Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila

Tahun ini, akhirnya produsen DJI mengeluarkan drone yang paling ditunggu-tunggu setiap pilot drone di seluruh dunia.Yaitu drone Dji Mavic 2 Pro dan Dji Mavic 2 Zoom, dengan spesifikasi paling terbaru dan beberapa fitur yang membuat anda terkagum-kagum.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Mavic 2 Pro Dan Mavic 2 Zoom Gambar Via Plantfilm

Karena Dji Mavic 2, menurut Michael Oldenburg yang merupakan Product Communication Lead dari Dji. Menyatakan bahwa, drone Dji Mavic 2 merupakan sebuah drone flagship Dji paling terkuat, tercepat, dan paling tidak berisik.

Ketiga hal tersebut yang membuat drone Dji Mavic 2 Pro maupun Dji Mavic 2 Zoom kini bisa menjadi raja dari drone konsumen yang hadir di pasaran tahun 2018 ini. Karena belum ada produk serupa yang mampu menandingi drone keluaran dari Dji.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Kamera Yang Berbeda Dengan Kemampuan Yang Powerfull Di Bidangnya


Yang paling menarik dari Drone Dji Mavic 2 Pro adalah dari sisi kameranya yang sangat powerfull. Berbeda dengan Dji Mavic Zoom, dimana memiliki 2x optical zoom terbaik sehingga gambar video yang dihasilkan lebih baik. Ditambah lagi dengan gimbal 3 axis model terbaru yang kualitasnya sudah sangat mampuni dan kokoh.

Kedua drone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dimana keduanya bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Tapi pada dasarnya, mesin maupun sensor drone yang digunakan oleh Dji Mavic 2 Pro maupun Dji Mavic 2 Zoom tidak jauh berbeda.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Terdapat 2 Varian Drone Dji Mavic 2 Yang Bisa Anda Pilih


Walaupun tim langit kaltim belum memiliki drone Dji Mavic 2 Pro dan Dji Mavic 2 Zoom, tapi kami mencoba untuk mengulas secara lengkap apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh kedua drone super gila ini. Dan ulasan kami rata-rata bersumber dari situs Web resmi DJI maupun Video Youtube, berikut ulasannya.

Reveiw Secara Lengkap Dji Mavic 2 Pro Dan Dji Mavic 2 Zoom

 

1# Desain Dari Drone Dji Mavic 2 

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Desain Foldable Model Lama Dengan Warna Yang Sama Juga Seperti Mavic Pro

Drone keluaran terbaru dari Dji kali ini, menurut kami desain foldable Dji Mavic 2 ini tidak mengejutkan kami sama sekali. Dimana Dji Mavic 2 memiliki desain kurang lebih hampir sama dengan pendahulunya. Bahkan dari warna juga sama, harusnya Dji menggunakan warna lain yang lebih terang dan terlihat menarik dari sisi desain. 

Bahan material Dji Mavic 2 masih menggunakan plastik tebal berkualitas tinggi dan tahan terhadap cuaca, serta adanya lubang ventelasi udara untuk kipas drone. Dan bentuk drone nampak lebih gemuk dari seri pendahulunya, dan bobotnya sendiri sekitar 900 gram.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Ukuran Dari Drone Dji Mavic 2

Untuk ukuran drone Dji Mavic 2 Pro maupun Dji Mavic 2 Zoom tidak ada perbedaan, dimana berukuran lebar 9,1 Cm x 21 Cm dengan tinggi 8,4 Cm. Serta memiliki propeller dengan desain terbaru, yang di klaim bekerja sangat baik bersama motor drone. Karena motor yang digunakan drone Dji Mavic 2, dibuat dengan memaksimalkan torsi namun tidak menimbulkan suara yang nyaring.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Kemampuan Transmitter lebih baik lagi dengan OcuSync 2.0

Pada bagian remot control, Dji Mavic 2 sudah menggunakan teknologi baru yaitu OcuSync 2.0 terbaru. Dimana untuk desainnya sendiri tidak ada perubahan dan sama saja seperti remot control Dji Mavic Air maupun Dji Mavic Pro. Tapi Joy Stik dari remot Dji Mavic 2, bisa anda lepas.

2# Ketahanan Baterai Drone Dji Mavic 2

Kedua drone Dji Mavic 2, sudah dibekali dengan baterai lipo berkapasitas 3850 mAh berjenis 4S. Yang dimana mampu memberikan waktu terbang sekitar 31 menit. Untuk waktu charge dibutuhkan sekitar 2 jam agar baterai dapat terisi dengan penuh, dan maksimal power listrik yang dibutuhkan sekitar 80W

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Kapasitas Baterai Sangat Efisien Namun Bertahan Cukup Lama Pic Dji

Dengan waktu terbang selama 31 menit, merupakan inovasi baru yang dihadirkan oleh Dji. Karena waktu tersebut terbilang cukup lama. Anda bisa bayangkan dengan waktu setegah jam, maka akan sangat mudah menerbangkan drone dalam jarak yang cukup jauh.

3# Performa Terbang Drone Dji Mavic 2

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Kemampuan terbang sangat powerfull namum tidak berisik Pic Dji
Dji Mavic 2 merupakan drone yang sangat luar biasa, karena selain memiliki flight time dengan waktu lama. Dimana drone ini juga memiliki banyak sensor obstacle yang terbentuk secara Omnidirectional Obstacle Sensing, sehingga drone akan lebih akurat dalam mengenali objcet.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Obstacle Berbentuk Omnidirectional atau melingkar

Tidak seperti drone terdahulu yang hanya mengandalkan sonsor obstacle dengan sinyal lurus kedepan. Dan letak sensor Dji Mavic 2 juga sangat lengkap, dimana terdapat 2 dibagian depan, 2 dibagian belakang dan bawah. Sehingga sensor obstacle pada drone Dji Mavic 2 berbentuk 360 derajat.


Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Sistem Sensor Menyeluruh Agar Lebih Save Flight

Ditambah lagi adanya sistem APAS ( Advanced Pilot Asistence Systems ) yang tersemat didalam prosessor Dji Mavic 2. Dimana fungsinya adalah mampu mengenali object yang mau di video, dan bisa terus menangkap object tersebut walapun terhalang suatu bangunan.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Memiliki Sistem APAS Yang Lebih Akurat Mengenali Object

Fungsi APAS ini sangat membantu anda, ketika ingin mengambil sebuah video dengan object kendaraan. Jadi, drone Mavic Pro 2 akan terus mampu menangkap video kendaraan tersebut tanpa harus kehilangan objectnya.

Lalu terdapat juga sensor Auxiliary Light , yang mampu mengenali object ketika malam hari. Terutama ketika drone Dji Mavic 2 ingin mendarat, dimana pada bagian bawah drone terdapat sebuah senter yang membuat drone mampu mengenali object.

Dengan adanya sensor yang lengkap, jelas bahwa drone Dji Mavic 2 dianggap menjadi drone paling aman di terbangkan saat ini. Sehingga sangat cocok untuk dipakai untuk semua kalangan dari yang sudah professional hingga pemula.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Dji Mavic 2 Terbang Lebih Jauh Sekitar 8 Km

Nilai jual utama lainnya yang dimiliki oleh drone Dji Mavic 2 adalah, mampu terbang sejauh 8 KM dan mampu menampilkan video live stremaing 1080P atau Full HD. Hal ini disebkan, transmisi remot control drone Dji Mavic 2 sudah dilengkapi dengan teknologi OcuSync 2.0. Serta adanya jaminan bahwa tampilan live video FPV tidak patah-patah atau lag ketika drone diterbangkan sangat jauh.

Untuk masalah sinyal interference Wifi yang mengganggu, pihak DJI sudah memikirkan hal tersebut. Dimana merancang drone Dji Mavic 2 dengan teknologi Real-Time Auto-Switching. Yang membuat drone akan menyesuaikan sendiri kondisi sinyal yang akan digunakan. Apakah 2,4 Ghz atau 5,8 Ghz, Sehingga drone secara otomatis mengubah jalur sinyal tanpa anda perintahkan.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Kedua Drone Memiliki Kecepatan Hingga 72 Km Pada Mode Sport


Dengan desain yang areodinamis, maka performa terbang drone Dji Mavic 2 sangatlah powerfull. Apalagi kemampuan motor di buat dengan perputaran torsi yang maksimal, sehingga mampu terbang dengan kecepatan 72 Km.

Untuk fitur-fitur terbang, hampir semua ada pada drone Dji Mavic 2 yaitu :

  • Dronie
  • Circle
  • Helix
  • Rocket
  • Boomerang
  • Asteroid
  • Waypoint 2.0
  • POI 2.0 
Namun terdapat fitur terbang baru yang hanya ada di drone Dji Mavic 2, yaitu fitur Dolly Zoom. Dimana fitur terbang ini membuat tampilan video secara cepat melakukan zoom pada object yang diinginkan secara cepat dan fokus. Sehingga tampilan video terlihat sangat dramatis, dan sangat cocok digunakan untuk anda yang suka membuat sebuah film atau video cinematic.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Fitur Yang Hadir Pada Drone Dji Mavic 2

Untuk mode Waypoint 2.0 dan POI 2.0 pada drone Dji Mavic 2, merupakan fitur yang sudah lama ada. Namun lebih diperbaruhi lagi, agar mudah digunakan oleh banyak orang. Dimana Waypoint 2.0 diaplikasikan dengan cara mudah yaitu mode tap pada layar smartphone.

Sama dengan mode terbang POI 2.0, yaitu mode yang biasanya bernama circle me. Atau memutari object yang diingainkan. Untuk menggunakannya, cukup sekali tap pada smartphone anda maka akan membuat drone Dji Mavic 2 berputar mengelilingi anda.

4# Kamera Drone Dji Mavic 2


Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Untuk Pertama Kalinya Menggunakan Kamera Hasselblad Pada Dji Mavic 2 Pro


Kali ini di bagian kamera Dji Mavic 2 pro maupun Dji Mavic 2 Zoom memiliki jenis kamera yang berbeda. Sesuai namanya bahwa Dji Mavic 2 Pro lebih menonjol dari segi kualitas gambar, dan berbeda untuk Dji Mavic 2 zoom lebih cenderung pada hasil gambar FOV ( field of view ) yang cukup besar dan mampu melakukan zoom hingga 2x optical.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Dji Mavic 2 Zoom Memiliki 2x Optical Zoom

Untuk Dji Mavic 2 Pro menggunakan kamera Hasselblad L1D-20c  dari produsen luar yaitu Hasselblad Camera , yang berasal dari negara Swedia. Dengan resolusi 20 MP F/2,8- F/11 dan 1 Inch lensa sensor CMOS, membuat gambar foto maupun video memiliki dynamic range yang tinggi.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
1 Inch Sensor CMOS Membuat Dji Mavic 2 Pro Memiliki Kamera Terbaik


Sehingga foto maupun video dari Dji Mavic 2 Pro terlihat sangat tajam, dan minim noise. Apalagi bila mengambil di areal pencahayaan yang kurang atau di malam hari. Maka kamera Hasselblad L1D-20c yang digunakan oleh drone ini, akan sangat baik mengambil foto maupun video layaknya DLSR professional.


Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Perbedaan hasil foto dari Dji Mavic Pro dengan Dji Mavic 2 Pro

Untuk Video yang dihasilkan, Dji Mavic 2 Pro mampu mengambil video hingga 4K dengan 30 Fps. Dimana sudah dilengkapi dengan sensor 10-bit HDR Video, membuat video terasa sangat tajam dan lebih baik dari produk drone Dji lainnya.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Dji Mavic 2 Zoom Lebih Aman digunakan Mengambil object dalam jarak jauh

Sedangkan Dji Mavic 2 Zoom, tidak menggunakan kamera dari Hasselblad, dimana hanya menggunakan lensa kamera 24-48 mm Optical Zoom Camera. Dengan resolusi 12 MP dan 1/2.3” CMOS Sensor. Sepintas tidak ada yang menarik dari kamera Dji Mavic 2 Zoom, dan terlihat standar.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Hasil Foto Udara Dji Mavic 2 Zoom Dengan Kualitas Tinggi

Tapi nilai jual utama dari Dji Mavic 2 Zoom adalah, walapun resolusi kamera hanya 12 MP. Namun hasil foto bisa mampu menghasilkan gambar seluas 48 MP, dengan minim noise bila foto di besarkan. Hal ini disebabkan adanya Hybrid Autofocus, yang hanya ada di Dji Mavic 2 Zoom.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Salah Satu Keunggulan Dji Mavic 2 Zoom Adalah Hybrid Autofocus


Hybrid Autofocus, merupakan sebuah lensa khusus yang berfungsi agar kamera dari Dji Mavic 2 Zoom mampu tetap fokus dengan cepat. Walapun drone bergerak sangat cepat, tapi kamera dari drone ini mampu melakukan zoom dengan tingkat akurasi hingga 40%.

Hasil gambar dan video dari Dji Mavic 2 Zoom memang tidak sebagus dengan Dji Mavic 2 Pro, karena perbedaan dari CMOS yang digunakan serta kerapatan pixel dari lensa yang digunakan. Tapi hasilnya juga tidak buruk, bahkan melebihi dari drone pendahulunya yaitu Dji Mavic Air maupun Dji Mavic Pro.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Fitur Hyperlight Membuat Pemotretan Low Light Semakin Memukau


Terdapat 2 fitur menarik untuk mode pemotretan yang bisa anda temukan di kedua drone ini, yaitu Hyperlapse dan HyperLight. Kedua fitur pemotretan ini membuat anda tidak perlu lagi melakukan editing bila ingin membuat sebuah video yang dramatis.

Untuk mode pemotretan Hyperlapse, anda akan membuat sebuah video seperti  timelapses. Dan bisa melakukan penerbangan kapan pun anda inginkan, karena project tersebut dapat disimpan dan dilanjutkan kemudian hari. Sehingga hasil  timelapses akan semakin bagus dan anda tidak perlu melakukan editing lagi.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Mode Hyperlapse Untuk Membuat Video Dramatis


Sedangkan untuk mode pemotretan HyperLight, merupakan mode yang bisa anda gunakan ketika kondisi waktu senja maupun sudah malam. Dimana kamera akan meningkatkan kualitas foto maupun video di kondisi low light secara otomatis. Sehingga foto maupun video yang dihasilkan akan sangat tajam.

Kemudian adanya fitur pemotretan HDR yang membuat gambar foto maupun video di drone Dji Mavic 2 menjadi lebih dramatis. Tanpa harus anda melakukan editing lagi dengan aplikasi photoshop atau softwere editing lainnya.

5# Kesimpulan Drone Dji Mavic 2 Dan Berapa Harganya

Drone Dji Mavic 2 Pro maupun Dji Mavic 2 Zoom memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun keduanya merupakan drone yang sangat luar biasa, terutama kamera dan sensor Omnidirectional Obstacle yang terpasang di drone tersebut.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Dji Mavic 2 Merupakan Drone Flagship Terbaik Dji Saat ini Pic Choiericp


Bisa dibilang kedua drone ini sama-sama bersaing di kelas flagship drone, dan sayangnya belum ada yang dapat menandingi kemampuan kedua drone ini. Apalagi fitur-fitur yang anda dapatkan juga cukup beragam, dan memudahkan anda mengambil foto maupun video dengan hasil menarik.

Perlu diingat bahwa kedua drone ini sama-sama memiliki sistem dan ketahanan yang sama, yang membedakan drone ini hanyalah lensa kamera yang tertanam di kedua drone ini saja. Sehingga anda tidak perlu binggung bila ingin membeli salah satu dari drone ini.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila


Yang jelas kelebihan dari kedua drone ini adalah. Dimana merupakan satu-satunya drone teraman di dunia saat ini. Hampir 90% kami memperkirakan bahwa drone ini tidak mungkin terjadi crash akibat kesalahan pilot drone.

Dan kemungkinan crash menggunakan drone ini hanya 10% saja, kemungkinan adalah gangguan alam seperti serangan binatang, atau terkena kabel bening yang tipis. Atau dilempar sebuah benda kearah drone ini ketika terbang.

Mengapa kami yakin 90% drone ini tidak akan jatuh?

Karena kemampuan sensor Omnidirectional Obstacle yang berada di setiap bagian drone Dji Mavic 2 membuat drone ini sangat aman diterbangkan dimanapun anda berada. Apalagi adanya Auxiliary Light, yang bisa digunakan ketika malam hari agar drone tetap aman mendarat.

Lalu untuk fitur-fiturnya tidak perlu diragukan lagi, karena semua fitur terbang yang hadir di Drone Dji Mavic 2 Pro maupun Dji Mavic 2 Zoom dapat anda temukan semua. Dan tentunya akan memudahkan anda membuat sebuah video drone yang menarik untuk di lihat.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Kemampuan Foto Low Light Menjawab Semua Kebutuhan Fotografer


Untuk kekurangan drone ini, nyaris tidak ada celah kelemahan dari drone Dji Mavic 2 Pro maupun Dji Mavic 2 zoom. Tapi kami sangat menyayangkan dimana kamera Hasselblad hanya ada di drone Dji Mavic 2 Pro, sedangkan Dji Mavic 2 Zoom hanya menggunakan kamera bawaan dari Dji.

Jadi, hasil foto dan video nampak sedikit berbeda. Walapun Dji Mavic 2 Zoom memiliki 2x optical zoom, serta mampu mengambil gambar lebih besar yaitu 48 MP. Namun dynamic range yang dihasilkan oleh sensor CMOS kurang color full seperti Dji Mavic 2 Pro.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Kualitas Zoom Yang Baik Membantu Pilot Drone Mengambil foto object dari jauh

Sedangkan untuk kekurangan dari Dji Mavic 2 Pro adalah, tidak ada fitur 2x optical zoom, dimana fitur tersebut hanya ada di Dji Mavic 2 zoom. Serta hasil foto udara juga tidak lebar seperti drone Dji Mavic 2 Zoom.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Nilai Jual Utama Dari Dji Mavic 2

Dari segi harga Dji Mavic 2 Pro dibendrol dengan harga $ 1589 atau Rp 23.000.000,- dan Dji Mavic 2 Zoom sekitar $ 1379 atau Rp 20.000.000,-. Kedua harga dari drone ini memang sangat mahal, karena wajar saja karena kelasnya adalah flagship dari produsen Dji.

Jadi Lebih Bagus Pilih Drone Yang Mana, Dji Mavic 2 Pro atau Dji mavic 2 Zoom ?


Untuk pilihan jelas keduanya sama-sama memiliki kemampuan terbang dan ketahanan yang sama, tapi produsen Dji melihat bahwa masukan dari konsumen cukup beragam. Dimana ada yang membutuhkan sebuah drone yang mampu terbang rendah tapi tetap aman, dan aja juga yang menginginkan sebuah drone dengan kulitas tinggi layaknya kamera mirorless maupun DSLR.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Drone Tangguh di Tahun 2018 Pic Rjayp


Sehingga, pihak Dji akhirnya meluncurkan kedua produk yang berbeda ini ke pasaran. Yang tujuannya adalah memenuhi kebutuhan para fotografi, Survey, jurnalis, dan juga film maker. Dimana Dji Mavic 2 Pro maupun Dji Mavic 2 Zoom memiliki kemampuan yang berbeda dan kebutuhan yang jelas berbeda juga.

Dji Mavic 2 Pro, memiliki kamera Hasselblad sehingga drone ini sangat cocok bagi anda untuk mengambil sebuah foto dengan kualitas tinggi serta video yang bagus. Jadi bila anda berprofesi sebagai Film maker atau fotografer professional sangat cocok untuk menggunakan drone ini.


Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Mavic 2 Zoom Dengan Harga Yang Lebih Murah

Sedangkan Dji Mavic 2 Zoom, memiliki 2x optical zoom yang membuat drone ini mampu memberikan sebuah foto maupun video yang luas. Sehingga sangat cocok untuk anda yang berprofesi sebagai jurnalistik dan survey. Karena dengan kamera yang dapat diperbesar hingga 2x, maka anda dengan mudah mengambil object yang anda inginkan dari ketinggian yang aman tanpa harus terbang rendah.


Apakah Pengguna Drone Mavic Pro Dan Mavic Air Wajib Upgarde Ke Dji Mavic 2..?


Yang menjadi pertanyaan masuk adalah, apakah harus wajib ganti dari Dji Mavic Pro atau Dji Mavic Air dengan Dji Mavic 2 ini?. Memang terlihat dilematis, bahwa teknologi sangat cepat berkembang. Sehingga kemampuan drone sendiri semakin meningkat.

Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila
Dji Mavic 2 Memiliki Life Time Yang Lebih Baik Pic Stepsavin


Dan sejujurnya, menurut kami bahwa bila anda memang menginginkan sebuah produk yang update. Saran kami lebih baik anda melakukan upgared ke drone yang lebih baru.

Kenapa harus ganti.. ?

Karena memang rata-rata produk drone yang sudah bulid up, seperti drone keluaran Dji. Memiliki jangka waktu tertentu untuk pelayanan produk tersebut. Contohnya adalah baterai, atau komponen-komponen lainnya.

Sehingga bila anda mempertahankan salah satu drone untuk pemakaian lama, bisa jadi 2 atau 3 tahun kedepan anda akan sulit menemukan aksesoris atau baterai yang dijual untuk drone Dji yang anda miliki. Dan bisa jadi produk aksesoris dari drone tersebut akan discontinue, hal ini lah yang paling ditakutkan.

Baca Juga : Review Dji Mavic Air Drone Mini Professional Dengan Kamera 4K

Jadi numpung harga drone Dji Mavic Air maupun Dji Mavic Pro harga bekasnya masih mahal, mungkin bisa anda jual kembali. Dan menambung untuk drone terbaru Dji Mavic 2 yang jangka waktu pemakaiannya jelas masih lebih lama karena produk masih baru.

Tapi kami juga tidak memaksa anda mengganti, bila memang anda merasa cukup puas dengan produk Dji yang anda miliki. Yang terpenting adalah, anda bisa merawat dengan baik setiap komponen drone seperti baterai lipo, propeller dan juga komponen lainnya agar tetap awet dan tahan lama digunakan.

Baca Juga : Dji Mavic Pro Vs Dji Spark Drone Mana Yang Terbaik Untuk Traveler

Demikian ulasan kami tentang drone Dji Mavic 2 semoga bermanfaat untuk anda sebelum membeli drone terbaru ini. Bila ada pertanyaan bisa menghubungi kami di langitkaltim@gmail.com atau menambahkan pertanyaan di kolom komentar terima kasih.

Posting Komentar untuk "Mengulas Drone Dji Mavic 2 Dengan Kamera Super Gila"