Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K - Kegagalan dari produsen xiro dalam penjualan drone xiro xplorer V yang kurang berhasil di pasaran, membuat pihak developer xiro melakukan upgarde pada drone xiro xplorer V. Dimana telah menghadirkan sebuah drone baru dengan teknologi kamera 4K serta jangkauan terbang yang cukup jauh yaitu drone xiro xplorer 4K.

Langkah yang diambil oleh produsen xiro sangat tepat, mengingat ukuran resolusi terbaik saat ini memang berada di Ultra HD 4K atau dengan ukuran pixel 3840 x 2160 Rasio 16:9. Dan untuk dapat menjalankan video di resolusi tersebut anda harus membutuhkan perangkat laptop atau PC yang benar-benar suport dengan resolusi Ultra HD 4K.


Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K

Sudah terdapat banyak drone dengan menggunakan resolusi 4K diantaranya yaitu Upair One, Yuneec Breeze, Dji Phantom 3 4K, Autel Robotic, Dji Phantom 4, Dji Mavic dan penantang utamanya adalah Xiaomi Mi Drone 4K yang memang memiliki rentang harga serupa apakah review drone Xiro Xplorer 4K lebih baik atau malah lebih jelek dari drone 4K lainnya.

Review Drone Xiro Xplorer 4K Drone Professional Gaya Ninja

Drone Xiro Xplorer 4k yang kami ulas berdasarkan sumber dari pengalaman pilot pada situs youtube dan informasi lainnya di forum atau grup yang dimana kami rangkum khusus untuk anda agar mudah menemukan informasi tentang drone xiro xplorer 4K ini. Berikut review drone xiro xplorer 4K drone professional gaya ninja.

1# Desain Drone Xiro Xplorer 4K

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K
Desain Drone Mirip Dengan Senjata Ninja

Produsen xiro sepertinya tetap mempertahankan ciri khasnya dimana bentuk desain dari xiro xplorer 4K masih menyerupai senjata ninja shuriken yaitu pisau terbangnya. Mungkin maksud dari desain ini menggambarkan bahwa drone xiro ini sangat tangguh bagaikan pisau ninja yang dilempar dengan cepat. Dan desai dari xiro xplorer 4K ini berhasil menang dalam ajang Reddot Design Award tahun 2016 lalu.

Ukurannya yang cukup bongsor namun sedikit terlihat tipis sekitar 50cm x 50 Cm dengan tinggi 19 Cm  dilihat dari ukurannya tidak ada perubahan signifikan dari drone pendahulunya. Bobotnya juga cukup ringan sekitar 1.4 Kg sudah termasuk dengan baterai dan bahkan lebih berat merek syma x8SC yang bobotnya lebih dari 1.5 Kg.


Kelemahan dari desain xiro xplorer 4K ini adalah terdapat pada kaki landing skid pada unit drone yang bisa dilipat, dimana apabila anda mendarat dengan keras maka akan bisa berpotensi terlipat dan patah. Untuk itu berhati-hati bila mendaratkan drone dari xiro xplorer 4K ini. 

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K
Landing Skid Xiro Xplorer 4K Pic : tested

2# Baterai Lipo Xiro Xplorer 4K

Baterai lipo dari drone xiro xplorer 4K masih sama dengan drone xiro sebelumnya yaitu berkapasitas 5200 mAh berjenis lipo 4S. Dan yang berbeda adalah desain letak baterai dari xiro xplorer 4K sudah terdapat pengaman berupa penjepi baterai yang lebih baik agar lebih aman ketika membawa baterai. Mengingat bahwa bentuk desain dari drone ini cukup unik, dimana menempatkan baterai di luar bodi dari drone

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K
Penempatan Baterai Dengan Desain Baru Yang Lebih Aman

Untuk ketahanan baterai Xiro Xplorer 4K dimana dapat bertahan selama 20 menit, menurut kami ketahanan baterai drone ini sangat bagus dan tahan lama. Apabila anda membeli baterai cadangan dari xiro xplorer 4K, maka waktu terbang anda di udara anda bisa selama 40 menit sangatlah cukup untuk dua kali penerbangan.


3# Performa Terbang Drone Xiro Xplorer 4K

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K


Kecanggihan dari drone xiro xplorer 4K adalah adanya sisi upgrade range extender dari drone sebelumnya dengan bentuk yang lebih besar, dan frekuensi yang digunakan masih 2,4 Ghz dimana masih rentan dengan gangguan sinyal wifi apabila anda menerbangkan di daerah perkotaan dengan sinyal wifi yang cukup tinggi. Dari jarak terbang drone yang bisa diambil bisa sampai 1 km.

Melihat performa terbang dari drone xiro xplorer 4K ini sangat stabil di udara dan aman dikendalikan apabila anda masih pemula dalam menerbangkan drone. Tapi sayangnya belum adanya sensor penghindar yang seharusnya sudah digunakan oleh drone terbaru masa kini agar dalam sektor penerbangan lebih aman dan safety.

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K
Performa Terbang Lebih Stabil Pic : Skygrapher


Fitur-fitur yang hadir di drone xiro xplorer 4K sangat cocok untuk anda yang berprofesi sebagai survey atau bekerja dengan kontarktor proyek karena drone xiro xplorer 4K memiliki fitur way point dimana dapat terbang mengikuti 16  titik terbang dalam jarak 1 km.

Selain itu terdapat juga fitu-fitur follow me, follow snap dan return to home yang di klaim lebih akurat dari drone sebelumnya yaitu xiro xplorer V. Untuk penggunaan standar aplikasi xiro di android dan iphone juga sangat responsif karena adanya peningkatan UI atau user interface agar pengguna drone xiro xplorer 4K dapat nyaman dalam menerbangkan drone.

4# Kamera Drone Xiro Xplorer 4K

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K
Kamera 4K Dari Drone Xiro Xplorer Pic : Ricky Febrianto

Dari sektor kamera, produsen xiro benar-benar serius dalam melakukan upgarde pada kamera 12 MP yang digunakan oleh drone xiro xplorer 4K. Dimana kegagalan dalam penjualan drone xiro xplorer V yang diduga kalah bersaing karena kamera yang digunakan tidak begitu bagus, maka kali ini pada sisi kualitas kamera menjadi lebih baik walaupun sedikit kurang tajam dan pewarnaan gambar yang cenderung pucat.

Tapi hal tersebut tidak menjadi masalah karena kualitas gambar bisa diatasi dengan tahap editing video areal yang bagus untuk mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada dari kamera ini. Karena dengan menggunakan resolusi video terbaik saat ini yaitu Ultra HD atau 4K dengan 30 Fps, serta full HD dengan 60 Fps. Menariknya adalah, apabila anda menggunakan resolusi HD 1080 maka Fps yang berjalan bisa mencapai 120 Fps.

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K
Hasil Foto Yang Tidak Cembung Dan Terlihat Tajam Pic : Skygrapher

Kelebihan lainnya untuk di sektor kamera drone xiro xplorer 4K adalah hasil video dan gambar yang tidak cembung dan flat sehingga dalam pengambilan gambar sangat terlihat luas. Hal ini disebabkan FOV atau field of view dari drone ini hanya 84 derajat. Serta hasil foto atau video bisa langsung anda bagikan ke social media dengan menggunakan app bawaan dari xiro xpolere 4K ini.

5# Kesimpulan Dari Drone Xiro Xplorer 4K

Drone Xiro Xplorer 4K memberikan gebrakan serius untuk menjaring konsumen kelas atas dari kalangan pemula sampai dengan professional. Dengan kemampuan drone yang sudah sangat cukup dengan fitur-fitur standar, harga yang ditawarkan juga masuk akal walaupun masih ada drone yang lebih murah.

Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K


Dengan harga sekitar Rp. 8.000.000,-, anda akan mendapatkan drone dengan tambahan 2 baterai menurut kami harga drone xiro xplorer 4K sangat under price. Karena fitur yang ditawarkan juga sudah cukup lengkap ditambah kamera dengan hasil tidak mengecewakan.

Kelemahan dari drone ini adalah bisa terjadi lag pada tampilan live view pada layar ponsel yang disebabkan oleh ganggunak sinyal wifi sekitar yang kuat, namum bisa diatasi dengan terbang di daerah minim sinyal wifi. Untuk hasil gambar dan video drone xiro xplorer 4k yang kurang begitu maksimal, anda bisa melakukan editing menggunakan softwere editing video dengan menambah filter.

Drone Xiro Xplorer 4K Merupakan Salah Satu Drone Professional Terbaik Selain Dji Phantom 4 dan Xiaomi Mi Drone 4K


Terdapat 3 drone dengan kemampuan kamera 4K yaitu Xiaomi Mi Drone 4K dengan harga Rp. 7.500.000,-  kemudian drone Dji Phantom 3 4K yang dibendrol harga Rp. 8.800.000,-  dan terakhir sedikit lebih mahal yaitu drone Dji Phantom 4 Refubish sekitar Rp. 10.000.000,-. Dimana hadirnya drone Xiro Xplorer 4K menambah persaiangan baru di dunia drone dengan resolusi kamera 4K.


Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K


Drone xiro xplorer 4K menjadi primadona baru bagi anda yang menginginkan sebuah drone professional selain drone Dji Phantom 4 atau Xiaomi Mi Drone 4K. Bahkan drone ini sangat cocok untuk pemula, karena minim terjadi masalah dan terbilang kuat tidak gampang rusak.

Demikian hasil review yang dapat kami rangkum untuk anda sebagai bahan pertimbangan informasi mengenai drone dengan kamera 4k. Semoga bermanfaat jangan lupa share dan komentar apabila artikel ini bermanfaat, terima kasih.

1 komentar untuk "Review Drone Xiro Xplorer 4K Penantang Drone Xiaomi Mi Drone 4K"

Comment Author Avatar
Fitur 16 waypoints apa bisa digunakan untuk pemetaan dengan shot kameranya otomatis per jarak atau waktu tertentu..