LANGIT KALTIM INDONESIA

Blog Foto Udara di Langit Kalimantan dan Mini Drone Race

Kamis, 17 Mei 2018

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara - Drone identik dengan sebuah binatang seperti burung, capungm bahkan kupu-kupu. Tapi bagaimana bila sebuah drone, terinspirasi dari sebuah kodok, dan mungkin hal ini lah yang membuat kami binggung. Karena drone terbaru dari Eachine yaitu Eachine Q90C merupakan drone mini race yang katanya menyerupai dengan seekor kodok yang suka terbang.


Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara

Tapi jangan diremehkan kemampuan dari drone Eachine Q90C, dimana produsen eachine mengatakan bahwa produk mini dronenya kali ini, merupakan produk drone yang jauh lebih baik dari Eachine E013 sang burung terbang. Dan kembali langit kaltim ingin membuktikan, apakah memang benar atau tidak drone Eachine Q90C adalah drone mini race terbaik dengan mengulasnya secara lengkap. Berikut ulasan kami berdasarkan pengalaman pilot drone yang sudah mencobanya.

Baca Juga : Review Eachine E012 si Burung Terbang Yang Lincah

Drone Race Eachine Q90C Kemampuan Luar Biasa Harga Murah Meriah


1# Desain Drone Eachine Q90C

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara


Drone Eachine Q90C ini memang sudah lama rilis, namun baru-baru ini sudah banyak yang jual di marketplace Indonesia. Bentuk desainnya berbentuk kodok dengan bahan plastik akrilik, sehingga sangat rentan pecah bila terbentur dengan keras. Jadi, bila anda merupakan pilot drone pemula harus lebih berhati-hati dalam menerbangkan drone ini, tapi di setiap propeller ada guard pelindung yang memberikan keamanan dari mini drone ini.

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara
Motor Coreless Yang Cukup PowerFull


Untuk ukurannya sendiri drone Eachine Q90C memiliki ukuran 10 CM x 10 Cm dengan tinggi 5 cm, dimana bodi drone ini berukuran lebih besar dari produk drone mini Eachine lainnya. Kemudian untuk motor yang digunakan masih menggunakan brushed coreless, namun sudah berjenis 8520 2S yang tenaganya sudah cukup powerfull.

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara
Desain Remot Q90C Yang Bagus Dan Solid


Yang menarik adalah bentuk remot control yang sangat berbeda dari biasanya, dimana eachine Q90C memiliki remot control yang besar layaknya drone professional. Walaupun bahan dari remot masi berupa plastik tipis, paling tidak sudah enak di genggam di tangan.

2# Baterai Drone Eachine Q90C

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara


Berbeda juga dari biasanya, baterai Lipo mini drone Eachine Q90C dimana menggunakan baterai lipo 2S berkapasitas 300 mAh 25C. Yang pastinya sangat mampu memberikan daya kepada 4 buah motor brushed dengan baik dan memberikan waktu terbang sekitar 6 menit. Dan menariknya, waktu pengisian baterai lipo ini hanya 1 jam.

3# Performa Terbang Eachine Q90C

Spesifikasi dari mini drone Eachine Q90C memang diperuntunkan untuk semi racing. Walaupun mini drone ini kelasnya masih mainan, tapi performa yang hadir pada drone ini sudah sangat mengagumkan. Hal ini bisa dilihat dari kecepatan drone Eachine Q90C dengan motor brushed coreless 8520 2S memberikan kecepatan hingga 20 km/Jam.

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara
Drone Eachine Q90C sangat Mudah diterbangkan di Luar Ruangan


Menariknya, drone Eachine Q90C sudah bisa di seting parameter PID pada laptop atau komputer anda. Sehingga anda bisa menjalankan mode arco pada drone ini, atau melakukan seting lainnya sesuai kebutuhan. Untuk lebih lengkapnya terdapat 3 mode terbang yang bisa anda pilih ketika menerbangkan drone Eachine Q90C Yaitu sebagai berikut :

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara
Dengan Mode Angel Akan Lebih Mudah Terbang di Indor Pic : Alishanmao


  • Angel Mode, pada mode ini sangat cocok untuk anda yang baru belajar menerbangkan drone karena pada mode ini drone akan sangat stabil dengan kecepatan rendah. 
  • Horizon Mode, pada mode ini dikhusus kan untuk anda yang sudah mahir menerbangkan mini drone karena kecepatan pada drone akan meningkat dan anda bisa melakukan gerakan arco pada drone Eachine Q90C ini.
  • Manual Mode, pada mode ini anda bisa menerbangkan drone dengan kecepatan tinggi mapun rendah tergantung dari setingan PID yang anda lakukan. 
Untuk jarak terbang, drone Eachine Q90C bisa mencapai hingga 120 meter. Untuk ukuran drone mini, jarak 120 meter merupakan jarak yang cukup jauh untuk drone sekelas Eachine Q90C. Dimana transmitter remot control drone ini bekerja cukup baik walapun intervensi signal wifi 2,4 ghz cukup tinggi.

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara
Terdapat Simulator Yang Memudahkan Anda Belajar Menerbangkan Drone


Yang berbeda dari drone mini lainnya adalah, adanya fitur drone simulator pada Eachine Q90C. Sehingga anda bisa belajar menerbangkan drone ini dalam berbagai mode, seperti mode Horizontal maupun Free Mode. Untuk menghubungkan drone Eachine Q90C, cukup anda hubungkan kabel USB pada mini drone ini dengan komputer atau laptop anda. Lalu anda bisa langsung mendownload aplikasinya yaitu FreeRider dan hubungkan dengan remot control drone Eachine Q90C.

4# Kamera Drone Eachine Q90C 

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara
Hasil Kamera indor PIC : Tazkiller85
Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara
Hasil Kamera Outdor Pic : Helicomicro videos


Kamera drone Eachine Q90C menggunakan jenis kamera mini 1/3 "CMOS  ukuran lensa 7mm dengan angel 110° Wide Angle. Yang hasilnya cukup memuaskan dan lumayan jernih untuk ukuran drone mini. Apabila anda membeli drone ini dengan paket Googles VR FPV, maka hasil gambar video yang dihasilkan sudah baik walaupun jarak terbang sudah lebih dari 50 meter.

5# Kesimpulan Drone Eachine Q90C

Kesimpulan langit kaltim untuk drone Eachine Q90C, cukup satu kata yaitu "Memuaskan". Dimana drone mini Eachine Q90C merupakan drone yang sangat paket lengkap, mulai dari kemampuan terbang yang sangat bagus, kamera FPV yang mantap, hingga fitur-fitur yang hadir juga sangat menarik. Tapi drone ini memang cocok untuk anda yang sudah pro dalam menerbangkan drone, karena terdapat beberapa kekurangan pada Eachine Q90C.

Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara
Paket Yang Anda Dapatkan dalam Pembelian Eachine Q90C Pic : First Quadcopter


Kelemahan dari drone ini adalah, bodi drone yang sangat rapuh dan mudah pecah, serta waktu terbang singkat hanya 6 menit membuat drone ini membutuhkan banyak baterai lipo 2S. Dan sayangnya, baterai drone Eachine Q90C sangat jarang dijual dipasaran. Dan hal inilah yang membuat drone Eachine Q90C terasa kurang sempurna. Ditambah lagi kecepatan pada drone, membuat anda harus berhati-hati untuk menerbangkan drone ini di dalam ruangan lantaran mudah crash.

Namun, bagi anda yang tidak mau keluar uang banyak dan tidak mau repot untuk merakit sebuah drone race mini. Jelas, drone Eachine Q90C ini menjadi pilihan yang utama, karena dari harganya juga cukup murah bila anda membeli di marketplace luar berkisar Rp 1.000.000,- sudah lengkap dengan googles FPV. Dan bila dronenya saja, harganya berkisar Rp 700.000,-.

Demikian review kami untuk drone Eachine Q90C, semoga memberikan manfaat untuk anda yang ingin membeli drone mini race yang sudah paket lengkap tanpa pusing memikirkan komponen yang mau dirakit. Dimana drone Eachine Q90C sudah memwakili semua untuk keperluan drone race anda.

Author Profile

About Langit Kaltim

Langit Kaltim, Merupakan Media Online Memberikan Informasi Terbaru Tentang Drone, Drone Race, dan Foto Udara di langit Kalimantan Timur

0 Komentar Review Drone Mini Eachine Q90C Si Kodok Balap Yang Lincah di Udara

Posting Komentar

Back To Top