LANGIT KALTIM INDONESIA

Blog Foto Udara di Langit Kalimantan dan Mini Drone Race

Jumat, 02 Juni 2017

11 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik

10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik

11 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik - Menerbangkan drone untuk keperluan fotografi memang diperlukan sebuah teknik agar dapat menghasilkan foto udara yang bagus maupun video yang dramatis. Apalagi untuk ukuran drone yang hadir di pasaran yang rata-rata memiliki kemampuan yang canggih dan kamera drone dengan resolusi 4K tentu dipastikan akan dapat menghasilkan gambar dan video yang bagus.

Namun pertanyaannya adalah, bagaimana bila drone yang anda miliki mempunyai kemampuan terbatas ?, dan bagaimana bila kamera pada drone yang anda miliki juga terbatas ? Bahkan menggunakan drone dengan spesifikasi canggih juga belum tentu mendapatkan hasil yang bagus.

Untuk itu langit kaltim ingin memberikan 11 tips fotografi drone agar menghasilkan gambar yang memuaskan dan memberikan efek dramatis pada foto udara atau video yang dibuat.

1# Memilih Kondisi Cuaca Merupakan Faktor Penting Agar Mendapatkan Hasil Bagus 

10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik
Cahaya Sore Begitu Indah Dan Waktu Yang Tepat Untuk Menerbangkan Drone
Apabila anda menyukai gambar foto udara dengan hasil yang terang dengan pewarnaan bagus, anda bisa menerbangkan drone pada pagi hari sekitar jam 7:00-8:00 atau sore hari sekitar 16:00-17:00 dengan kondisi cuaca yang cerah serta terdapat banyak awan biru. Jam dan kondisi cuaca tersebut sangat bagus sekali untuk menerbangkan drone karena kondisi pencahayaan dari matahari memberikan efek warna yang bagus kepada object yang anda akan ambil.

Baca Lagi : Foto Udara Jembatan Mahakam Kota Samarinda
 
2# Mengambil Angel Foto Yang Berbeda-Beda Memicu Kreatifitas Anda

Ketika anda menerbangkan drone, namun anda tidak bisa menerbangkan lebih tinggi karena kemampuan drone yang terbatas. Maka anda bisa melakukan hal-hal berikut ini agar dapat menghasilkan gambar video drone yang maksimal.
  • Apabila mounting kamera drone anda dapat di putar 90' maka anda bisa mengambil angel foto secara kebawah dengan object yang anda ambil akan menghasilkan gambar yang unik.
  • Mengambil gambar video dengan memanfaatkan angin merupakan teknik yang cukup bagus agar menghasilkan video yang tidak goyong karena posisi drone terbawa dengan angin lebih stabil daripada dikendalikan.
  • Mengambil object yang unik seperti adanya sekumpulan hewan atau mengambil object beberapa orang melakukan kegiatan olahraga seperti bermain sepeda, sekateboard, sepatu roda. tidak perlu harus tinggi cukup object yang diambil secara jelas sudah dapat memberikan foto atau video yang unik.
  • Mengambil gambar video object dari sudut bird eye view merupakan kunci menghasilkan gambar video drone yang berkualitas. Karena sudut angel yang diambil secara luas memberikan efek landscape yang natural dan cantik.
10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik
Menggunakan Angel Yang Berbeda Membuat Hasil Foto Udara Lebih Menarik

3# Maksimalkan Kemampuan Kamera Yang Anda Miliki


10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik
Walaupun anda memiliki kamera terbatas, namun anda tetap bisa mempelajari dengan baik kemampuan kamera yang anda miliki untuk diterbangkan bersama drone. Gunakan resolusi 720P dengan frame rate 60 FPS merupakan setingan yang paling pas untuk menghasilkan gambar video drone yang bagus.

4# Gunakan Karet Dumper Apabila Belum Memiliki Gimbal Pada Drone

10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik

Mempunyai gimbal adalah suatu keharusan agar dapat menghasilkan gambar video yang bagus, investasikan uang anda untuk membeli sebuah gimbal yang berkualitas baik. Namun apabila anda belum mempunyai budget untuk membeli gimbal, anda bisa menganti atau memodifikasi mounting kamera pada drone anda dengan menambahkan karet dumper merek Dji Phantom 3 yang dapat menyerap goncangan berlebih pada drone.

Baca Lagi : Gimbal 2D Walkera Paling Cocok di Pasang Pada Drone CX-20

5# Balance Propeller Mengurangi Efek Getar Pada Drone

10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik

Salah satu hal yang paling di lewatkan adalah melakukan balance pada propeller. Mengapa balance propeller ini dilakukan, yaitu agar menyeimbangkan kekuatan motor ketika terbang di udara sehingga drone akan terbang dengan stabil.

6# Dalam Tahap Editing Gunakan Filter Agar Memberikan Efek Menarik Pada Foto Udara

10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik

Melakukan editing sebelum gambar atau video di share adalah salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Karena tidak ada sesuatu gambar atau video yang sempurna, bahkan fotografi profesional juga melakukan hal ini yaitu melakukan editing dengan memberikan efek atau filter pada foto maupun video agar hasil gambar atau video tersebut menjadi sempurna.

7# Gunakan Adobe After Effect Untuk Video Yang Goyang Pada Drone Agar Lebih Smooth 

10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik


Efek karena tidak menggunakan gimbal pada kamera drone maka hasil gambar video yang dihasilkan pasti akan terdapat goyang maupun bergetar. Untuk itu adanya manipulasi efek video goyang yang ada pada softwere adobe after effect dapat membuat video lebih smooth dan hasilnya video akan terasa lebih halus seperti menggunakan gimbal pada drone.

8# Mengambil Gambar Pada Waktu Senja Untuk Mendapatkan Efek Lampu Yang Unik

Tidak semua kamera bagus diterbangkan pada malam hari, untuk itu apabila anda ingin mengambil object lampu yang menarik anda bisa mengambil gambar pada waktu senja sekitar jam 18:15. Karena pada jam tersebut transisi antara siang ke malam akan memberikan efek lampu yang indah walaupun kualitas kamera tidak begitu bagus.

10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik
Kamera Drone Dengan Kemampuan Minim
 Baca Lagi : Foto Udara Mesjid Agung At Taqwa Balikpapan di Malam Hari


9# Terbang Lebih Tinggi Untuk Mengambil Gambar Video Object Yang Lebih Besar

Agar dapat menghasilkan gambar foto udara atau video areal yang bagus adalah dengan menerbangkan drone lebih tinggi dari biasanya. Namun tidak semua drone dapat terbang lebih tinggi, anda harus dapat mengenal dengan baik kondisi drone yang anda miliki. Apalagi bila drone anda belum memiliki mode alt hold, usahakan jangan memaksakan diri agar drone tidak fly away.

10# Gunakan Fitur FPV Agar Dapat Melihat Situasi Areal Dengan Tepat


Gunakan Kamera Mini Untuk Alat Bantu FPV Areal Sehingga Menggunakan 2 Kamera

Apabila drone anda belum dilengkapi dengan kamera FPV, mungkin anda bisa menambahkan perangkat kamera FPV agar dapat melihat dengan jelas areal yang akan anda ambil dengan sudut yang memang anda inginkan. Karena apabila menerbangkan drone tanpa adanya fitur FPV kemungkinan tidak mendapatkan sudut gambar yang sesuai dengan apa yang anda harapkan.
 
11# Memilih Lokasi Terbang Dengan Object Menakjubkan
Apapun drone anda, bagaimanakah kualitas kamera drone anda apabila anda terbang di lokasi yang indah dan menakjubkan maka hasil foto udara maupun video yang dihasilkan pasti sangat luar biasa. Mungkin anda bisa terbang di daerah candi atau object wisata alam lainnya yang memberikan pesona yang indah pada foto maupun video yang anda dapatkan.

10 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik
Foto Udara Stadium Rugby di USA
Apabila artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk share dan komentar apabila ada pertanyaan, terima kasih. Salam terbang selalu safe fly.

Baca Lagi : Foto Udara Islamic Center Samarinda
Author Profile

About Langit Kaltim

Langit Kaltim, Merupakan Media Online Memberikan Informasi Terbaru Tentang Drone, Drone Race, dan Foto Udara di langit Kalimantan Timur

0 Komentar 11 Tips Fotografi Drone Agar Lebih Menarik

Posting Komentar

Back To Top