambar dan video dengan lengkap.

4# Performa Terbang


Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Dji Mavic Pro, memiliki 5 vision sensor obstacle yang memberikan anda kemudahan dalam menerbangkan drone tanpa harus takut menabrak sesuatu, drone Dji Mavic Pro merupakan salah satu drone terbaik dalam urusan performa terbang. Selain sangat stabil drone ini memiliki kecepatan yang cukup tinggi pada mode sport atau sekitar 60 Km/Jam.

Dji Spark, untuk performa terbang drone Dji Spark yang terbaik dalam kelas drone mini. Karena dengan ukuran yang kecil drone ini setara dengan drone professional lainnya dan sudah ada sensor obstacle. Bahkan drone ini juga memiliki mode sport layaknya drone Dji Mavic Pro namun kecepatannya hanya 31 mph atau 49 Km/Jam.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler
Ukuran Mini Namun Terbang Powerfull

Untuk Performa Terbang, kedua drone ini memiliki kemampuan terbang yang sangat baik dan sangat mudah untuk dikendalikan. Namun untuk yang terbaik kami memilih Dji Spark, karena ukuran drone yang mini mampu terbang dengan baik serta sudah memiliki sensor obstacle yang mampu menghindari object yang menghalang.

5# Fitur Unggulan


Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Dji Mavic Pro, memiliki banyak fitur mampuni seperti Fly Future dimana drone mampu terbang sejauh 7 Km dengan Live Streaming video HD dengan baik secara real time. Kemudian adanya fitur lainnya yaitu Photos with altitude, Active Track, TapFly, dan Terrain Follow. Salah satu fitur unggulan dari Dji Mavic Pro adalah adanya teknologi OcuSync, yang merupakan teknologi live HD tidak terputus walaupun drone terbang dengan jauh.

Dji Spark, memiliki fitur yang berbeda dari Dji Mavic Pro dimana fitur Dji Spark lebih banyak ke pengguna yang suka dengan selfie. Salah satu fitur paling baru dari Dji Spark adalah Palm Control yaitu mengendalikan drone dengan tangan. Serta adanya mode Penerbangan yang cukup futuristik yaitu Rocket, Dronie, Cricle, Helix yang akan memberikan angel video drone yang unik.


Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler
Palm Control Fitur Futuristik Dari Dji

Untuk Fitur Unggulan, Kedua drone memiliki kelebihan masing-masing. Dji Mavic memiliki fitur OcuSync yang lebih mengarah ke tampilan live HD streaming sedangkan Dji Spark lebih kearah user experience yang memberikan kemudahan dalam menerbangkan drone dan menurut kami yang terbaik adalah Dji Spark karena dari segi fitur sudah hampir sama dengan Dji Mavic bahkan lebih beragam dan lengkap walaupun tidak ada fitur OcuSync.

6# Kualitas Kamera

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Dji Mavic Pro, Untuk di sektor kamera Dji Mavic Pro memiliki kamera drone 12 MP dengan video 4K Ultra HD dengan 30 Fps. Dan hasil gambar dan video drone Dji Mavic sudah sangat baik dan lebih berwarna karena kerapatan sensor dari kamera Dji Mavic sudah setara dengan kamera DSLR professional. Dan untuk pengambilan gambar dan video dengan kondisi minim cahaya, Dji Mavic pro masih bisa mengambil gambar maupun video dengan baik.

Dji Spark, Pada sektor kamera Dji Spark memiliki resolusi kamera yang sama yaitu 12 MP namun untuk ukuran video hanya beresolusi 1080 atau Full HD dengan 60 FPS. Untuk kualitas kamera, Dji Spark terlihat gambar dan video sedikit lebih terang dan cenderung pucat namun masih nyaman dilihat. Tapi untuk kondisi minim cahaya, Kamera Dji Spark kurang memperlihatkan detail yang bagus sehingga hasil foto maupun video cenderung gelap.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler
Hasil Foto Udara Dji Mavic Pro Pada Malam Hari PIC Mavic Pilot

Untuk Kualitas Kamera, Yang terbaik adalah Dji Mavic Pro. Hal ini disebabkan adalah kualitas kamera Ultra HD dengan 30 Fps menjadikan drone Dji Mavic Pro sulit untuk ditandingi kameranya. Selain itu, kamera dari drone ini memberikan detail serta perwarnaan yang natural. Dan yang paling baik adalah mampu memberikan foto terbaik dalam kondisi kurang cahaya.

7# Kemudahan di Bawa Traivel


Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Dji Mavic Pro, untuk membawa drone ini traivel sangat simple. Cukup anda masukan saja didalam tas bahkan tanpa tempat pun drone ini juga bisa dibawa dengan baik. Desain lipat dari drone ini sangat memudahkan anda membawa drone ini kemanapun anda berada. Namun kelemahannya adalah, propeller yang bisa berpotensi bengkok apabila ditaruh di sembarang tempat contohnya di tas ransel.

Dji Spark, dengan Ukurannya yang kecil drone ini sangat mudah dibawa kemanapun. Bahkan bisa masuk kantong jaket anda yang berukuran besar. Bahkan untuk tempat menaruh drone ini juga bisa menggunakan kotak tempat makan. Namun sama seperti mavic, dimana apabila ditaruh pada sembarang tempat bisa menyebabkan bengkok pada propeller.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler
Dji Spark Dengan Ukuran Mini Dapat Masuk Kantong Baju Atau Jaket

Untuk Kemudahan di Bawa Traivel, yang terbaik adalah Dji Spark hal ini disebabkan ukurannya yang kecil sangat mudah dibawa kemanapun anda berada. Bahkan anda tidak perlu remot control dalam menerbangkan drone ini cukup dengan smartphone saja serta bisa masuk kantong. Dibanding dengan Dji Mavic Pro yang masih membutuhkan sebuah tas.

Baca Lagi : 10 Aksesoris Terbaik Untuk Drone Dji Mavic Pro

8# Kesimpulan Dan Perbandingan Harga


Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Dji Mavic Pro, kesimpulan untuk drone ini adalah dimana Dji Mavic Pro lebih cocok untuk para professional di bidang fotografi dan pekerjaan yang tidak mau repot membawa drone yang berukuran besar. Terbukti dari kamera yang sangat mampuni dan jarak terbang yang jauh membuat drone ini sangat powerfull namun harganya juga cukup mahal yaitu sekitar Rp 14.000.000,-.

Dji Spark, Kesimpulan untuk drone ini adalah dimana Dji Spark lebih menekankan user experience kepada konsumen. Dimana lebih mudah digunakan serta banyak fitur untuk mengabadikan gambar selfie. Serta harga drone ini lebih terjangkau yaitu sekitar Rp 7.400.000,-. Untuk kemampuan terbang juga tidak jauh berbeda dari Dji Mavic Pro.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler
Drone Professional Dengan Harga Paling Terjangkau PIC Pocket-lint


Dari sektor harga juga drone Dji Spark memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 7.400.000,- dimana dijual tanpa remot control. Sehingga drone ini tidak bisa terbang jauh atau hanya bisa terbang sejauh 100 meter. Namun untuk para traveler, yang terpenting adalah bisa mengambil gambar dari tempat tinggi sudah lebih dari cukup dan hasilnya juga sangat bagus untuk dibagikan pada social media. 

Baca Lagi : Harga Drone Dji Paling Terupdate 

Jadi Drone Manakan Yang Terbaik Untuk Traveler


Menurut kami Dji Spark adalah drone yang sangat cocok untuk para traveler dan juga vloger. Alasan kami memilih drone ini adalah user experience yang ditawarkan oleh drone ini membuat anda mudah mengabadikan momen di setiap tempat wisata yang anda kunjungi. Walaupun kamera pada drone ini masih lebih baik Dji Mavic Pro, tapi tidak berpengaruh secara signifikan. Karena hasil kamera kedua drone sudah sangat baik.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Satu hal yang menjadi point utama mengapa kami lebih memilih Dji Spark adalah desain yang mini hanya sekitar 8 Cm x 8 Cm saja. Tentu akan memudahkan anda membawa drone ini tanpa harus repot, karena kita tau bahwa ketika traivel terkadang barang bawaan yang dibawa cukup banyak dan merepotkan. Dan dengan adanya Dji Spark yang berukuran kecil sangat mudah untuk dibawa, dan bisa masuk kedalam tas kecil ketimbang drone Dji Mavic Pro yang ukurannya masih lumayan besar.

Dalam sektor penggunaanya juga cukup mudah, dibanding dengan anda membawa drone Dji Mavic Pro. Karena dengan Dji Spark cukup anda memegang drone pada tangan anda, kemudian drone akan mengenali wajah anda dan anda akan mudah mengendalikan drone hanya dengan gerakan tangan anda saja.

Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traiveler


Selain itu, Dji Spark juga tidak terlalu mencolok dan terlihat seperti drone mainan bagi orang yang tidak mengetahui drone. Karena berukuran kecil, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk menerbangkan drone ini di tempat-tempat wisata. Namun kami lebih menyarankan agar anda mematuhi peraturan yang ada ditempat wisata yang anda kunjungi. Apakah memang bisa menerbangkan drone atau tidak.

Baca Lagi : 5 Aksesoris Terbaik Untuk Drone Dji Spark

Demikian hasil ulasan kami tentang drone manakah yang terbaik untuk traveler Dji Mavic Pro atau Dji Spark. yang dimana kami ulas untuk anda yang masih binggung menentukan pilihan. Dan terima kasih bagi anda semua yang setia membaca blog ini. jangan lupa untuk di share apabila artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traveler"