Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji

Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji - Baterai merupakan komponen penting agar bisa menerbangkan drone dengan lancar, bisa anda banyangkan apabila drone anda mengalami kegagalan sistem pada baterai atau kehabisan daya. Maka dipastikan drone akan crash dan mengalami kerusakan yang berat, gara-gara hanya tidak memperhatikan dan merawat kondisi baterai dengan benar.

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji


Khusus untuk Baterai Dji yang digunakan pada drone Dji, yaitu merupakan baterai dengan kemampuan cerdas atau bernama  Intelligent Flight Baterai. Merupakan baterai khusus yang digunakan pada drone Dji seperi Dji Phantom Series,mavic, maupun spark.

Dimana untuk penanganannya harus extra diperhatikan agar baterai tersebut awet dan tahan lama. Penting sekali agar anda merawat  baterai keluaran Dji ini, karena selain harganya cukup mahal baterai ini merupakan nyawa penting agar drone tetap terbang dengan aman. Berikut tips dari kami untuk cara merawat Intelligent Flight Baterai Dji, yang bisa anda lakukan dengan mudah.

1# Isi Penuh Baterai Dji Sebelum di Terbangkan

Kebanyakan orang, terkadang tidak sabar menunggu baterai drone sampai terisi penuh. Apalagi bila sudah buru-buru atau lupa charge ketika mau menerbangkan drone. Hal ini dapat membahayakan isi dari baterai drone. Karena, ketika melakukan charge pada baterai Dji dimana kebutuhan setiap cell voltase harus terpenuhi semuanya secara maksimal.

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji


Bayangkan apabila anda baru charge baterai dapatnya baru 75 % langsung anda cabut, maka beresiko jumlah voltase setiap cell pada baterai lipo tidak seimbang. Tentu bisa membuat eror pada baterai yang sejatinya harus full dalam melakukan charge agar voltase baterai lipo dapat seimbang.

2# Jangan Melakukan Charge Baterai Dalam Kondisi Panas

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji


Jangan pernah melakukan charge pada baterai yang baru digunakan, karena suhu baterai setelah digunakan cukup panas. Dan apabila anda tetap memaksakan melakukan charge pada baterai dalam kondisi panas akan menyebabkan baterai menjadi mengelembung dan berpotensi meledak.

3# Jangan Melakukan Charge di Tempat Suhu Ruangan Yang Panas

Selain tidak boleh melakukan charge baterai dalam kondisi panas, suhu ruangan tempat anda melakukan charge juga harus diperhatikan. Dimana anda, tidak boleh melakukan charge di tempat yang memiliki suhu tinggi. Karena, dengan suhu yang tinggi membuat baterai cepat rusak serta mengalami kerusakan pada cell baterai.

4# Gunakan Stabilizer Agar Pengisian Daya Baterai Aman

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji


Kondisi listrik yang tidak stabil juga dapat membuat baterai drone Dji bisa rusak, pastikan untuk chrage baterai dalam kondisi listrik yang sedang stabil dan listrik tidak sedang naik turun. Agar aman, gunakan stabilizer listrik agar memberikan proteksi terhadap listrik yang masuk untuk baterai lipo Dji.

5# Jangan Langsung Melepas Baterai Lipo Ketika Drone Masih Hidup

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji


Kebanyakan orang sering lupa, dimana suka langsung melepas baterai lipo drone Dji ketika unit drone masih hidup. Tentu hal inilah yang membuat baterai pada drone rusak, serta dapat meyebabkan konsleting ketika drone di hidupkan kembali. Hindari hal ini agar baterai lipo Dji anda awet, matikan terlebih dahulu unit drone baru anda bisa melepas unit baterai.


6# Jaga Baterai Lipo Dji Jangan Sampai Terbentur

Penting sekali agar menjaga dengan baik kondisi baterai Dji yang memang sedikit sensitif penanganannya. Dimana anda tidak boleh menjatuhkan baterai dan terbentur dengan keras, karena akan berpotensi mengalami kebocoran pada baterai lipo. Untuk itu jagalah dengan baik baterai drone untuk drone Dji anda agar tidak terbentur dan tidak terjatuh.

7# Jangan Terbangkan Drone Dekat Dengan Api Atau Suhu Panas

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji


Hindari menerbangkan drone di siang hari dengan kondisi sangat panas dan matahari sangat terik, karena suhu panas pada drone dapat membuat baterai drone cepat drop. Dan hindari juga terbang terlalu dekat pada lokasi yang terdapat api atau kawah panas, karena akan membuat baterai pada drone dapat meledak.

8# Simpan Baterai Dengan Kondisi  50 % Terisi

Mungkin pada point ini merupakan salah satu kondisi yang paling sulit dilakukan dan dilupakan oleh banyak orang yang memiliki drone Dji. Yaitu terkadang cuek dan tidak mempedulikan berapa baterai yang disimpan ketika baterai drone tidak digunakan dalam waktu lama. Dimana anda bisa melakukan discharge pada baterai lipo Dji.

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji


Penting sekali agar anda menjaga kondisi baterai lipo Dji anda agar tetap prima dengan menyimpan baterai drone dalam kondisi 50 % terisi. Jangan pernah membiarkan drone terisi penuh dalam waktu lama dan kondisi kosong dalam waktu lama, karena akan hanya membuat drone rusak dan cepat menggelembung.


9# Jangan Gunakan Lagi Apabila Baterai Sudah Menggelembung

Kondisi baterai Intelligent Flight Baterai Dji apabila sudah menggelembung artinya baterai sudah mengalami kerusakan pada cell baterai tersebut. Jadi, mau tidak mau anda harus mengganti baterai drone tersebut dengan baterai yang baru. Dan jangan paksakan baterai lipo yang sudah menggelembung digunakan pada unit drone, karena beresiko mengalami konslet dan menyebabkan unit drone crash.

10# Jangan Membeli Intelligent Flight Baterai Dji Dengan Kondisi Second

Pastikan untuk membeli unit baterai yang baru yaitu langsung membeli pada gerai drone Dji yang resmi dan terpercaya. Hindari membeli baterai drone dalam kondisi bekas atau second karena anda tidak tau bagiaman kondisi baterai tersebut sebelumnya. Jangan tergoda dengan barang yang murah, karena baterai lipo drone merupakan komponen paling penting untuk drone Dji itu sendiri.

11# Bersihkan Terminal Pada Baterai Lipo Dji

12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji


Terminal kuningan pada drone maupun baterai lipo DJI, juga harus anda perhatikan. Periksa kembali apakah kotor terlihat kehitaman atau masih bersih berwarna kuning cerah. Untuk perawatannya, anda bisa menggunakan carian pembersih atau alkohol.

12# Ganti Dengan Unit Baterai Lipo Baru Apabila Sudah 200 Kali digunakan

Apabila anda rasa sudah menggunakan baterai lipo Dji tersebut lebih dari 200 kali, lebih baik agar anda mengganti dengan baterai yang lebih baru. Agar drone anda tetap terjaga dan selalu aman apabila diterbangkan. Karena, usia pemakaian Lipo baterai dari pabrikan Dji menyarankan agar mengganti unit baterai apabila sudah digunakan lebih dari 200 kali pemakaian.

24 komentar untuk "12 Cara Merawat Intelligent Flight Baterai Dji"

  1. waktu charge baterai dji spark apa harus nunggu habis? apa masih 3 bar bisa di charge? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu menunggu habis,, malah hal tersebut yang membuat baterai drone menjadi low.. bila mau digunakan lagi bisa langsung di charge.. apabila tidak dipakai bisa menggunakan mode penyimpanan 50% kapasitas

      Hapus
  2. Gan kalo ngecasnya gak nyampe full terus dilanjut lagi besoknya ngecas nyampe full gimana?

    BalasHapus
  3. kalau bisa baterai di charge diselesaikan hingga selesai mas gan..

    BalasHapus
  4. Gan saya kan baru beli dji phantom 4 pro obsidian nah di awal saya charge batrenya indikasi lampunya gk nyala, apakah harus di charge lama atau ada indikasi kerusakan gan ?

    BalasHapus
  5. Gan saya kan baru beli dji phantom 4 pro obsidian nah di awal saya charge batrenya indikasi lampunya gk nyala, apakah harus di charge lama atau ada indikasi kerusakan gan ?

    BalasHapus
  6. cuba dulu baterainya di charge.. selama 2 jam.. lalu cek pada dronenya apakah lampu indikatornya berjumlah full Bar atau tidak..? intinya kalau masih bisa di charge tidak ada maslah..kemungkinan chargernya yang bermasalah

    BalasHapus
  7. Gan..apakah bisa pembeli komplain baterai dji P3 pro yg seken yang sdh beli sama kita dengan alasan baterainya drop krn terbang hanya 10mnt. Sementara diskripsi kita cantumkan cc10x.
    Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. resiko beli second memang gt mas harusnya mas lebih baik beli baru di tempat resmi ketimbang beli second dan tentunya bila memang mau beli second harus ada perjanjian di atas kertas atau istilahnya garansi pembelian bila terjadi drop atau eror bisa di tukar dengan yang bagus

      Hapus
  8. Kalau batre kita simpan kondisi full dalam beberapa hari berkurang ya gan apa betul? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti berkurang.. untuk itu lebih aman agar mengosongkan baterai bila tidak digunakan dalam waktu lama seperti 2 minggu atau 1 bulan.. saran saya adalah, bila anda selesai menerbangkan drone, lalu anda besoknya belum ada rencana mau terbang mending jangan ci charge dulu agar baterai lebih awet

      Hapus
  9. Untuk btrei dji p4 brp skrg min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekitar 2 jutaan tergantung selernya,, dan aturan bandara sekarang lebih diperketat dalam pembelian baterai jadi anda harus lebih berhati2 dalam memilih seller

      Hapus
  10. Bang..baterai dji sparak saya tidak saya gunakan selama semingguan, itu saya simpan di box nya bawaan yang dji spark yang gabus hitam itu..ini saya keluarkan tiba2 suhu baterai keduanya panas seperti habis di gunakan..dan berkurang 1 bar masing2 baterainya..sebelumnya aku charge penuh..kenapa ya bang? Mohon petunjuknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bisa jangan dalam kondisi di charge ketika tidak di pakai.. atau kapasitasnya hanya 40-50% saja bila ingin disimpan.. bila mau terbang baru di caharge

      Hapus
  11. Gimana cara setting mode 50%?, apa dilakukan secara manual atau bisa dilakukan dengan setting dgn sistem?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya setelah terbang.. kalo besok atau lusa tidak menerbangkan drone.. maka baterai drone tidak saya cahrge dan biarkan kosong saja

      Hapus
  12. bang, kalo drone dji phantom 4 tidak terbang untuk jangka waktu lama sekitar 4 sampai 6 bulan. selama penyimpanan 50% pasti baterai habis. itu dibiarkan saya baterainya habis atau dicas lagi baterainya walaupun tidak dipakai.

    BalasHapus
  13. bang, kalau drone dji phantom 4 tidak terbang selama 4 sampai 6 bulan. baterai 50% pasti berkurang abis, apakah baterai dibiarkan saja sampai abis atau dicas walaupun tidak digunakan.

    BalasHapus
  14. Mas mau tanya gimana ya cara ngecek kondisi fisik batre mavic 2 pro apakah sudah mulai kembung ??
    Berdasarkan fisiknya ya mas.
    Kalau phamtom kan bisa dilihat dari sela sela lubang pada batrai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo fisik jelas tidak bisa kita lihat karena lipo mavic 2 terdapat case yang melindungi baterai tersebut.. solusinya adalah, anda bisa cek sudah berapa kali digunakan baterai tersebut..karena umur baterai biasanya hanya bisa dipakai secara baik ketika sudah 80x penerbangan.. lebih dari itu performa baterai menurun dimana anda akan merasakan bahwa waktu terbang drone berkurang... apabila anda membeli baterai secara second, kami menyarankan untuk tidak membelinya.. karena kita tidak tau riwayat baterai tersebut, jadi lebih baik anda membeli baterai yang baru walapun mahal, tapi drone anda aman untuk di terbangkan..

      Hapus
  15. Bang izin bertanya, jika baterai drone tidak digunakan selama 7 bulan, jadi kapasitasnya itu di kosongkan saja hingga 0% ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ga masalah 0 perse atau sisakan 40 persen juga gpp mas gan

      Hapus